7 Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka

 Apa yang paling berkesan bagi teman teman selama bulan ramadhan?  Mungkin salah satunya yang membuat Ramadhan Anda spesial adalah beragamnya menu makanan pada saat berbuka yang membuat kita kalap saat melihatnya.

Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka di bawah ini pastinya akan membuat buka puasa kita semakin semangat, dengan rasa yang nikmat dan menggugah selera serta tampilannya yang memanjakan mata.

Di indonesia sendiri mulai dari sabang sampai merauke ada banyak sekali aneka ragam kuliner, namun kali ini saya akan menuliskan beberapa makanan khas yang hanya ada pada saat bulan ramadhan khususnya untuk menu berbuka.

Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka

1.Kurma

7 Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka


Kurma adalah buah yang sangat spesial, Allah anugerahkan buah kurma kepada kita dengan segala manfaatnya. Kurma sendiri sangat identik dengan bulan ramadhan, buah kurma akan sering kita jumpai keberadaannya saat bulan puasa tiba.

Sunnah bagi kita berbuka dengan sesuatu yang manis salah satunya yaitu dengan kurma. 

Pada saat waktu berbuka tiba yang pertama kita minum adalah air putih setelah berdo.a, kemudian di lanjut memakan 3 atau 5 butir kurma sudah cukup memngembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa. Kemudian bisa di lanjutkan makan besar sehabis shalat magrib.

2.Timun suri

7 Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka
foto by ig:i.kamalia_withgarden

Timun suri bisa kita buat es atau kita makan biasa saja juga ok. Timun suri sengaja di tanam oleh para petani pada saat menjelang bulan puasa saja, bisa di bilang bahwa timun suri ini hanya ada pada saat bulan puasa.

Cara membuat es timun suri mudah sekali, cukup sediakan timun suri yang pastinya kemudian syrop bisa sesuai selera dan es batu. Campur ketiga jenis bahan tersebut dan tambahkan air secukupnya atau bisa juga kita tambah nata decoco biar ada krenyes krenyesnya, es timun suripun jadi.

Yang kedua, timun suri bisa kita makan biasa saja dengan cara kerok timun suri kemudian taruh di sebuah mangkuk, taburi susu kental manis atau bisa kita ganti dengan syrop sesuai seleran da yang terakhir kasih es batu, jadi deh.

3.Kolak

7 Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka
foto by ig:@dapurmamaoiy

Makanan yang satu ini sudah tak asing lagi bagi kita semua, di pastikan seluruh masyarakat indonesia mengetahuinya. Kolak ini menjadi menu andalan pada saat berbuka, jadi sebelum makan besar biasanya kita menikmati kolak ini terlebih dahulu.

Kolak ada bermacam macam jenisnya, tapi yang paling populer di antara kesemuanya yaitu kolak biji salak yang di kombinasikan dengan kolang kaling plus pisang gepok emm.. di jamin rasanya mantul karena menjadi Menu Favorit Di Bulan Ramadhan.

4.Es buah

7 Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka
foto by ig:@resep_masakan_3nak

Si manis dingin penuh warna yang satu ini bisa menghilangkan dahaga apabila kita meminumnya, ya es buah tentunya.

Aneka buah segar yang di potong dengan berbagai bentuk di campur dengan susu kental manis, syrup dan es batu terlihat sangat menyegarkan. 

Es buah segar ini banyak sekali di jual di sore hari menjelang waktu berbuka puasa, atau kita bisa membuatnya sendiri di rumah  karena tidak begitu sulit membuatnya.

5.Es kelapa muda

7 Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka
fot by ig:@elizaperkasa

Seharian kita berpuasa menahan lapar dan dahaga akan hilang seketika saat kita menenggak es kelapa segar ini. 

Temen temen bisa membeli atau membuatnya sendiri, mudah kok tinggal temen temen siapin kelapa muda/degan, susu kental manis atau syrop dan es batu.

Kombinasikan ketiga item tersebut aduk merata, dan juga bisa di tambah biji selasih sebagai pelengkap. Dan hidangkan menjadi minuman pembuka saat berbuka puasa.

6.Gorengan

7 Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka
foto by ig:@kulinerpalangka

Nah beralih ke yang gurih gurih nih sekarang, gorengan bisa di bilang menu Favorit Di Bulan Ramadhan. Siapa sih yang gak suka gorengan, apa lagi gorengan yang masih panas dimakan sama cabe emm.. mantap.

Gorengan sendiri ada banyak jenisnya, ada gorengan tempe, tahu, bakwan, risol, cireng, oncom, dan masih banyak lagi.

Di daerah perkotaan biasanya gorengan plus lontong menjadi makanan pembuka makanan pembuka saat berbuka, jadi orang orang lebih memilih makan gorengan dan lontong karena lebih mudah dan simpel, karena aktifitas mereka yang padat maka mereka lebih memilih yang tidak ribet.

7.Kue jojorong

7 Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka
foto by ig:@paniislestari

Simanis legit satu ini tidak kalah nimatnya dari menu yang lain, kombinasi gula merah, tepung beras, santan dan aroma pandan menjadikan kue ini terasa sangat lezat.

Pertama kali yang akan kita rasakan saat kue jojorong ini landing di mulut adalah lelehan gula merahnya yang aduhai, membuat kita susah berhenti kalau sudah makan satu pasti bakal lagi dan lagi.

Kue jojorong ini bisa kita jadikan dissert ataupun makanan pembuka saat bulan ramadhan, bagi sebagian masyarakat banten kue jojorong ini menjadi menu wajib ada saat bulan puasa khususnya pada saat berbuka.

Itulah rekomendasi beberapa Menu Favorit Di Bulan Ramadhan, semoga puasa teman teman diberikan kelancaran full 1 bulan full aamiin 


0 Response to "7 Menu Favorit Di Bulan Ramadhan Yang Wajib Ada Saat Berbuka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel