Cara Mengetahui Artikel blog Asli atau Copas (copy paste) menggunakan Plagiarism Checker

Dunia blogging Indonesia kini semakin berkembang, di tandai dengan banyaknya orang yang beralih profesi menjadi seorang blogger. Semakin banyak bermunculan blogger baru yang membuat persaingan menjadi semakin ketat. Sebagai seorang blogger kita harus mempunyai artikel yang kita tulis tanpa copas dari blog orang lain, jika hanya sekedar ingin mencari referensi tidak masalah, namun jangan sampai di copas bulat-bulat, cobalah untuk menulis dengan hasil pemikiran sendiri.

Keaslian suatu artikel sebuah blog sangatlah penting untuk kelangsungan blog tersebut, artikel asli tanpa copas kepunyaan orang lain lebih di sukai google, boleh mengambil sebanyak-banyaknya referensi tanpa ada batasan, namun perlu kita ingat jangan sampai kita copas artikel orang lain, satu sisi itu merugikan orang lain dan juga itu adalah perbuatan tidak terpuji. Google lebih menyukai tulisan ori/asli tanpa harus copas artikel orang lain, karena google adalah Search engine yang sangat pintar, dia bisa membedakan mana tulisan copas dan mana yang asli.


plagiarism checker

Saya akan memberikan sedikit info bagaimana caranya mengetahui apakah artikel yang kita tulis asli unique 100% tanpa copas dari artikel orang lain, dengan menggunakan Plagiarism Checker, yaitu sebuah website yang memiliki fungsi untuk mengecek ke unikan sebuah artikel, berikut langkah-langkahnya.


Cara mengetahui artikel blog asli atau copas (copy paste) menggunakan Plagiarism Checker

Langkah ke 1 Kunjungi website Plagiarism checker
  
Langkah ke 2Scrool ke bawah dan akan ada kolom, kemudian copy tulisan yang akan di publish dan paste kan ke kolom tersebut. Seperti pada gambar di bawah.

Cara Mengetahui Artikel blog Asli atau Copas (copy paste) menggunakan Plagiarism Checker
 

Langkah ke 3 : Jika tulisan sudah di paste kan pada kolom tersebut kemudian klik Check Plagiarism yang sudah saya beri tanda pada gambar di atas.

Langkah ke 4 : Tunggu sampai proses checking selesai, dan akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah. Setelah proses checking selesai maka akan muncul hasilnya, total plagiarism 8% dan unique  92%.

Cara Mengetahui Artikel blog Asli atau Copas (copy paste) menggunakan Plagiarism Checker

Langkah ke 5 : Edit bagian yang berwarna merah atau yang di anggap plagiat, edit bagian paragraf tersebut (tidak usah di edit semuanya, edit saja beberapa kata dengan menggunakan synonim, atau tambahkan beberapa kata di awal, tengah atau akhir) apabila sudah selesai di edit selanjutnya kita lakukan hal yang sama seperti di atas, copy dan pastekan kemudian checking plagiarism sampai akhirnya Unique 100%.


Cara Mengetahui Artikel blog Asli atau Copas (copy paste) menggunakan Plagiarism Checker
Gambar di atas adalah hasil setelah tulisan di edit, tidak ada lagi bagian yang berwarna merah, itu artinya tulisan unique 100% atau tulisan ini asli tanpa copas dari artikel orang lain.

Note : Jika kita ingin tahu bahwa tulisan kita sama dengan tulisan orang lain klik Compare seperti gambar di atas yang sudah saya tandai, maka kita akan di bawa ke situs rujukan tersebut. 

Itulah cara mengetahui artikel blog asli atau copas (copy paste) menggunakan plagiarism checker, cara ini bisa kita terapkan setiap kali akan mempublish artikel agar kita tahu seberapa asli tulisan kita dimata google. Jika di temukan bagian yang di anggap plagiat segera perbaiki agar terlihat unique oleh google, menurut saya website ini sangat membantu para blogger untuk membuat artikel menjadi lebih di sukai oleh google. Kekurangan website ini adalah, satu kita harus selalu terhubung dengan jaringan internet agar bisa menggunakan plagiarism checker ini, dan yang kedua adalah artikel yang bisa di chek di sini tidak bisa lebih dari 1000 kata. Tapi tidak masalah kita bisa melakukannya tidak sekaligus. 


Baca juga : Tips menulis novel bagi pemula
 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Artikel blog Asli atau Copas (copy paste) menggunakan Plagiarism Checker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel