Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 TIPS CARA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR

Tidak sedikit anak atau siswa yang mengalami stres di dalam menghadapi ujian dan bagi orang tua yang perlu dilakukan ialah menjaga kondisi fisik ataupun kondisi psikis anak agar tidak stres dikarenakan hal itu akan dapat mengganggu belajar mereka selain itu bagi orang tua disarankan untuk perkembangan belajar anak. Hal yang terpenting di dalam proses belajar ialah dengan konsentrasi belajar anak dengan anak muda menangkap materi pembelajaran jika anak merasa nyaman dan dapat berkonsentrasi dalam belajar.

6 TIPS CARA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar.

1. Menghilangkan beban dan tugas-tugas

Cara yang pertama untuk meningkatkan konsentrasi belajar ialah dengan menghilangkan beban dan tugas-tugas, jika terdapat pekerjaan rumah sebaiknya diselesaikan dulu agar tidak kepikiran secara terus-menerus yang bisa berlangsung pada saat kegiatan belajar berlangsung dan melakukan identifikasi hal-hal yang harus dilakukan dan melaksanakannya agar tidak ada beban.


2. Memikirkan manfaat belajar pada masa depan

Cara yang selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk bisa berkonsentrasi dengan baik saat belajar ialah dengan memikirkan manfaat dari belajar Ada saat ini untuk  masa depan Anda nantinya. Untuk dapat menyemangati kegiatan belajar Anda harus sedikit berandai-andai, yakni kalau anda sudah bisa nanti akan sukses dari orang pandai, penghasilan besar yang mempunyai pasangan yang cantik dan lain sebagainya demikian mereka kita akan menjadi lebih terpacu untuk meraih masa depan yang ada cita-citakan.


3. Tidak terlalu capek

Tips untuk meningkatkan konsentrasi yang bisa dilakukan yang selanjunya ialah dengan ialah dengan tidak terlalu lelah atau capek. Usahakan anda tidak mau buat catat bayar dan aktivitas rezeki yang berlebih seperti olahragawan kemarin lain sebagainya kalau Anda terlalu capek maka belajar sebentar pun ini bisa membuat anda mengantuk dan juga pulang sekolah sebaiknya Anda langsung tidur siang atau sore lalu setelah bangun langsung belajar yang serius.


4. Posisi belajar yang pas

Tips cara meningkatkan konsentrasi yang selanjutnya ialah dengan posisi belajar yang pas. Tentunya agar Anda selalu nyaman untuk belajar, posisi Andalah salah-satu hal yang penting untuk Anda perhatikan. Belajar jangan dengan posisi tubuh yang salah yaitu seperti sambil tiduran atau sambil jalan-jalan serta sambil nonton jongkok dan kegiatan lainnya belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar jika ada atau di meja kursi yang membuat Anda nyaman senyaman di meja ke sekolah atau kampus.


5. Tempat yang tenang dan nyaman

Tips meningkatkan konsentrasi belajar yang selanjutnya ialah dengan belajar di tempat yang tenang dan nyaman pada perlu menghindari lokasi yang berisik atau mudah menghilangkan konsentrasi belajar kita. Selain itu juga perlu menyindir dan ada di kamar tanpa suara apapun dan beritahu orang-orang di rumah kalau anda sedang belajar dan Mohon untuk tidak mengganggu beberapa waktu demi masa depan yang cemerlang.


6. Mencari tahu metode belajar yang tepat

Anda bisa mencari cara aktivitas tertentu yang menurut anda dapat menunjang masuknya materi pembelajaran ke dalam otak contohnya sambil mendengarkan musik atau sambil menyanyi serta sambil keliling-keliling ataupun sambil coret-coret di kertas yang menurut anda merupakan metode belajar yang tepat bagi diri anda. 


Itulah dia beberapa tips cara untuk meningkatkan konsentrasi belajar yang bisa anda ikuti. Dengan mempraktekkan cara di atas ini akan membantu Anda untuk bisa berkonsentrasi dalam proses belajar. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "6 TIPS CARA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR"