5 Cara ampuh mencegah pencurian oleh karyawan minimarket

Pencurian di minimarket adalah hal yang sudah biasa terjadi, yang tidak biasa yaitu orang dalam atau karyawan itu sendiri yang mencuri di tempat dia bekerja. Memanglah kerja sama dalam tim itu perlu usaha dan kerja keras guna mencapai sebuah tim yang hebat, solid dan mengerti satu sama lain. Maka dari itu guna mencegah pencurian oleh karyawan minimarket, kepala toko atau seorang pejabat tertinggi dalam sebuah toko harus mempunyai inisiatif bagaimana caranya mencegah pencurian oleh karyawan minimarket itu sendiri.


5 Cara ampuh mencegah pencurian oleh karyawan minimarket

Di sini saya ingin berbagi pengalaman selama saya bekerja di retail dan bagaimana saya mencegah supaya orang dalam tidak main licik. Para pekerja retail seperti indomaret dan alfamart atau sejenisnya sudah pasti sering merasakan yang namanya NKL/NBH atau sederhananya NOMBOK.

Baca juga : Penyebab toko mines dan nombok

Kok bisa NOMBOK? "kerja apa dikerjain" pernah denger kata-kata demikian? memang benar, karyawan toko bisa nombok karena beberapa sebab. Tapi di sini saya akan fokus pada bahasan kita yaitu pencurian oleh karyawan toko/minimarket itu sendiri.

Saya yakin apabila SOP nya di jalankan dengan benar sebagaimana mestinya tidak akan terjadi kasus pencurian oleh karyawan itu sendiri, sangat memalukan!!!


5 Cara ampuh mencegah pencurian oleh karyawan minimarket

1. Cek fisik/barang bawaan

Sebelum masuk ke dalam toko karyawan wajib di cek fisik dan barang bawaan oleh personil yang bertugas di shift yang hendak berganti. Buatkan satu buku khusus untuk menulis list barang bawaan yang dibawa karyawan ke dalam toko, misalnya uang, kosmetik, parfum, makanan, minuman yang intinya semua barang yang dia bawa kedalam toko harus di tulis di buku tersebut.

Lakukan ini di setiap awal shift (pertama datang ke toko) dan berakhirnya shift (mau pulang) yakin deh kalau cara ini dilakukan terus menerus, karyawan toko yang nakal bakalan mikir dua kali kalau dia mau maling.

2. Lakukan SO (stoock opname)

Sebelum saya menulis artikel ini, terlebih dahulu saya sudah membahasnya secara lengkap apa itu SO dan apa manfaatnya. Temen-temen bisa BACA DI SINI selanjutnya kita lanjut ke cara berikutnya bagaimana mencegah pencurian oleh karyawan minimarket.

3. Barang punya karyawan harus ada struknya

Barang apapun milik karyawan yang dibawa dan ada dijual di toko wajib ada struknya, ini untuk memastikan  bahwa memang barang itu dibeli dan bukan hasil curian.

4. CCTV harus aktif

CCTV ibarat mata malaikat di dunia, maka dari itu cctv toko harus dalam keadaan baik apabila bermasalah segera lapor agar segera di follow up. Rekaman cctv bisa menjadi bukti otentik dalam sebuah perkara, pelaku pencurian tidak bisa mengelak dengan adanya rekaman video sebagai bukti karena nyata adanya.

Semua karyawan minimarket sadar akan adanya cctv maka dari itu mereka tidak bisa berbuat macam-macam, terkecuali cctv sedang bermasalah bisa jadi itu kesempatan bagi karyawan nakal untuk menjalankan aksinya.

5. Breefing

Breefing dilakukan sebelum shift dimulai di pimpin pimpinan shift, sampaikan apa saja target yang harus dicapai dan apa saja yang harus di hindari karyawan toko. Pada intinya karyawan toko harus melakukan  jobbclass nya masing-masing sesuai dengan SOP.


Saya rasa 5 cara di atas ampuh untuk mencegah pencurian oleh karyawan minimarket jika di jalankan dengan benar.

Kawan, saya mau kasih tau buat kalian semua yang bekerja di retail. Jangan sekali-kali menjadi orang culas, jangan sekali-kali berbuat nakal (maling) meskipun orang lain tidak tahu tapi malaikat tetap mencatat perbuatan kalian. Jika sudah terlanjur, berhentilah dan segera bertobat. Kalian akan malu dan terhina apabila ketahuan berbuat nakal dan akan tanggung sendiri akibatnya.





0 Response to "5 Cara ampuh mencegah pencurian oleh karyawan minimarket"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel