Berbagi Pengalaman Tips Mancing Ikan Mas Bagi Pemula

Mancing adalah hobi yang tidak banyak disukai orang, karena mancing hanya bisa di lakukan orang-orang sabar dan pantang menyerah. Memancing akan lebih asik jika kita tahu cara dan trik memancing yang benar agar waktu yang kita buang tidak sia-sia.

Antara memancing ikan tawar seperti ikan mas tentu berbeda caranya dengan memancing ikan air asin di laut, namun pada dasarnya sama saja hanya ada beberapa hal yang berbeda antara keduanya.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tips memancing ikan mas bagi pemula, ini benar-benar real pengalaman pribadi yang sudah lama saya lakukan sejak saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Memancing ikan mas itu gampang-gampang susah, kenapa demikian karena ikan mas itu pemalu maka dari itu siapapun yang hendak memancing ikan mas harus dalam keadaan tenang tidak boleh grusak grusuk.

Pada umumnya ikan mas ada yang hidup alami di alam seperti di sungai, danau dan saluran irigasi pesawahan. Mereka hidup secara alamiah tanpa ada yang mengurusnya, beda halnya dengan ikan mas yang hidup di kolam ternak itu memang sengaja di budi dayakan untuk di jual ke pasar atau di sewakan pada orang yang ingin memancingnya seperti kita ketahui bersama ada banyak kolam ikan yang bisa kita pancing dengan kita membayar dengan nilai tertentu.

Berbagi Pengalaman Tips Mancing Ikan Mas Bagi Pemula


Berbagi Pengalaman Tips Mancing Ikan Mas Bagi Pemula

Tips memancing ikan mas di sungai

Memancing ikan mas di alam liar seperti sungai ini memerlukan tehnik khusus, caranya akan saya paparkan di bawah.


Yang pertama adalah umpan, gunakan cacing tanah sebagai umpannya. Kenapa cacing ? karena cacing tidak mudah hancur saat di terjang arus sungai. Beda jika kita menggunakan pelet yang kita racik sendiri, seberapa baiknya pelet itu akan hancur di terjang arus sungai.

Kedua cari spot dimana ikan mas berkumpul, ikan mas senang berada di air keruh yang berarus deras di situlah habitat ikan mas.

Ketiga mancing di saat cuaca teduh sekitar jam 3 sore dimana sinar matahari tidak begitu terik karena ikan mas lebih aktif di saat air tidak begitu panas terkena cahaya matahari.

Ke empat gunakan tali pancing jangan yang terlalu besar begitu juga dengan kailnya, sesuaikan saja menggunakan feeling.

Kelima gunakan joran tegeg atau kita bisa membuatnya dari bambu.

Tips memancing ikan mas di kolam pemancingan

Tidak ada tehnik spesial memancing ikan mas di kolam pemancingan, sudah kita ketahui bersama bahwa memancing di kolam pemancingan dari dulu sampai sekarang sama saja. Yang membedakan yaitu seberapa jagonya kita meracik umpan/pelet agar ikan mas mau menyambar umpan kita.

Bahan-bahan untuk membuat umpan

- kroto
- pelet/pakan ikan
- kuah sarden
- santan kental
- telur asin
- air panas

Langkah-langkah pembuatannya

1. Campurkan antara pelet dan kroto kedalam satu wadah kemudian aduk sampai tercampur.

2. Masukan kuning telur asin dan hancurkan bersamaan dengan pelet dan kroto.

3. Beri sedikit kuah sarden.

4. Taburkan sedikit santan kental kemudian aduk semua bahan tersebut sampai merata, dan yang terakhir.

5. Siramkan air panas sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai membentuk seperti adonan roti.

Umpan pun sudah siap di gunakan, cara ini bisa teman-teman praktekan di rumah ikuti cara dan langkah-langkahnya sampai selesai di jamin umpan akan terus di sambar ikan mas.


Belum ada Komentar untuk "Berbagi Pengalaman Tips Mancing Ikan Mas Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel