Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Tugas Pokok Seorang Kasir Toko

Menjadi seorang kasir toko adalah pekerjaan yang bisa dibilang gampang gampang susah, kenapa bisa? karena ada beberapa tugas pokok yang harus dikuasai oleh seorang kasir toko. Sering kita melihat ketika berbelanja ke minimarket kasir yang kelihatannya santai, kerjanya cuma sken sken barang terus bayar dan seterusnya seperti itu.

Di balik itu semua ternyata ada banyak hal yang kita tidak ketahui tentang tugas kasir toko yang sesungguhnya, mereka itu kelihatannya saja kerja enak tidak capek, angkat angkat barang, kerja di dalam ruangan ber ac dan kerjanya cuma ngelayanin orang bayar aja. 

Eits.. tunggu dulu kawan sini aku kasih tempe tugas kasir toko yang sesungguhnya hehehe

Menjadi seorang kasir toko adalah pekerjaan yang bisa dibilang gampang gampang susah, kenapa bisa? karena ada beberapa tugas pokok yang harus dikuasai oleh seorang kasir toko. Sering kita melihat ketika berbelanja ke minimarket kasir yang kelihatannya santai, kerjanya cuma sken sken barang terus bayar dan seterusnya seperti itu.

11 Tugas Pokok Seorang Kasir Toko

1. Berdo,a

Berdoa ini wajib yah sesibuk apapun kita di toko, biasakan berdoa sebelum shift kerja dimulai dan dilakukan secara bersama sama di pimpin langsung oleh pimpinan shift yang bertugas pada saat itu. Semoga dengan do,a ini pekerjaan kita diberikan kelancaran dan tidak ada kurang satu apapun.

2. Bisa mengoperasikan komputer

Seorang kasir wajib bisa dan tahu cara menggunakan komputer, tidak harus tahu semuanya minimal yang basic basic aja dulu untuk kedepannya pasti bisa dengan sendirinya. Jangan malu untuk bertanya jika tidak tahu atau minta ajarin kepada yang senior. Human error bisa menjadi penyebab barang toko mines dan akhirnya nombok

3. Berpenampilan rapi

Berpenampilan rapi ini juga tidak hanya untuk kasir tapi juga untuk karyawan yang lain juga, karena kita bergelut dibidang pelayanan jasa jadi wajib bagi kita berpenampilan rapi sesuai SOP terutama mereka kasir, karena kasir bisa di bilang mereka itu ujung tombak perusahaan. Tidak hanya rapi seorang kasir juga harus wangi dan juga mengenakan makeup yang sewajarnya saja tapi jangan berlebihan.

4. Area kasir harus rapi

Area kasir dan sekitarnya harus dalam keadaan rapi dan ini juga menjadi tugas seorang kasir toko yang wajib dilakukan. Area kasir seperti meja komputer, rak display dibelakang dan depan di usahankan rapi dan bersih karena secara tidak langsung ini akan menjadi penilaian konsumen terhadak kita selaku kasir, rapikan area kasir saat toko sedang sepi pengunjung apabila sedang ramai pengunjung utamakan konsumen terlebih dahulu.

5. Menyapa konsumen

Menyapa konsumen adalah salah satu hal wajib yang harus kasir lakukan, karena kasir posisinya berada di depan maka sapalah konsumen pada saat masuk ke dalam toko, contoh ada orang masuk toko kemudian kita sapa "Selamat datang di .... selamat belanja" sesimpel itu tapi sangat berkesan bagi mereka selaku konsumen.

6. Menawarkan promosi

Tidak bosan bosannya kita selaku kasir menawarkan promosi yang sedang berlangsung kepada konsumen, bosan pasti iya tapi ini sudah tugas kita selaku kasir toko. Sedikit tips nih, tawarkan barang promosi yang masih ada hubungannya dengan produk yang dibeli konsumen misalnya konsumen beli mie instan kebetulan ada saus yang lagi promosi langsung aja kita tawarin, contoh "Sekalian sausnya ibu lagi diskon 50%" secara tidak langsung si konsumen akan berpikir ambil aja lah lumayan potongan setengah harga. Itu adalah penawaran promosi produk pelengkap namanya, bisa kalian coba nanti di toko.

7. Fokus

Temen temen kasir harus fokus pada saat bekerja karena kasir itu fatal soalnya bermain dengan uang dan uang itu sensitif. Kenapa saya bilang harus fokus karena banyak kejadian penyebab kasir nombok di karenakan mines uang kasiran. Karena itu kalian harus tahu bagaimana menjadi seorang kasir profesional.

Saran saya adalah, setibanya ditempat kerja sudah lepaskan semua masalah yang membuat kita tidak fokus bekerja. Masalah rumah, masalah sama pacar, masalah sama sodara dan masalah apapun itu, fokus kita hanya satu yaitu kerja dengan teliti samapai dengan jam kerja berakhir dan setelah itu selesai sudah.

8. Pisahkan barang belanjaan

Maksudnya begini temen temen jika ada konsumen yang berbelanja dan diantara barang belanjaannya itu terdapat produk makanan dan non makanan pisahkan dua jenis produk tersebut kedalam kantong yang berbeda, misalnya roti, mie instan, kecap dan sejenisnya bisa kita jadikan dalam satu kantong. Intinya food dan non food harus dipisah untuk menjaga terjadinya kontaminasi bahan berbahaya pada makanan.

9. Mengetahui semua jenis pembayaran

Seorang kasir toko wajib mengetahui semua jenis metode pembayaran, di awal awal sudah pasti bingung tapi seiring berjalannya waktu pasti akan bisa dengan sendirinya karena nanti akan belajar dan langsung praktek, jangan malu untuk bertanya dan minta di ajarkan kepada atasan apabila ada yang tidak di pahami.

10. Sabar

Lah kok sabar apa korelasinya dengan tugas pokok seorang kasir? kasir senior cuma bisa senyum senyum aja dari jauh hehehe. Kalian belum tahu aja gimana kerasnya dunia perkasiran yang sesungguhnya di lapangan, pokoknya kalian harus sabar titik.

Di lapangan kita akan menemukan banyak sekali karakter dan watak orang, mulai dari yang baik, sopan, arogan, petantang petenteng, sok kayak, dan macem macem. Tips dari saya untuk kalian kasir pemula perbanyak istigfar dan senyum karena senyum adalah bahasa universal yang dimengerti semua orang.


Itulah dia 10 tugas pokok seorang kasir toko dan ini juga bisa menjadi tips cara menjadi kasir pemula, semoga bermanfaat.


Post a Comment for "11 Tugas Pokok Seorang Kasir Toko"