Tutorial Cara Listing Barang Minimarket Indomaret dan Alfamart

Pengertian listing barang adalah penempatan suatu barang dagangan dengan memperhitungkan nilai-nilai keindahan dan kapasitas rak display. Di semua minimarket seperti indomaret dan alfamart, dalam hal tata letak barang mengikuti listing barang yang sudah di tetapkan oleh pihak managemet perusahaan.

Tujuan listing adalah untuk mempermudah konsumen dalam mencari barang yang di inginkan dan mempermudah karyawan toko pada saat mendisplay barang, selain itu juga listing bertujuan untuk :

- Mengelompokan jenis barang yang sama dalam satu tempat.
- Memudahkan konsumen dan personil toko dalam mencari barang.
- Mengecek kesesuaian label harga dengan komputer.
- Melihat promo yang sedang berjalan.


contoh cetakan listing barang di minimarket

Di atas adalah contoh listing barang di indomaret, jadi semua barang yang ada di toko mengikuti listingan ini. Dalam label listing di atas ada beberapa hal yang harus teman-teman ketahui, berikut sedikit penjelasannya.

Kode PLU adalah kode suatu barang yang terdiri dari beberapa digit angka seperti pada gambar di atas, kegunaan lain dari kode plu ini adalah jika scanner rusak tidak bisa menscan barang maka bisa di input secara manual dengan memasukan kode plu ini.

Berikut adalah tutorial bagaimana cara melisting barang di indomaret :


Listing Barang Minimarket Indomaret dan Alfamart

1. Cetak data listing

Sebelum melakukan listing harus di pastikan sudah mencetak label listing terlebih dahulu, Cetak label listing terbaru di komputer pada menu yang sudah tersedia.


2. Listing barang di kerjakan persatu rak

Pengerjaan listing barang harus satu rak tertentu, tidak boleh di gabung dengan rak lainnya, label listing di buat persatu rak bertujuan agar mempermudah proses listing.


3. Listing barang di mulai dari shelfing bawah ke atas

Hitungan dalam satu rak itu di mulai dari shelfing bawah maka melisting pun harus mulai dari bawah. Berbeda pada saat kita melakukan kebersihan rak, yang pertama kali di bersihkan adalah shelfing paling atas, jika kita membersihkan shelfing bawah terlebih dahulu maka akan tertimpa kotoran shelfing di atasnya dan pekerjaan kita akan sia-sia.


4. Listing barang di kerjakan mulai dari arah kiri ke kanan

Hitungan baris di setiap shelfing di mulai dari arah kiri ke kanan, ingat dari kiri ke kanan, sama seperti kita membaca buku.

5. Letak price tag (label harga) harus sesuai dengan barang

Letak price tag harus sesuai dengan letak barang, tidak boleh tertukar dengan price tag barang di sebelahnya, banyak konsumen komplain karena harga tidak sesuai, kebanyakan itu terjadi karena tertukar dengan price tag barang sebelahnya.


6. Pengerjaan listing di sesuaikan dengan keadaan toko

Yang di maksud menyesuaikan disini adalah melihat kondisi toko apakah sedang ramai pengunjung atau tidak, jika sedang ramai pengunjung lebih baik di tunda dulu dan melakukan pengawasan atau membantu kasir. Jika toko sedang tidak ramai atau biasa saja maka boleh kita lanjutkan listingnya.

7. Jika ada letak barang yang berubah segera kerjakan

Perlu di ketahui bahwa listingan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan management, jika terjadi perubahan tata letak maka segera turunkan barang kemudian ubah letak barang sesuai data listing terbaru.


8. Catat harga yang berubah dengan listing

Jika terdapat harga yang tidak sama dengan listingan maka catat dan segera cetak harga terbaru kemudian langsung di ganti dengan label harga terbaru, agar tidak terjadi komplain konsumen.

Lakukan langkah-langkah melisting di atas dan lanjutkan ke shelfing berikutnya sampai selesai.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Listing Barang Minimarket Indomaret dan Alfamart"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel