Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sharing is caring - Bagi pemula jangan deh belanja di FB atau IG

Beranjak dari keresahan hati yang belakangan ini sering mengganggu pikiran saya, akhir akhir ini sudah mulai marak lagi penipupan di dunia online. Dalam sebulan ini sudah ada beberapa konsumen saya yang kena tipu oleh oknum oknum seler yang tidak bertanggung jawab, haduuuh bikin puyeng bukannya apa apa kita juga kurir yang repot kerja pun gak tenang serasa di teror.

Based on my true story ini kisah nyata pengalaman saya di lapangan sebagai tukang anter paket a.k.a kurir. Ternyata sekarang ini penipuan belanja onilne sudah tidak seperti dulu lagi yang plek ketiplek bener bener emang nipu, mereka para oknum seler nakal memilki cara lain yang lebih lembut dan aga sedikit mengecoh, saya pun baru sadar belakangan ini ternyata mereka bermain seperti ini untuk berkamuflase sehingga tidak terlalu mencurigakan.

Disclaimer : Ini adalah temuan saya di lapangan selama saya ngurir dan disini saya tidak bermaksud untuk menyudutkan pihak manapun. Bagi kalian hai para oknum seler nakal tobatlah selagi masih ada waktu cari rezeki yang halal biar berkah!!

Di sini saya akan kasih tahu temen temen modus baru seperti apa yang mereka gunakan untuk menipu konsumennya dan ada beberapa tips dari saya yang bisa temen temen pake pada saat belanja online. Anggap saja disini  kita lagi ngobrol santai sharing  tentang dunia perbelanjaan online hehehe karena pembahasannya bakalan sedikit agak panjang temen temen bisa siapin kopi ambil posisi dan cekicr**t :)

Tips Supaya Belanja Online Gak Kena Tipu

Dua modus baru penipuan belanja online, awas jangan sampai anda jadi korbannya!

1. Pesen paket lewat instagram paket yang asli tetap di kirim tapi belakangan, yang dikirim duluan paket yang entah isinya gak karu karuan, contoh :

Jadi gini alur gimana mereka nipu, si A beli baju koko seharga 250 ribu dengan fitur cod setelah paket datang kemudian saya antar dan transaksi seperti biasa sama ybs beres tidak ada masalah ehh pas saya mau lanjut ngirim dia mangil manggil (aduuh apalagi ini jangan jangan..? udah mulai overthinking tuh ribet ini urusannya) "kang ini apa yang datang kok isinya sampah gini saya pesennya baju koko" tuh kan bener aja, pas saya lihat isi paketnya macem macem ada kerudung segi empat, spon buat mandi yang jaring itu sama ada potongan kain entah apalah itu.

Hal pertama yang saya tanyakan sama konsumen "bapak order paketnya dimana?" "di instagram" waduh cilaka inimah. Kemudian saya sarankan ybs agar komplain langsung ke penjualnya bahwa paket yang dateng tidak sesuai, dia sampai liatin hp nya ke saya untuk meyakinkan bahwa dia bener pesennya sesuai yaitu baju koko dengan motif size dan blabla.. yang intinya ybs ingin uang yang tadi dia bayar di balikin lagi karena tidak sesuai. 

Eitss, tidak semudah itu ferguso. Kami sempat berdebat disitu ybs kekeuh pengen duitnya di balikin lagi saya juga kekeuh itu duit gabisa di balikin karena yang pertama paket udah di buka yang kedua di sistem sudah saya sukseskan sehingga nanti bakal muncul tagihan cod tersebut atas nama saya. Dia memohon dengan sedikit memelas sama saya biar duitnya di balikin lagi soalnya itu baju buat dia pake lebaran sama katanya udah gada duit lagi sambil unjukin isi dompetnya (beneran loh ini serius emang bener dompetnya gada duit lagi haha) wah pokoknya suasana saat itu panas deh.

Karena saya tetep kekeuh dengan pendirian saya bahwa uang tidak bisa di kembalikan lagi dan saya cuma bisa nyaranin buat komplain aja langsung ke penjualnya. Terlihat raut putus asa akhirnya itu paket di lempar sama ybs sambil orangnya pergi ke dalem rumah akhirnya saya lanjut ngirim dengan keadaan paket itu masih tercecer di depan rumahnya.

Di situ saya masih kontekan sama konsumen yang kena tipu ini karena saya lagi fokus ngirim akhirnya saya kasih nomor orang kantor biar mereka nanti yang ngasih penjelasan. Selang beberapa jam dia ngontek saya lagi ngasih tahu bahwa katanya paket yang dia pesen dengan resi yang di kasih penjual tersebut masih di jalan belum sampai tempat tujuan sambil ngasih bukti screenshot chatan dia sama selernya. Nah loh ini paket dari mana asalnya kalau gitu masa iya datang tiba tiba gak mungkin dong, nama penerima, alamat sampai dengan nomor teleponnya pun sama. Saya bukannya berburuk sangka tapi siapa lagi disini yang tahu dan punya database konsumen selain daripada mereka "oknum seler nakal"

Temen temen udah bisa nangkep belum gimana cara mereka bermain, di awal mereka kirim paket faxe dan paket yang realnya mereka kirim belakangan jadi seolah olah mereka tidak tahu menahu akan hal itu karena memang paket aslinya bener di kirim tapi belakangan setelah paket yang palsu datang. Konsumen kira yang dateng pertama itu adalah paket yang bener mereka pesen dan ternyata zhonk, paket asli mereka sengaja di kirim belakangan biar mereka double keuntungan, begitulah kurang lebih.

Di bawah akan saya kasih tahu temen temen semua gimana mereka beraksi secara teknis dan cara bagaimana untuk menantisipasinya.

Singkat cerita setelah saya konsultasi dengan orang kantor akhirnya orang kantor meminta saya untuk ambil kembali paket tersebut dengan catatan paking kembali dengan rapih, si konsumen pun sudah di kasih tahu sama orang kantor, kemudian saya kembali ke rumah dia ambil paket tersebut tapi dia kekeuh penget duitnya di balikin lagi dengan alasan dia gada duit lagi. Sayapun ngomong lagi ke orang kantor, ini gimana dia mau duitnya kembali. orang kantor bilang ke saya itu duit bakal balik lagi setelah ada acc nanti tapi gabisa sekarang juga. 

Lama kita ngomong masalah itu duit pengen di balikin lagi, akhirnya saya ambil keputusan "udah pak saya gak mau ambil pusing ini pake aja dulu duit saya 250 ribu nanti kalau duit bapak udah ada acc biar itu saya ambil" storan cod 250 ribu tetap saya storkan ke kantor karena statusnya sudah sukses dan muncul tagihan di sistem atas nama saya karena saya yang bawa paket tersebut. Kebetulan waktu itu bulan puasa saya lanjut ngirim karena mau buru buru pulang biar bisa buka puasa di rumah. Kalau udah kayak gini kan saya juga yang kena imbasnya.

Hallo pak guru Viis hehehe, kalau bapak baca ini anggap saja yang kemaren itu sebagai pelajaran pak supaya kedepannya kita bisa lebih teliti lagi bisa lebih hati hati lagi.


2. Kasus kedua ini hampir sama dengan kasus pertama cuma yang ini si konsumen belanjanya di marketplace resmi, kita sebut saja si oren.

Awalnya saya berhusnuzhon dan tidak ada pikiran bahwa ini adalah penipuan, setibanya saya di rumah ybs kebetulan cuma ada ibunya karena sudah terbiasa kalau ada paket ibunya yang bayar berapapun itu pasti di bayar. Singkat cerita setelah yang punya paket pulang dan di bukalah paket itu, temen temen tahu gak isi paketnya apaan? maakjreng isinya sandal jepit gais, nanti saya kasih lihat fotonya di bawah.

Tips Supaya Belanja Online Gak Kena Tipu

Jadi begini ceritanya, si B ini belanja lewat si oren dia belanja sparepart motor seharga 217 ribu, ini si ybs nya bilang ke saya bahwa paket itu lama gak di kirim kirim sudah lebih dari seminggu yang akhirnya dia cancel melalui aplikasi selang beberapa hari datanglah paket atas nama dia dengan alamat dan nomor telepon sama persis seperti kasus diatas tapi yang saya aneh dari paket yang datang ini pertama, ini paket bukan dari si oren karena yang dari si oren sudah di cancel. Kedua bentukan paket ini mencurigan dan tidak ada deskripsi tentang apa isi paket ini meskipun kadang di si orenpun keterangan produknya sengaja di potong atau di hilangin tapi intinya saya hafal kalau paket dari si oren itu seperti apa.

Kebangetan emang masa iya pesen sparepart motor yang dateng sandal jepit, 217 ribu lumayan loh masa iya dapet sandal jepit hehe.. Kemudian saya laporan ke kantor bahwa ada lagi kasus sperti ini blabla.. terus saya bilang ke yang punya paket "A ini saya coba bantu tapi saya gak jamin berhasil tapi mudah mudahan kata saya, nanti saya info kalau berhasil" iya A sok aja itumah siapa tahu masih rezekinya"

Temen temen pada kepo gak kok bisa mereka tahu data data kita mulai dari nama, no tlp, dan alamat. Di awal kan ordernya lewat si oren tapi kok inimah aneh paket yang dateng nama marketplace nya kayak asing gitu? Nanti saya kasih paham di bawah.


4 Tips untuk mengcounter modus penipuan baru pada saat belanja online

Untuk kasus yang pertama ada beberapa hal mendasar yang perlu temen temen ketahui diantaranya: 

1. Jika sudah terlanjur pesen lewat fb atau ig, setelah paket sampai pastikan resi yang tertera di paket sama dengan resi yang di kasih seler kepada kita. Jika berbeda tolak paket secara baik baik kepada kurir.

2. Make sure nomor pengirim yang tertera di paket sama dengan nomor kontak admin si pengirim di WA kita, sekali lagi pastikan semuanya baik itu nomor resi maupun nomor kontak si pengirim.

3. Jika di rasa paket agak mencurigakan lebih baik di tolak baik baik jangan di teruskan, dengan catatan paket jangan di apa apain cukup bilang ke kurir paketnya di cancel aja.

4. Bagi pemula usahakan jangan belanja online melalui instagram maupun facebook. Emang kenapa? Temen temen pernah denger istilah Fb ads atau Ig ads? sini ta kasih tahu hehe.. Karena disinilah mereka dapat data data konsumen.

Fyi: jadi gini temen temen sekedar berbagi pengetahuan sisi lain sosial media yang mungin diantara temen temen belum ada yang tahu.

Facebook dan instagram itu basicnya adalah sosial media bukan marketplace tempat orang belanja. Bagi orang awam facebook dan instagram hanya sebatas tempat orang seru seruan, berbagi moment bahagia dan sebagainya, bagi para advertiser fb dan ig ini mereka gunakan sebagai tools untuk mencari traffik.

Facebook dan instagram di gunakan oleh para seler hanya untuk mencari traffik, kenapa harus Fb dan Ig? data terakhir bulan april 2023 mencatat bahwa ada 2,25 miliar orang di dunia yang menggunakan fb dan di indonesia sendiri ada lebih dari 135 jt pengguna facebook. Sedangkan instagram secara global ada 1,6 miliar pengguna dan di indonesia sendiri ada lebih dari 103 juta pengguna menjadikan indonesia pengguna ke 4 terbanyak di dunia. Waaah bisa temen temen bayangkan betapa sangat power fullnya kedua sosial media ini jika di gunakan sebagai tools untuk mempromosikan sesuatu.

Para seler atau disini kita sebut saja mereka dvertiser, para advertiser ini menggunakan facebook sebagai wadah dimana mereka bisa mempromosikan barang atau jasa yang mereka tawarkan. Kenapa harus fb yang di jadikan tempat untuk berpromosi selain karena penggunanya yang sangat banyak  dengan fb ads atau ig ads kita bisa menarget audience yang punya interest tinggi terhadap produk yang kita tawarkan.

Fb ads bisa menarget audience berdasarkan habbit, letak geogrfis, demogrfi, gender dan masih banyak indikator lainnya. Semakin spesifik penargetan maka semakin besar pula peluang terjadinya transaksi. Intinya adalah traffik sama dengan cuan semakin banyak traffik semakin banyak cuan, bagi anak anak imers fb ads adalah tempat paling asyiik untuk mencari traffik dan jadi anak kesayangannya para imers hehe..

Perlu di garis bawahi bahwa facebook hanyalah tempat untuk mencari traffik ya gais beda halnya dengan marketplace pada umumnya, yang mana kita mencari produk, cekout, sampai dengan tracking ada di satu aplikasi yang sama. Facebook lebih fokus pada pencarian traffik selebihnya akan di direct via WA atau Messenger.

Coba deh tanya sama mereka yang pernah belanja online melalui fb atau ig apa iya mereka melakukan semua transaksi itu di satu aplikasi tertentu kalau gak fb atau ig itu sendiri? gak bakalan, dan kebanyakan dari mereka di alihin ke WA.

(Disclaimer lagi nih : disini saya tidak mengeneralisir bahwa semua seler itu gak bener yah tapi ada "okun seler nakal" yang emang niat mereka udah gak bener dari awal, ada banyak kok seler yang baik dan amanah sehingga usaha mereka juga lancar)

Naah disinilah para okun seler nakal bermain. Setelah mereka di alihkan ke WA terjadilah komunikasi sampai pada kesepakatan yang mereka buat terhadap produk yang konsumen akan beli setelah itu  mereka akan dimintai data diri seperti nama, alamat dan no telepon. Sampai sini konsumen tidak tahu apa apa dan nanti tiba tiba paketnya dateng aja.

Inilah yang menjadi kelemahan apabila temen temen belanja di facebook atau instagram, semisal terjadi ketidak sesuaian pesanan atau bahkan penipuan mau kemana ngadunya mau kemana komplainnya? orang belanja via chat chatan doang kok, paling banter chat selernya langsung ya silakan kalau di tanggapi. Mereka yang dari awal emang niatnya gak bener chat gak bakalan di tanggepin atau bahkan di blok, ini bener kejadian pas saya suruh salah satu konsumen untuk chat selernya langsung dan katanya gak di tanggepi malah Wa nya di blok hadeuuuh.

Beda halnya apabila kita belanja di marketplace resmi yang sudah familiar di masyarakat seperti toko oren atau toko ijo misalnya, kalau ada ketidak sesuaian dengan deskripsi atau ada faktor human error lainnya seperti pihak seler salah ngasih size atau warna misalnya itu semua bisa kita komplain atau dilakukan pengembalian melalui satu aplikasi yang sama. Fungsi si marketplace disini adalah sebagai penengah antara penjual dan pembeli apabila ada keluhan pembeli ke penjual maka akan di sampaikan melalui marketplace tersebut, jadi intinya belanja di marketplace ini lebih terjamin dan lebih save.

Sebagai gambaran saja, saat konsumen belanja di marketplace uang yang konsumen belanjakan masih tertahan oleh pihak marketplace dan belum masuk ke pihak seler sebelum si pembeli melakukan penerimaan pesanan di aplikasi. Tahu kan temen temen kalau kita udah nerima paket di aplikasi pasti ada notif TERIMA PESANAN atau something like that lah, pada saat itu di klik barulah dana masuk ke seler. Gimana temen temen sapai sini udah paham kan. Ok kita lanjut.

Singkatnya untuk kasus pertama ini adalah, si seler beriklan di facebook atau intagram setelah mendapatkan traffik ==>> direct ke WA ==>> deal antara seler dan konsumen kemudian dimintai data diri seperti nama, alamt dan no tlp ==>> si seler kemudian membuat pesanan atas nama konsumen yang tadi di mintai data dirinya ==>> kemudian si seler order di tokonya sendiri, dia sendiri pula yang order ==>> paket di kirim kurir ke rumah konsumen, dan disinilah terjadi cekcok antara kurir dan konsumen hahaha darderdor pokonamah. 

Dua modus baru penipuan belanja online, awas jangan sampai anda jadi korbannya!
Iklan lagi nih gais, di atas ini contoh unit iklan berbentuk banner yang ada di facebook sebetulnya ada beberapa jenis iklan, ada yang berbentuk video singkat, banner, dan slide. Para advertiser biasanya pake semua jenis unit iklan itu sampai mereka dapat best campaign nya mereka. Sederhananya gini jika ada banner, video, ataupun slide seperti diatas dengan bertuliskan BERSPONSOR di bagian atas sudah di pastikan itu adalah konten iklan yang mana kita menjadi target audience nya mereka. Lah kok bisa kita jadi target mereka? Seperti yang sudah saya singgung diatas ada banyak indikator kenapa kita bisa jadi target iklan mereka. Kebetulan disini saya sebagai usernya niagahoster dan masih aktif sampai sekarang dan sering keluar masuk member areanya dia di satu perangkat yang sama maka jadilah saya target audience nya mereka, laah kok bisa? sini ta kasih tahu hehe..

Kalian kepo gak, kok bisa yah mereka narget orang orang yang punya habbit pas banget sama produk yang mereka tawarkan. Temen temen pernah gak ngalamin kayak gini, iseng buka buka toko oren atau toko ijo lah misalnya lihat lihat barang yang lagi promo udah tuh keluar aplikasi dan kemudian buka facebook ehh malah di beranda nongol tuh barang yang kita lihat tadi di marketplace hehe.. itulah dia hebatnya facebok. 

Mereka punya fitur tersembunyi yaitu pelacakan aktivitas, jadi semua aktivitas yang kita lakukan di hanphone kita ini secara tidak sadar mereka rekam guna kepentingan iklan supaya lebih tepat sasaran kepada penggunanya. Tapi jangan khawatir fitur itu bisa temen temen nonaktifkan supaya tidak mengganggu (temen temen bisa googling sendiri banyak kok tutornya di mbah gugel maupun yutup asal jangan males baca aja yah hehe..)

Tips Supaya Belanja Online Gak Kena Tipu
(contoh unit iklan di instagram)

Itulah kurang lebih urutan jika temen temen belanja lewat facebook atau instagram, susah buat komplain karena emang tidak ada penengah antara penjual dan pembeli seperti marketplace pada umumnya sehingga rentan penipuan. Kalian mau komplain kemana kan gatau itu si seler ordernya via platform apa?

Oiya, temen temen harus tahu bahwa ada aplikasi platform selain daripada marketplace yang kita tahu selama ini seperti tokopedia, shoope, bukalapak, lazada dll. Ada banyak platform yang sering di gunakan oleh para seler, umumnya mereka manfaatkan platform ini hanya untuk fitur COD nya saja, memang platform ini kurang begitu ramah di telinga orang awam diantaranya ada, orderonline, clodeo, berdu, mengantar, sirclo dan masih banyak lainnya.


3 Hal yang sering di tanyakan orang orang tentang belanja online di fb atau instagram

A : Gimana kalau udah terlanjur pesen paket lewat facebook atau instagram?

Q : Yaa gak apa apa, tapi kalau sekiranya ragu dengan isi paket lebih baik bilang aja ke kurir minta paket di cancel. Saya rasa kurir juga bakalan paham, jangan sampai kejadian paket di buku dulu cocok bayar gak cocok gak di bayar itumah cari perkara namanya.

A : Tipsnya dong biar gak kena tipu saat belanja di faceook?

Q : Biar cari aman Gak usah belanja di Fb!! masih banyak marketplace lain yang lebih save buat belanja.

A : Gimana kalau saya kekeuh pengen belanja di fb atau ig?

Q : Bisa minta rekber via marketplace mau di si oren apa si ijo bebas biar lebih save. Kalau si selernya setuju dia bakalan bikin satu link khusus produk yang kalian mau di marketplace yang sudah di sepakati jadi belanja lebih aman. (gatau rekber googling deh coba jangan males baca yah biar pala ada isinya dikit hehe)

Sampai sini paham yah temen temen, kenapa saya berani ngomong gini karena jauh sebelum jadi kang paket saya pernah belajar mendalami dunia marketplace dan advertising khususnya fb ads, saya ada ikut beberapa e-course yang berkaitan dengan marketplace dan fb ads. Kenapa harus ikut e-course kan belajar otodidak di youtube bisa? iya bisa cuma saya pada saat itu ada satu pertanyaan teknis yang saya gak nemu jawabannya, jawabannya cuma bisa saya temukan di e-course itu karena memang itu ilmu intinya dan itu tidak ada tutornya di youtube atau manapun. Tidak cuma teori yang saya pelajari saat itu praktek juga iya sampai saya ngerasain pecah telor untuk pertama kali rasanya seneng banget haha.. (katro deh :)

Karena satu dan lain hal akhirnya tidak saya lanjut yaa intinya gak kuat modalnya hehe.. duitnya abis pake biaya e-course sama modal iklan pertama belum lagi printilannya kayak beli domain, web hosting buat ngehost landing page nya (kebanyakan mereka pake jasa orang lain untuk buatin landing page nya, alhamdulillah saya waktu itu bikin sendiri)  belum lagi kita testing berkali kali sampai nemu campaign yang pas buat produk kita, mantep deh pokoknya hehe.. uang habispun puas kalo untuk investasi leher keatas mah :)

Kalian jangan ngira saya juga sama seperti mereka jadi "oknum seler nakal" di facebook saya cuma fokus buat nyari traffik selebihnya saya direct ke toko oren saya dan transaksi seperti biasa jadi save karena ada si oren yang jadi penengah.


2. Tips untuk kasus kedua ini cukup temen temen tolak paket tersebut baik baik ke kurir, bilang saja paket sudah di cancel di marketplace tapi tetap di kirim kurir pun pasti mengerti karena sering kejadian seperti itu. Kasus pertama dan kedua ini hampir sama sebenernya hanya saja di kasus yang kedua ini dia dari marketplace di alihkan ke platform lain ya intinya sama saja sama sama niat gak bener.

Suka duka jadi kang paket

Cukup sudah sampai disini ya gais perjumpaan kita untuk sesi ini semoga ada manfaatnya, sudah mulai terasa panas cangkeng ini sedari tadi sila di depan layar kaca hehe, mohon di maklum apabila ada kata kata yang kurang berkenan atau ada pihak yang merasa tersinggung dengan perkataan saya. Niat saya disini pure untuk berbagi pengalaman karena sharing is caring hehe.. wassalam.

Post a Comment for "Sharing is caring - Bagi pemula jangan deh belanja di FB atau IG"