Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 RAHASIA CARA MENGHAFAL DENGAN CEPAT DAN MUDAH

Di dalam keseharian seringkali kita akan membutuhkan kemampuan membaca dan mengapa yang baik pemerintah itu untuk dapat menghadapi ujian sekolah ataupun materi presentasi di kampus serta proposal dan tidak memulai bisnis dan lain sebagainya. Kunci di dalam menghafal sendiri dengan mengulangi proses pembaca secara terus-menerus akan tetapi hal ini cukup menyita waktu dan terkadang kita tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukannya.

5 RAHASIA CARA MENGHAFAL DENGAN CEPAT DAN MUDAH

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghafal dengan cara cepat.

1. Metode tulis tangan

Cara menghafal dengan cepat yang pertama ialah dengan metode tulis tangan. Kegiatan menulis ini membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam dan hal ini juga diungkapkan peneliti bahwa mereka mencatat bahwa mahasiswa dengan metode tulis tangan ini mampu mengingat pembelajaran lebih lama dibandingkan mereka yang tidak hal ini disebabkan menulis membuat wallpaper organisasi dengan baik dan otak juga lebih mudah untuk merekam hal-hal yang telah ditulis oleh tangan.


2. Metode mind map

Mind mapping ini merupakan pemetaan pikiran yang terorganisir secara visual dari  dan konsep. Selanjutnya teknik ini awalnya juga diperkenalkan oleh Tony buzan yaitu seorang psikolog asal Inggris di mana Dengan cara menghafal dengan cepat ala main map dijamin lebih ampuh dan memahami maupun menghafal materi pembelajaran. Selain itu main map juga dianggap sebagai salah satu sistem untuk menggunakan prinsip manajemen utang untuk membuka seluruh potensi dan kapasitas otak yang masih tersembunyi. 


3. Metode jembatan keledai

Mungkin telah diterapkan oleh banyak belajar di mana mereka harus menghadapi suatu istilah asing yang sulit melihat, jembatan keledai ini menunjukkan dalam ampuh untuk membantu untuk mengingat dengan cara yang lebih menyenangkan seiring dengan perkembangannya jembatan ini juga dapat memanfaatkan gambar dan objek lain seperti tangga yang selanjutnya dikenal sebagai mnemonic visual. Salah satu contoh dari penerapan metode yang satu ini ialah dengan mengambil huruf pertama dari setiap kata dalam frasa yang di ingin dihafalkan dan kemudian bentuk unggulan huruf pertama tadi ini menjadi kata atau kalimat yang baru.


4. Buat poin penting

Tips yang selanjutnya adalah dengan membuat poin penting gimana cara menghafal dengan cepat dan mempermudah ialah dengan mencatat kata kunci atau poin-poin dari bacaan ataupun presentasi yang dirasa penting anda juga bisa mencatatnya pada secara kertas maupun pada aplikasi maps dalam smartphone ataupun tablet anda. Selain itu Anda juga bisa mencatat pada secara keras atau bacaan dan tulis dengan spidol berwarna dan membedakan warna untuk setiap kata kunci maupun poin-poin yang penting agar lebih mudah untuk dihafalkan dan disimpan di dalam memori otak.


5. Jadikan lagu

Mengapa pelajaran ini membutuhkan waktu saat berhari-hari dan sedangkan mengapa lirik lagu terbaru tidak sampai saat itu sudah hafal dan pernah mengalami hal yang serupa ternyata otak kita memang ada modal untuk mengevaluasi diri Anda bisa mencoba untuk membuat lagu dari materi pelajaran anda juga bisa mengerti lirik lagu kesukaan Anda menjadi nama-nama negara di dunia boneka ibukotanya atau Anda juga bisa membuat nada lagu sendiri di mana metode ini cocok bagi Anda yang sangat suka dengan musik Anda juga bisa memberikan yang bersama dengan teman-teman Anda saat sedang santai. 


Itu ada beberapa cara efektif agar menghafal dengan cepat yang bisa anda praktekkan. Semoga bermanfaat!!


Post a Comment for "5 RAHASIA CARA MENGHAFAL DENGAN CEPAT DAN MUDAH"