Penyebab barang toko mines dan nombok

penyebab indomaret, alfamart mines dan nombok
Sering di potong gaji karena barang mines? bagi teman-teman yang bekerja di indomaret atau alfamart tentu pernah mengalami hal demikian, berawal dari pengalaman dan keresahan saya semasa kerja di indomaret saya akan memberikan beberapa tips agar terhindar dari yang namanya barang mines dan NOMBOK.

Terasa sia-sia rasanya kita kerja jika akhirnya harus di potong gaji karena barang toko mines, ini adalah ketakutan terbesar semua orang yang bekerja di minimarket termasuk saya. Kerja dari pagi sampai sore bercucuran keringat belum lagi ada masalah toko yang membuat kepala puyeng.

Saya rasa semua orang yang pernah bekerja di indomaret atau alfamart pernah mengalami itu semua, apalagi yang sudah menjadi MD keatas ada saja masalah setiap harinya. Tapi itu semua seiring berjalannya waktu membuat saya menjadi lebih mengerti bagaimana menghadapi dan menyelesaikan masalah, karena bagi saya pribadi bekerja di minimarket seperti indomaret ini masalah terbesar bagi saya adalah bagaimana saya memecahkan sebuah masalah. Jika satu kali saja saya berhasil melewatinya, kedepannya akan saya lakukan dengan cara yang demikian.


2 Penyebab barang toko mines

1. Faktor internal (penyebab dari dalam)

-  Kurangnya pengawasan

Salah satu penyebab barang mines adalah kurangnya pengawasan, kebanyakan personil menganggap ini hal spele padahal ini yang di tunggu seorang penguntil, dimana personil lengah habis sudah. Lakukan pengawasan di area yang sering rawan barang hilang, seperti area kosmetik. kita berpura-pura merapihkan barang, orang yang akan berbuat jahat pun akan mengurungkan niatnya jika kita lakukan itu.

-  Tidak fokus pada saat transaksi di meja kasir

Sebelumnya saya sudah menulis tentang Tips menjadi kasir profesional dan salah satu pointnya adalah tidak fokus pada saat transaksi di meja kasir, ini sangat fatal sekali teman-teman. bayangkan saja misalkan kasir memasukan susu beruang ke dalam kantong pelastik sebanyak 5 kaleng, sedangkan yang di input cuma 2, sudah keliatan mines 3 susu beruang akibat kasir tidak fokus. Dan sekarang siapa yang di rugikan, pastinya semua personil toko maka dari itu fokuslah pada saat transaksi.

Hindari hal-hal berikut yang membuat tidak fokus pada saat transaksi seperti : ngobrol bareng temen, ngelamun, jangan bawa masalah rumah ke tempat kerja, jangan sampai tidak makan pada saat hendak masuk kerja karena percaya tidak percaya ini bisa membuat kita gagal focus.

- Kurang teliti pada saat cek datang barang


Personil toko harus memastikan betul jenis item dan quantiti barang yang datang sama dengan surat jalan yang di bawa oleh driver, di surat jalan akan tertera nama item dan jumlah barangnya, misalkan kita nurunin teh pucuk botol 350ml jumlah barangnya 3 karton kita lihat di surat jalan sama atau tidak. (jumlah atau quantiti barang biasanya di hitung satuan, misalkan teh pucuk botol 350ml 3 karton yang tertulis di surat jalan quantitinya adalah 72pcs, karena satu karton isinya 24pcs) lakukan hal demikian terus-menerus sampai selesai, jika ada barang yg kurang atau lebih kirim segera buatkan berita acara dan laporkan kepada supervisor dan departemen terkait.

- Mentalitas personil toko

 Saya selalu berprasangka baik pada semua rekan-rekan tim toko, tapi hati manusia siapa yang tahu hanya dia dan tuhannya lah yang tahu itu semua. Saya tidak mengatakan semuanya, tapi ada saja 1 atau 2 orang tim toko yang berkelakuan culas, sering mengambil barang dari toko atau maling bahasa kasarnya tanpa sepengetahuan personil toko yang lain.

Untuk teman-teman semua yang akan atau sedang bekerja di indomaret, jangan pernah lakukan hal nista seperti ini karena sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. Jika ketahuan pasti akan di bawa ke jalur hukum jadi repot kan nantinya, meskipun tidak ketahuan ingatlah akan ada hari dimana semua yang kita perbuat akan di pertanggung jawabkan.

2. Faktor external

- Sindikat/Penguntil (maling) 

Banyak toko yang kecolongan ulah penguntil yang satu ini, biasanya si penguntil ini beraksi di toko yang ramai pengunjung karena disitu pengawasan kurang dan sibuk melayani pembeli pada saat itulah dia beraksi. Tidak tertutup kemungkinan toko sepi juga bisa menjadi targetnya, jika posisi toko sedang ramai tugaskan satu orang pramuniaga untuk pengawasan di area barang rawan hilang.

Jika ada personil toko yang melihat aksi sindikat yang memasukan barang toko ke dalam tasnya, jangan takut untuk menghalau, cegat dia di depan pintu keluar dan suruh mengeluarkan isi tasnya jika ada barang yang tidak terdaftar di struk belanjaan sudah jelas buktinya, jika dia masih mengelak kita punya rekaman cctv. Untuk selanjutnya, proses sesuai aturan yang berlaku.



Note: Jika total nilai harga barang mines melebihi budget toko maka sisanya di bebankan kepada personil toko. Dan jika total nilai harga barang mines di bawah budget toko maka personil toko tidak akan di potong gaji untuk mengganti nilai barang hilang tadi.

Setiap toko memiliki budget barang hilang yang berbeda-beda berdasarkan pencapaian target salesnya, lebih besar salesnya maka lebih besar pula budget barang hilangnya, ada rumus perhitungan budget toko namun saya lupa, maklum kelamaan nganggur hehe...

Semoga tulisan yang sederhana ini bermanfaat bagi yang membutuhkan, sampai jumpa di tulisan beriktnya :)

          

 

 

Belum ada Komentar untuk "Penyebab barang toko mines dan nombok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel