Cara Mendapatkan Kroto Gratis Langsung dari Alam

Kroto atau telur semut rangrang belakangan ini ramai di cari orang untuk pakan makan burung, dimana sekarang orang-orang semakin banyak yang memelihara burung, otomatis permintaan pasar akan kroto meningkat pesat. Kroto di dapatkan para pencari kroto dengan cara yang tidak mudah butuh perjuangan dan kerja keras untuk mendapatkannya, itulah yang menjadikan harga kroto mahal.

Para pencari kroto biasanya masuk ke hutan-hutan untuk mendapatkannya, dengan membawa peralatan tradisional seperti, bambu panjang untuk menjangkau sarang semut rangrang, alat khusus berbentuk kerucut yang terbuat dari kain bekas yang tipis dan lingkaran kerucutnya terbuat dari bambu.

Untuk mencari kroto langsung di alam kita perlu kejelian, karena sarang semut rangrang itu terbuat dari dedaunan berbentuk bundar yang sekilas tidak terlihat seperti sarang semut.

cara mendapatkan telur semut rangrang langsung dari alam


Semut rangrang sangat suka membuat sarang di pohon seperti, pohon mangga, pohon nangka, pohon randu/kapuk dan pohon jambu. Jadi hati-hati jika memanjat pohon tersebut, semut rangrang yang berwarna kemerahan dan berukuran lebih besar dari jenis semut lainnya, semut ini memiliki 2 capit yang lumayan besar untuk ukuran seeokor semut, orang yang terkena gigitan semut ini akan merasakan sensasi kaget dan rasa nyeri, tapi tenang saja semut ini tidak berbaha dan tidak mematikan korbannya.

Jangan khawatir, sekarang kroto sudah banyak orang yang membudidayakannya, jika tidak ingin repot mencarinya langsung ke alam tinggal datang saja kepada peternak kroto. Tapi kali ini saya akan berbagi cara mendapatkan kroto langsung dari alam.


Cara Mendapatkan Kroto Gratis Langsung dari Alam

1. Siapkan peralatan terlebih dahulu

Jadi setiap kali akan mencari kroto ke hutan kita harus mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu, jangan sampai ada yang tertinggal karena kita akan mencarinya masuk kedalam hutan. Kita bisa membuat peralatannya sendiri seperti, bambu yang panjang tapi ukurannya kecil kira-kira 5-7 meteran, kemudian buat kain berbentuk kerucut dengan ujungnya diberi lingkaran yang terbuat dari bambu untuk memasukan sarang kroto nantinya, kemudian ikatkan kain yang berbentuk kerucut tadi ke ujung bambu menggunakan tali, dan jangan lupa membawa wadah untuk krotonya nanti yaitu toples bekas atau sejenisnya.

2. Cari kroto di hutan

Semut rangrang senang membuat sarang di pohon seperti, pohon mangga, pohon nangka, pohon randu/kapuk dan pohon jambu. Mengapa harus di hutan, karena di hutan sepi jauh dari keramaian, sebetulnya bisa saja mencari kroto di kampung dekat dengan pemukiman warga, tapi yang di takutkan pada saat semut rangrang mengamuk karena sarangnya di hancurkan pasti yang jadi korban adalah orang terdekat, bisa jadi anak-anak yang sedang main, orang yang sedang lewat atau bahkan hewan lainnya. Maka dari itu saya sarankan mencari kroto yang jauh dari pemukiman warga.

3. Cara mengusir semut rangrang

Ada beberapa cara untuk mengusir semut rangrang sebelum kita ambil telurnya yaitu dengan cara di asapi, alat untuk mengasapinya yaitu daun kelapa yang sudah tua dan kering kita ikat kemudian bakar, dan asapnya kita arahkan tepat pada sarang semut rangrang tersebut, dijamin semutnya keluar berhamburan. Awas hati-hati jangan sampai jatuh ketubuh kita apalagi kena mata, pasti dia akan menggigit.

4. Cara mengambil kroto dari pohon

Jika di rasa semut rangrang sudah keluar dari sarangnya langsung saja kita eksekusi, angkat bambu panjang tadi dan arahkan lingkaran dengan kain kerucut pas di sarang semutnya, kemudian goyang-goyang sampai sarang krotonya pecah dan isi di dalamnya jatuh kedalam kain kerucutnya, kemudian turunkan bambunya ketanah dan diamkan sejenak sampai semut rangrangnya keluar dan jika sudah masukan krotonya kedalam wadah toples agar aman.


Daftar harga kroto per kg berdasarkan jenisnya

- Kroto segar/basah 1kg   = Rp. 75.000 - 100.000
- Kroto kering 1 kg           = Rp. 185.00 - 200.000
- Kroto segar/basah 500g = Rp. 40.000 - 70.000
- Kroto kering 500g          = Rp. 100.000 - 130.000 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendapatkan Kroto Gratis Langsung dari Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel