Cara Display Barang Dengan Baik Dan Benar

Display barang adalah pengisian barang dari gudang toko atau barang yang baru datang ke rak pajang, tujuan display barang adalah menjaga ketersediaan barang di rak display agar memudahkan konsumen berbelanja.

Display barang sangat mempengaruhi tingkat penjualan suatu toko, dengan cara kita display barang dengan baik dan benar maka akan menarik perhatian pengunjung, setidaknya mereka melihat produk yang kita display atau syukur-syukur konsumen membelinya.

Dalam mendisplay barang biasanya suatu perusahaan memiliki cara atau aturan tersendiri yang sudah di tetapkan, bertujuan untuk meningkatkan nilai penjualan suatu toko. Dalam melakukan kegiatan display brang kita harus mengikuti yang namanya listing barang, karena dalam listing barang inilah terdapat aturan dan cara display barang dengan baik dan benar. Berikut adalah langkah-langkah mendisplay barang dengan baik dan benar.
 

Cara display Barang dengan Baik dan Benar

tips mendisplay barang di indomaret dan alfamart


1. Sesuaikan dengan listing

 Listing adalah penempatan suatu barang di rak display yang sudah di tentukan oleh managemen perusahaan, setiap barang yang di display dalam toko harus mengikuti listing yang sudah di tentukan. Jadi ikutilah listing barang ketika display barang agar hasil displayan terlihat bagus dan rapi.

Baca juga : Listing Barang

2. Sesuaikan dengan FIFO

FIFO (first in first out) dalam artian barang yang pertama masuk adalah yang pertama keluar, pastikan FIFO berjalan pada saat display barang, jika kita melakukan display barang dengan cara yang baik dan benar serta FIFO berjalan bagaimana semestisnya, maka tidak akan ada barang expired di rak display.


3. Kondisi barang harus dalam keadaan baik

Semua barang yang di jual di toko harus dalam keadaan baik, jangan sampai barang kotor, rusak apalagi expired. Untuk menjaga barang agar selalu dalam keadaan baik personil toko harus rutin melakukan kebersihan rak setiap hari, dan ketika melakukan kebersihan rak kita bisa sambil membersihkan barang dan mengecek tanggal kadaluarsanya, kemudian jangan ceroboh ketika sedang display barang terutama barang pecah belah, lakukan dengan baik dan benar.


4. Merek barang harus menghadap ke depan

Merek barang yang di pajang di rak display wajib menghadap kedepan, ini bertujuan agar memudahkan konsumen pada saat mencari barang yang di inginkan.


5. Merek barang menghadap ke arah konsumen masuk

Ini berlaku untuk barang yang di display di gondola depan dan area kasir, karena pada saat konsumen masuk toko yang pertama kali di lihat adalah area depan kasir dan gondola depan yang menghadap pintu masuk. Display barang harus rapi dan menarik supaya ada kesan baik ketika konsumen masuk toko, lakukan dengan cara baik dan benar.


6. Display harus penuh dan menarik

Usahakan setiap barang yang di display agar selalu full display sehingga terlihat menarik.


7. Pasang label harga

Setiap barang yang di display wajib di pasang lebel harga, bedakan antara label harga yang sedang promosi dengan yang tidak promosi agar mudah di ketahui konsumen, caranya jika ada harga barang yang berubah copot dan segera cetak harga terbaru, jika ada barang yang stoknya kosong beri label (maaf stok kosong) menutupi label harganya dan space yang kosong tadi boleh di isi barang di sebelahnya.

8. Lorong harus rapi pada saat mendisplay

Usahakan lorong agar selalu dalam keadaan rapi pada saat display barang, caranya dengan semua barang yang hendak kita display harus dalam satu wadah, jangan sampai ada box container atau keranjang menghalangi jalan konsumen. Berhenti mendisplay barang jika tempat barang yang akan kita display ada konsumen, tunggu sampai dia selesai baru kemudian lanjut display barangnya.

9. Rak gondola, rak end, rak double

Khusus barang yang di display di rak gondola, rak end dan rak double barang yang paling belakangnya (shelfing paling atas) barangnya wajib di balik keluar, ini bertujuan agar terlihat oleh konsumen pada saat bersebrangan. Ini adalah salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen, jika kita melakukannya cara ini dengan baik dan benar maka akan terjadi penjualan.

10. Rak majalah

Di minimarket seperti indomaret dan alfamart ternyata juga menjual berbagai macam majalah, khusus untuk rak majalah, posisi display merek majalah harus terlihat dan menghadap ke depan, jangan sampai terbalik, majalah edisi terbaru dan yang paling laku harus di display paling depan, jangan lupa di kasih label harga, cara ini sangat ampuh untuk mendongkrak penjualan majalah jika kita melakukannya dengan baik dan benar.


Khusus barang pecah belah seperti parfum atau deodorant yang terbuat dari kaca atau barang sejenisnya biasanya di display di rak shelfing paling bawah, cara ini di lakukan untuk meminimalisir barang pecah saat jatuh.
   

Belum ada Komentar untuk "Cara Display Barang Dengan Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel