Tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret berdasarkan jabatan

Siapa yang tidak tahu indomaret, perusahaan retail terbesar di tanah air yang kini gerainya sudah tersebar hampir di seluruh indonesia bahkan sampai ke pelosok daerah. Bagi anda yang berkeinginan menjadi bagian dari keluarga besar indomaret saya akan memberikan sedikit gambaran tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret berdasarkan jabatan.

Pasti banyak dari teman-teman yang bertanya seperti apa sih tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret. Nah dibawah ini saya akan terangkan tugas pokok mereka sebagai karyawan indomaret berdasarkan jabatan, jadi ketika nanti teman-teman mulai bekerja tidak kikuk kebingungan harus ngapain.


Tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret berdasarkan jabatan

Sebelum kita membahas topik utama saya sarankan jangan berfikir terlalu jauh tentang stigma negatif orang-orang terhadap indomaret, karena kebanyakan dari mereka yang hendak bekerja di indomaret terlalu menganggap serius akan hal-hal buruk tentang indomaret yang mereka dengar dari orang lain. Padahal jika kita mengetahui tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret sesuai SOP, semuanya pasti berjalan dengan baik.


Tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret berdasarkan jabatan

Kita mulai dari karyawan toko dari jabatan bawah sampai yang paling atas.

1. Apa tugas pramuniaga indomaret ?

Secara garis besar tugas pramuniaga adalah bertanggung jawab atas ketersediaan barang di rak display serta menjaga toko agar selalu dalam keadaan besih dan rapi sesuai sop. Sebetulnya masih ada tugas lainnya yang juga tidak kalah penting yang apabila saya tuliskan disini akan terlalu panjang. Maka dari itu saya sudah buatkan satu artikel khusus yang membahas tentang tugas dan tanggung jawab pramuniaga indomaret 

2. Apa tugas kasir indomaret ?

Apa sih kerjaan kasir itu ? bagaimana sih caranya jadi kasir yang baik ? gimana sih caranya biar fokus saat ngasirin dan tidak nombok ? itulah beberapa pertanyaan yang sering saya dengar dari anak-anak baru. Sederhana saja sebetulnya, cukup fokus pada saat bertransaksi itu kuncinya. Saya sudah tuliskan dalam sebuah artikel yang mengupas tuntas bagaimana caranya jadi kasir profesional. Para calon kasir wajib baca karena saya yakin akan mengalaminya di lapangan nanti.


3. Apa tugas MD indomaret ?

 MD (merchandiser) adalah jabatan ketiga tertinggi karyawan toko. Ada md cewe dan cowok keduanya berawal dari kasir dan pramuniaga yang kemudian naik jabatan jadilah md. Tugas mereka tidak jauh berbeda dari pekerjaan kasir dan pramuniaga seperti umumnya, namun yang membedakan adalah ketika mereka menjabat sebagai MD maka sudah mulai bertanggung jawab atas administrasi toko.

Jenis administrasi apa saja yang harus dikuasai oleh seorang MD ?

- Proses barang ketika datang barang
- Melakukan retur
- Menjaga agar tidak terjadi selisih kas di brankas
- Memberikan arahan pada pramu dan kasir saat bertugas
- menyelesaikan masalah pada shift yang mereka pimpin

Perlu diketahui, sebelum mereka naik jabatan sudah terlebih dahulu mengikuti training berjenjang di TC (training center) dikantor cabang. Apabila sudah menjadi MD maka statusnya sudah menjadi karyawan tetap.

4. Apa tugas asisten kepala toko ?

Berdasarkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai karyawan indomaret, asisten kepala toko sudah mulai berfikir mengenai hal-hal pokok seperti bagaimana caranya agar selalu mencapai target sales, membantu kepala toko membuat RRAK (rancangan anggaran kas untuk satu bulan kedepan) serta memastikan berjalannya promosi dengan baik.

5. Apa tugas kepala toko ?

Tugas kepala toko ini sedikit lebih berat dari jabatan lainnya, seorang kepala toko bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan operasional toko. Secara pekerjaan fisik kepala toko tidak begitu capek dibandingkan pramu dan personil lainnya, tapi seorang kepala toko berfikir lebih keras dari pada karyawan lainnya.

Dia selalu berusaha mencari cara bagaimana menjadikan toko yang dia pimpin menjadi berstatus toko prima yaitu, selalu mencapai target yang ditentukan atau bahkan melebihinya dan menekan NBH (nilai barang hilang) sekecil-kecilnya.

Diatas adalah 5 tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret berdasarkan jabatan. Tapi tahukah kalian bahwa ada personil lain yang bertugas ditoko selain yang 5 diatas, ok lanjut baca kebawah deh biar tahu. Di indomaret ada yang namanya toko khusus (jenis toko khusus ada hybrid, plus dan point) dan toko biasa/reguler, toko reguler susunan personilnya seperti di atas dan dibawah ini tambahan personil di toko khusus. Ok langsung saja baca kebawah biar kita tahu apa saja tugas mereka.

6. Apa tugas personil PERISHABLE ?

Pernah lihat di gerai indomaret terdapat banyak aneka buah segar ? itu adalah sebagian dari produk perishable, tidak hanya buah-buahan saja ada juga aneka sayuran segar, aneka yogurt, fresh milk, ayam potong, dan masih banyak lainnya, saya sudah lupa.

Perishable memiliki pramu dan md khusus yang mengurusi produk perishable tersebut. Tugas utama mereka adalah menjaga kesegaran produknya dan membuat buah potong. Sesekali mereka juga membantu personil lain menangani barang dry setelah pekerjaan utama perishable beres.

7. Apa tugas APKA ?

APKA (anda pesan kami antar) adalah sebuah layanan pesan antar indomaret berbasis aplikasi. Apa saja sih tugas personil apka ? sama saja seperti pramuniaga pada umumnya, namun lebih condong ke layanan pesan antarnya seperti memproses apabila ada pesanan mulai dari mempersiapkan barang pesanan sampai pengantaran.

Tidak semua gerai indomaret ada layanan pesan antarnya, namun hanya beberapa toko dalam satu daerah. Personil apka memiliki inventaris satu buah smartphone dan motor roda 3 (tossa) atau motor biasa sebagai alat tranportasi untuk mengantar pesanan.

8. Apa tugas BAKER ?

Dari namanya saja sudah bisa kita tebak, baker = tukang roti. Jadi begini di indomaret ada sebuah produk khusus yang tidak semua toko ada namanya SAYBREAD yaitu roti fresh aneka rasa yang mana baker itulah yang bertanggung jawab penuh atas produk saybread ditoko tersebut.

Seorang baker bertanggung jawab atas ketersediaan produk saybread dirak display, mereka mengolah roti mulai dari tahap awal seperti thawing sampai dengan pemanggangan dan pengemasan sendiri. Tapi seorang baker juga membantu personil lainnya disaat tugas utamanya rampung, seperti membantu display barang dry atau sekedar membantu personil lain menurunkan barang dari DC.

Baru-baru ini indomaret juga meluncurkan layanan baru namanya POINT CAFFE yang menjual aneka kopi baik itu hot ataupun ice. point caffe ini mengusung tema mini caffe kekinian dengan bartender sebagai tokoh utamanya. Point caffe hanya ada di toko khusus daerah perkotaan.

9. Apa tugas helper indomaret ?

Helper ini tugas luar toko, mereka para helper bekerja di DC (distributor center) pekerjaan utama mereka  mengepak atau mempersiapkan barang yang hendak dikirim ke toko-toko berdasarkan list yang sudah tersedia.

10. Apa tugas IC indomaret ?

 IC (inventory control) yang saya tahu ic adalah sebuah divisi khusus indomaret yang bekerja melakukan stock opname di setiap gerai indomaret. Mereka para ic melakukan stock opname setiap harinya di toko yang berbeda berdasarkan surat perintah dari pusat.

Itulah jenis tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret berdasarkan jabatan, semua itu saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama bekerja di indomaret. Mohon maaf apabila ada yang salah dalam penulisan karena sudah lama saya resign mungkin lupa-lupa dikit.

Ok, ada bonus nih beberapa pertanyaan yang banyak di cari di google seputar indomaret yang akan coba saya jawab.

Bagaimana dengan jam kerja karyawan indomaret ?

Sesuai peraturan perundang-undangan jam kerja karyawan indomaret adalah 8 jam termasuk istirahat 1 jam didalamnya untuk semua karyawan toko, office ataupun gudang. Tapi balik lagi setiap karyawan harus memiliki loyalitas terhadap perusahaan, telat satu jam adalah hal biasa bagi kami demi kemajuan perusahaan.

Bagaimana dengan kontrak kerja indomaret 2019/2020 ?

Untuk kontrak kerja personil toko pramu dan kasir biasanya kontrak pertama 1,5 tahun. setelah itu ada kontrak kedua apabila di perpanjang oleh perusahaan, tapi biasanya sebelum kontrak pertama habis sudah naik jabatan menjadi Md dan otomatis sudah menjadi karyawan tetap.

Tapi ada juga yang kontrak pertama 1 tahun bahkan ada yang 3 bulan. Biasanya yang kontrak 3 bulan ini terjadi saat menghadapi bulan puasa, dimana indomaret membuka lowongan pramu dan kasir bertujuan untuk memenuhi SDM ditoko. Karena dibulan puasa adalah moment penting tahunan bagi perusahaan, dimana semua toko mengalami lonjakan sales secara drastis yang otomatis membutuhkan lebih banyak personil toko.

Training di indomaret apakah dibayar ?

Setahu saya dibayar, jadi gini sebelum pramu dan kasir mendapat penempatan kerja mereka akan training terlebih dahulu selama 2 atau 3 hari ditoko indomaret manapun bebas asalkan masih dalam satu cabang.

Dulu pas pertama saya kerja sebagai pramuniaga ada yang ngasih tahu anak-anak toko, coba deh cek saldo atm ada yang transfer gak. Soalnya anak-anak yang lain ada yang transfer dan itu adalah gaji kita selama training 3 hari di toko. Tidak besar sih tapi lumayan bagi yang pertama kali kerja hehe...
Itu saya dulu pas tahun 2013 tapi sekarang saya kurang tahu seperti apa.

Apakah bisa mantan indomaret masuk indomaret lagi ?

Ada pengalaman unik tentang satu hal ini. Saya resign dari indomaret tahun 2017, ada rasa menyesal sedikit sih kala itu, di tahun 2018 awal saya coba melamar lagi ke indomaret tapi beda cabang pas dihari saya melamar kerja saya sudah hapal tuh alurnya seperti apa pas dikumpulin di depan kantor saya deketin salah seorang karyawan bagian rekruitmennya dan berbisik "pak, saya mantan karyawan indomaret kalau ngelamar lagi bisa gak?" "wah gabisa mas saolnya data masnya masih ada di databesnya indomaret, lagian ngapain berenti kalo masih mau kerja" gitu jawaban orang rekruitmen tersebut.

Jadi jawabannya TIDAK BISA ya gays...

Apakah kerja di indomaret tidak boleh menikah ?

Kata siapa ? boleh kok asalkan dengan syarat sudah menjadi karyawan tetap seperti Md, asisten atau kepala toko juga berlaku untuk karyawan office. Apabila kalian masih berstatus pramuniaga atau kasir harap bersabar yah, tunggu sampai jadi karyawan tetap dulu baru boleh nikah.

Bagaimana cara resign tanpa bayar penalti di indomaret ?

Dalam surat perjanjian kerja sudah tertulis jelas apabila karyawan kontrak resign masih dalam keadaan terikat kontrak dengan perusahaan maka akan dikenakan penalti. Yaitu denda sebesar satu kali gaji dikali sisa berapa bulan dari waktu kontrak.

Misalkan si A bekerja dengan masa kontrak 1 tahun 6 bulan kemudian dia resign pada saat masa kontraknya baru 1 tahun, jadi yang 6 bulan itulah penaltinya. 1 kali gaji dikali 6 bulan total aja sendiri berapa besarnya. Itulah gambarannya kurang lebih.

Terus bagaimana caranya supaya resign tanpa kena penalti ? gampang saja, kerja sampai kontrak habis (khusus pramuniaga dan kasir) dan apabila ada penawaran untuk perpanjang kontrak jangan di ambil. Bagi karyawan tetap bisa resign kapan saja bebas dengan catatan menginformasikan pada supervisor area satu bulan sebelum resign agar supervisor mencari orang untuk mengisi kekosongan di posisi tersebut.



0 Response to "Tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret berdasarkan jabatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel