Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Struktur karyawan indomaret

Mengenal lebih jauh struktur karyawan indomaret, indomaret adalah perusahaan ritel raksasa tanah air yang mana gerainya sudah tersebar di berbagai daerah di indonesia dan menjadikan indomaret pioner waralaba modern di indonesia.

Ada banyak sekali karyawan di setiap divisnya dan memiliki struktur tersendiri. Kali ini kita akan membahas tentang struktur karyawan indomaret bagian toko, singkatnya struktur karyawan toko mulai dari paling atas sampai dengan jabatan paling bawah.

5 Struktur karyawan indomaret


Kita coba urutkan dari jabatan paling atas sampai bawah struktur karyawan indomaret toko :

1. Kepala toko, kepala toko berada di posisi paling atas di struktur kepemimpinan toko. Dia bertanggung jawab atas semua sesuatu yang ada di toko.

2. Wakil kepala toko, seorang kepala toko juga tentunya memiliki wakil yang mana wakil ini ada di posisi kedua pada struktur karyawan toko yang juga punya peran penting di dalam organisasi toko.

3. Merchandiser, merchandiser atau sering kita sebut MD ini berada di posisi ketiga pada struktur karyawan toko. Mempunyai tugas membantu menjalankan dan juga ikut bertanggung jawab atas administrasi toko bersama kepala dan wakil.

4. Kasir, kasir ini memiliki peran sangat penting di toko yang mana tugasnya melayani pelayan saat bertransaksi berada di urutan ke empat pada struktur karyawan indomaret toko.

5. Pramuniaga, berada di urutan paling bontot pada struktur karyawan toko, tapi jangan ragukan kebermanfaatan seorang pramuniaga karena 50 persen keberlangsungan toko berada di pundak seorang pramuniaga karena saya mengalaminya dulu hehehe.

itulah kurang lebih gambaran singkat 5 struktur karyawan indomaret. 

Di bawah ini saya akan menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin juga temen temen ingin mengetahui jawabannya, semisal Q & A gitu lah hehehe.

Posisi apa saja yang ada di Indomaret?

Ada banyak sekali posisi di indomaret terlalu banyak jika harus saya sebutkan satu persatu disini, jangan khawatir temen temen saya sudah buatkan satu artikel khusus membahas tentang jenjang karir kartawan indomaret di situ saya membahas posisi dari atas sampai dengan bawah.

Berapa banyak karyawan Indomaret?

Secara keseluruhan ada banyak sekali karyawan indomaret ini bisa sampai dengan ratusan ribu karyawan jika di total secara keseluruhan, tapi konteks kita disini adalah karyawan toko. 

Untuk karyawan toko reguler yang hanya dua shift saja setidaknya harus ada 6 orang karyawan supaya operasional toko berjalan optimal, 3 pemegang shift 1 kasir 2 pramuniaga. Untuk kasir atau pramuniaga itu opsional yah, bisa kasirnya dua pramuniaganya satu atau kasir satu pramuniaga dua bisa di sesuaikan dengan kebutuhan toko.

Jadi gambaran teknisnya seperti ini : pemegang shift itu wajib 3 yah terdairi dari kepala toko, wakil dan merchandiser. Mau itu pemegang shifnya dua cewek satu cowok atau satu cowok dua cewek terserah di sesuaikan saja.

Jadi nanti kepala toko membuat jadwal shift yang mana di setiap shiftnya wajib harus ada pemegang shift 1 sudah pasti dan harus ada kasir dan pramu, jadi se enggaknya kalau full team satu shift itu masing masing masuk 3 orang. Karena setiap karyawan wajib libur satu minggu sekali maka jadwalnya harus di sesuaikan oleh kepala toko yang lebih tahu kondisi tokonya seperti apa.

Setiap satu minggu sekali semua karyawan akan libur secara bergantian dan kalau bisa tidak boleh ada yang libur bareng. Jadi dalam satu minggu itu ada 1 hari full team dan 6 hari masuk berlima di karenakan libur, nah untuk yang 6 hari ini jadwalnya di sesuaikan kalau misalkan jam ramainya toko dari siang ke malam berarti shift siangnya masuk 3 orang dan paginya 2 orang dan atau sebaliknya.

Jam ramainya setiap toko itu berbeda  beda terganung wilayahnya, misal toko area perkantoran biasanya ramai di pagi ke siang jadi yang pagi masuk 3 orang dan siangnya 2 orang, untuk area pemukiman biasanya jam ramai toko sore ke malam jadi yang masuk siang ke malem 3 orang dan pagi cukup 2 orang.

Perlu di ketahui bahwa indomaret memiliki jenis jenis toko indomaret dan setiap jenis toko memiliki kebutuhan karyawan berbeda di karenakan banyak faktor.

Strategi apa yang diterapkan oleh Indomaret?

Saya pribadi juga tidak tahu strategi apa yang di terapkan perusahaan, tapi saya sendiri berpatok pada satu hal yaitu harus tercapainya target sales harian sudah cukup bagi saya mau dengan strategi apapun itu. Yang pasti kami yang di toko harus lebih giat lagi melakukan penawaran kepada konsumen terlebih itu adalah produk yang sedang promosi untuk mendongkrak sales.

Berapa gaji kerja di Indomaret?

Indomaret itu perusahaan bonafit yang saya akui sangat fair dengan hak hak karyawannya, dan perihal gaji indomaret selalu mengikuti aturan pemerintah yang mana gaji setiap karyawan bergantung pada besaran gaji UMR daerah masing masing.

Setiap gaji karyawan memiliki besaran gaji berbeda sesuai dengan struktur karyawan indomaret masing masing, karena setiap jabatan akan beda gaji yang di dapat.

Logo Indomaret itu hewan apa?

Logo indomaret itu adalah semut berwarna kuning SIDOMAR namanya, sidomar ini sering ada apabila ada opening toko baru. Saya sendiri dulu pernah nyoba pake kostum sidomar itu waktu opening toko baru saya, dan ternyata di luar dugaan, kostumnya guede banget terasa sangat panas saat mengenakannya saking panasnya di bagian kepalanya itu ada kipasnya yang sengaja di desain untuk mendinginkan penggunanya.

Siapa target pasar Indomaret?

Indomaret menyasar target semua kalangan mulai dari kalangan bawah, menengah, dan atas anak anak, remaja, dewasa dan orang tua. Akan panjang jika saya tuliskan disini tapi sebelumnya saya sudah tuliskan satu artikel yang membahas tentang jenis jenis toko indomaret dan target pasarnya.

Apa tugas Crew Store di Indomaret?

Ada banyak sekali tugas crew store ini, setiap jabatan memiliki tugas pokok masing masing dan mereka harus bertanggung jawab atas tugasnya itu.

Kepala toko, singkatnya kepala toko ini bertanggung jawab atas semua operasional toko di bantu oleh asistennya. Md membatu berjalannya administrasi serta operasional toko, kasir fokus pada pelayanan transaksi dan pramuniaga bertanggung jawab atas ketersedian barang di rak display dan masih banyak lagi.

untuk lebih jelasnya sudah saya buatkan satu artikel khusus tentang tugas dan tanggung jawab karyawan indomaret berdasarkan jabatan.

Kesimpulannya, struktur karyawan di Indomaret memiliki struktur karyawan yang terorganisir dengan beberapa tingkatan dan peran yang berbeda, seluruh struktur karyawan ini berfungsi untuk menjaga operasional yang efisien, pelayanan yang baik kepada pelanggan, dan pencapaian target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.


https://www.kanglana.com/2023/10/10-cara-meningkatkan-omset-minimarket.html

Post a Comment for "5 Struktur karyawan indomaret"