Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Indomaret Point

Indomaret point, pasti banyak dari kalian yang kurang familiar dengan indomaret yang satu ini apalagi temen temen yang tinggal di daerah sudah pasti tidak akan tahu apa itu indomaret point.

Baiklah saya akan berbagi pengalaman saya seputar dunia perindomaretan, menjelaskan beberapa tingkatan indomaret dan perbedaannya tapi kali ini saya akan lebih berfokus kepada yang point.

Indomaret memiliki sejarah panjang untuk bisa menjadi seperti saat ini, yang mana sudah memiliki lebih dari 20.000 gerai diseluruh indonesia. Yang dulunya hanya toko kecil di sebuah daerah dan kita lihat sekarang, indomaret menjadi pioner bisnis waralaba ritel modern.

Ok, kembali ke pembahasan pokok. Indomaret bisa dikatakan memiliki beberapa tingkatan yang mungkin sebagaian orang tidak mengetahuinya.

indomaret point bisa juga di katakan indomaret dengan kedudukan kasta tertinggi di dunia perindomaretan.

Berikut 5 tingkatan toko indomaret mulai dari yang reguler sampai dengan indomaret point :

1. Indomaret reguler

indomaret seperti yang sering kita jumpai ada dimana mana, dipasar, di rest area, di  area perumahan bahkan sampai di perkampungan. Indomaret tipe seperti ini menjual barang biasa seperti pada umumnya dan berada di tingkatan paling bawah, berbanding terbalik dengan indomaret point yang berada di posisi paling atas.

2. Indomaret hybrid

Apa itu Toko hybrid Indomaret?

Indomaret tipe ini adalah gabungan antara indomaret reguler dengan indomaret plus jadilah indomaret hybrid. Toko ini menjual barang layaknya toko reguler namun disatu sisi dia juga menjual item yang di jual di toko plus tidak semua item namun ada beberapa seperti, RTE (ready to eat) atau makanan siap saji semacam nasi bento gitu lah. RTD (ready to drink) yaitu minuman siap saji tidak semua tapi ada beberapa seperti, mesin kopi otomatis aneka rasa dan slush ice maker. Dan ada beberapa jenis buah buahan beserta buah potong yang siap santap.

3. Indomaret plus

Indomaret tipe ini berada satu tingkat dibawah indomaret point, indomaret plus menjaual lebih banyak aneka buah buahan, RTE, RTD, dan jajanan kekinian lainnya. Indomaret tipe ini lebih menyasar kalangan menengan atas sebagai target pasarnya, biasanya berlokasi di sekitaran perumahan elit dan kampus kampus.

Apa yang membedakan toko Indomaret hybrid dengan toko Indomaret Plus? 

Ada beberapa pembeda diantara kedua toko ini, yang pertama toko hybrid layaknya toko reguler biasa hanya saja ada tambahan sedikit seperti adanya makanan serta minuman siap saji meskipun tidak sebanyak toko plus. Sedangkan toko plus menjual lebih banyak jenis makanan dan minuman siap saji, serta adanya aneka buah segar serta sayuran aneka ragam, jadi toko plus menjaual lebih banyak item yang tidak ada di toko hybrid.

https://www.kanglana.com/2023/10/10-cara-meningkatkan-omset-minimarket.html

Kedua dari segi lokasi, indomaret hybrid maupun plus bisa di katakan keduanya menyasar ekonomi kalangan menengah ke atas dan sering kita temukan dua jenis indomaret ini berada di kawasan seperti, kampus, perumahan, atau cluster. Dan dari ukuran toko, indomaret plus memiliki ukuran lebih besar di karenakan memang ada banyak item yang membutuhkan space lebih seperti lebih banyaknya freezer dan chiller.

4. Indomaret fresh

Indomaret fresh adalah toko khusus yang menjual aneka sayuran segar serta buah-buahan berualitas tinggi. Toko ini tidak menjual barang dry seperti toko yang lainnya, dia lebih fokus kepada produk produk fresh, cocok buat yang suka makan buah atau sayuran segar dan berkualitas.

5. Indomaret point

Ini dia the one and only kasta tertinggi di dunia perindomaretan hehe.. pembahasan kita akan lebih panjang disini temen temen. Jadi indomaret point itu sangat berbeda jauh dengan indomaret pada umumnya, saya akan memberikan beberapa perbedaan tersebut di bawah serinci rincinya.

Harga

Dari segi harga indomaret point jelas lebih mahal dibanding dengan indomaret lainnya, jadi temen temen jangan kaget jika nanti belanja di indomaret point harganya terlihat jomplang dengan harga di indomaret reguler. Ini disebabkan beberapa hal mungkin seperti harga sewa tempat yang tinggi, produk yang dijual lebih premium dll.

Produk

Perlu diketahui bahwa, produk atau barang yang di jual di indomaret point lebih kepada makanan siap saji, aneka minuman, dan snek. di point kita tidak akan menemukan produk seperti diterjen, sabun colek, karbol dan sebagainya karena itu bukan fokus indomaret point. Jika kalian yang pernah ke indomaret point pasti banyak sekali menemukan makanan siap sajai, sangat banyak boleh dibilang mulai dari aneka kue basah, aneka nasi bento, nasi padang, fried chicken, berbagai macam donat, minuman siap saji dengan berbagai aneka jenis mesin yang tinggal pencet tuasnya minumanpun keluar dan masih banyak lagi. Oiya saya masih ingat indomaret point juga menjual es krim premiun yang satu cup nya itu lumayan mahal bagi saya pribadi, dan eskrim itu tidak di jual di toko indomaret biasa hanya ada di point.

https://www.kanglana.com/2023/07/Mengenal-mesin-mesin-yang-ada-di-indomaret-point.html

Lokasi

Indomaret point biasanya ada di lokasi tertentu seperti, bandara, stasiun, area kantor dan kampus. Kita tidak akan menemukan indomaret point di pinggir jalan seperti kebanyakan apalagi di kampung kampung, karena target mereka lebih ke kalangan elit atas lah kalau boleh di bilang. Toko point biasanya menyediakan area nongkrong indoor dan outdoor bagi pembeli yang ingin menikmati makanannya sembari wifian gratis.

Apakah Indomaret Point bisa top up?

Ya tentu saja, indomaret point bisa melakukan semua jenis transaksi virtual seperti top up contohnya. Temen temen yang ingin top up bisa langsung datang ke indomaret point dan bisa langsung tanyakan ke petugas, dengan senang hati petugas akan membantu.

FYI, Khusus untuk karyawan toko point mereka memiliki seragam berbeda dengan toko lainnya yaitu, seragam mereka ada corak batiknya dan dilengkapi dengan topi. Dan yang terbaru dari indomaret kini sudah ada yang namanya Point coffee yaitu, semacam cafe mini yang mana ada bartendernya. Point coffee berada di toko plus dan point yang menyediakan aneka minuman kekinian seperi kopi kopian dan boba gitu lah.

Demikian informasi menenai indomaret point yang saya ketahui semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Indomaret Point"