Berbagi pengalaman - Tugas dan tanggung jawab kasir indomaret

Di sini saya akan berbagi pengalaman seperti apa tugas dan tanggung jawab seorang kasir indomaret.
Kasir umumnya adalah seorang wanita yang bertugas melayani transaksi pembayaran setiap konsumen yang berbelanja ke indomaret maupun minimarket sejenisnya.

Di indomaret seorang kasir mempunyai peran sangat penting, mereka para kasir adalah ujung tombak perusahaan yang ditangannya nasib perusahaan ditentukan. Menjadi seorang kasir itu berat, kenapa saya berkata demikian karena saya melihat dan mengalaminya sendiri betapa beratnya mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai kasir indomaret.

Saya angkat topi dan appreciat setinggi-tingginya kepda kasir yang bekerja dengan ikhlas dan penuh rasa sabar, saya tahu bagaimana susahnya menjadi kasir, mereka harus sabar, banyak senyum menghadapi berbagai macam tipe konsumen yang bisa membuat mereka naik darah. Pernah saya temukan seorang kasir sampai menangis karena habis dimarahi konsumen, pertama sikasir adalah orang baru dan si konsumen adalah tipe orang yang perfeksionis. Saya anggap itu sebagai pembelajaran bagi kasir tersebut dan saya beri sedikit motivasi supaya kasir itu tumbuh semangat dalam dirinya.

Berbagi pengalaman - Tugas dan tanggung jawab kasir indomaret


Berbagi pengalaman - Tugas dan tanggung jawab kasir indomaret

1. Area kasir harus rapi dan bersih

Kasir bertanggung jawab penuh atas kebersihan area teritorialnya. Teman-teman disini pasti sudah sering belanja ke indomaret, didepan itu dekat pintu masuk adalah area kasir namanya yang mepet kekaca depan. Area itu adalah sepenuhnya tanggung jawab kasir, usahakan area tersebut harus selalu dalam keadaan bersih dan rapi sesibuk apapun itu.

Bagaimana caranya area kasir harus selalu rapi, kita kasir kan sibuk ngasirin terus ? Gunakan waktu luang untuk mengerjakan hal tersebut, setiap toko mempunyai waktu dimana ada yang namanya jam sibuk dan jam sepi pengunjung. Di saat toko sepi pengunjung itulah kita gunakan untuk bebenah area kasir, apabila toko sedang ramai maka utamakan konsumen karena prioritas kasir adalah melayani transaksi konsumen.

2. Melakukan Stok Opname (SO)

SO adalah suatu kegiatan menyesuaikan antara stok dikomputer dengan real fisik barang yang ada ditoko. Di indomaret ada yang namanya SO harian yang wajib kasir laksanakan yaitu  SO rokok yang tepat ada dibelakang kasir. Kenapa rokok wajib di So ? karena rokok masuk ke list salah satu barang  rawan hilang, aneh yah secara posisi rokok itu ada diarea kasir kok bisa ada orang yang berani nyolong, ya gitu deh hehe..

Baca juga : Penyebab barang toko mines dan akhirnya nombok

3. Mengetahui cara mengoperasikan komputer

Setiap kasir harus bisa mengoperasikan komputer karena semua jenis transaksi apapun itu (penjualan, retur, proses datang barang, dsb) ada didalam komputer. Perlu diketahui bahwa, sebelum kasir terjun kelapangan mereka sudah terlebih dahulu mengikuti pelatihan diTraining Center kantor cabang. Diawal-awal pasti akan terasa berat mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai kasir indomaret, akan tetapi seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa dan tidak akan lagi terasa berat.

4. Menawari konsumen produk yang sedang promosi

Sebelum kasir menwari konsumen produk apa saja yang sedang promo, kasir harus terlebih dahulu mengetahui barang apa saja yang sedang promosi serta mengetahui mekanismenya. Apabila ada konsumen bertanya mengenai promo tersebut kasir bisa menjawabnya.

Contoh, seorang ibu-ibu membeli roti tawar kemudian datang kekasir untuk bayar. "selamat sore ibu, dengan Dini silakan" sambut si kasir sambil tersenyum, si ibu itu menyodorkan barang belanjaannya kemudian si kasir berkata "ada lagi yang mau ditambah ibu?" ibu itu menggelengkan kepalanya kemudian lanjut si kasir "sekalian selainya ibu" kasir tersebut menawari si ibu itu yang namanya Complementer produck/produk pelengkap, besar kemungkinan si ibu itu membeli selai tersebut karena keterkaitan dua barang tersebut.

Sambil memasukan barang belanjaan kedalam kantong plastik si kasir menawarinya lagi sebuah barang yang sedang promo "sekalian mie instannya ibu lagi promo, beli 5 cuma 10.000" keluar tuh langsung naluri belanjanya emak-emak hehe.. "diwarung biasa harganya bisa sampe 3 rb per pcsnya, disini 10.000 dapet 5 waaah lumayan tuh" berkata si ibu itu dalam hati, tanpa basa basi konsumen itu langsung mengiyakan tawaran si kasir.

Itulah kenapa mereka disuruh cerewet, dalam artian mereka aktif melakukan penawaran pada semua konsumen karena itu semua bagian dari tugas dan tanggung jawab seorang kasir indomaret.

5. Mengetahui macam-macam metode pembayaran

Di zaman sekarang yang dimana kemajuan teknologi semakin berkembang pesat, siapa saja apapun itu jika tidak bisa menyesuaikan diri seiring dengan perkembangan zaman, mereka itulah yang akan terlindas karena tidak bisa beradaptasi. Indomaretpun demikian, manusia modern khususnya milenial menginginkan segala sesuatunya mudah, instan tanpa ribet, maka pembayaran non tunai jadi pilihan.

Kini indomaret bisa menerima banyak jenis metode pembayaran non tunai, apalagi sekarang ada i-saku, dana, ovo dan masih banyak lagi. Bagi semua kasir indomaret wajib mengetahui dan bisa menjalankan semua jenis metode pembayaran tersebut karena itu bagian dari tugas dan tanggung jawab mereka. Untuk yang belum bisa ayo belajar minta seniornya buat ajarin, jangan takut bertanya karena tujuannya untuk kebaikan bersama.

6. Bertanggung jawab apabila terjadi selisih diakhir shift

Di setiap shift ada yang namanya tutup shift yang kemudian berlanjut ke shift berikutnya. Pada saat tutup shift ini akan ketahuan berapa total sales dan uang yang harus terkumpul di shift tersebut. Apabila terjadi selisih antara total sales dengan jumlah uang yang terkumpul maka kasir wajib ganti, oleh karena itu kasir harus fokus pada saat berteransaksi.

Tugas dan tanggung jawab kasir indomaret memanglah berat, tapi apabila kita fokus dan teliti hal yang demikian tidak akan terjadi. Untuk itu saya sudah menuliskan satu artikel khusus yang membahas bagaimana cara menjadi kasir profesional.

0 Response to "Berbagi pengalaman - Tugas dan tanggung jawab kasir indomaret"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel