Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 TIPS DIDIK ANAK YANG BENAR SESUAI DENGAN FASE PERTUMBUHAN

Jika telah terjadi dapat niat untuk memiliki anak maka anda sebaiknya bagi anda sebagai orang tua juga harus siap untuk menjadi seorang guru yang terbaik, selama hidupnya ini tidak mudah untuk menjadi orang tua karena dibutuhkan mental yang luar biasa agar dapat menghasilkan didikan yang baik dan bagi anda para orang tua anak lahir ke dunia maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk mendidik anak yang benar sesuai dengan fase pertumbuhannya.

TIPS DIDIK ANAK YANG BENAR SESUAI DENGAN FASE PERTUMBUHAN

1. Mengajarkan cara komunikasi yang baik bagi anak

Tips menjadi anak yang benar yang pertama ialah dengan mengejarkan cara berkomunikasi yang baik seperti yang telah diketahui bahwa anak sangat cepat mencerna bahkan meniru apa yang dikatakan oleh orang lain terhadap perlu berhati-hati di dalam mengeluarkan kata-kata negatif atau ambigu padanya, karena hal ini ini bisa saja dipikirkan oleh anak dan dapat mempengaruhi mental anak, sebagian orang tua Anda juga harus hilangkan pengalaman pahit yang pernah dirasakan semasa kecil dan tidak mengulanginya terhadap anak Anda dan komunikasi adalah dengan anak anda dengan bahasa yang baik tanpa menyinggung ataupun membuat anak anda bingung.


2. Menerapkan didikan yang baik sesuai dengan fasenya

Yang selanjutnya ialah dengan menerapkan didikan yang baik sesuai dengan fasenya di mana dilansir dari berbagai sumber bahwa anak pada usia 0 sampai 12 ini merupakan fase Di mana orang tua harus menjadi orang tua seutuhnya dan mengantarkan mana yang benar dan mana yang salah, memberikan pengetahuan nilai-nilai hidup Komo moral dan juga etika pada usia tersebut pikiran anak akan sangat mudah untuk diprogram sehingga orang tua harus mendidik dan mengoreksi semua hal-hal yang si kecil lakukan dan pada usia 12 sampai 17 maka anak telah mulai memasuki usia remaja dan bukan lagi anak-anak sehingga di fase ini orang tua harus berperan penting untuk menjadi sahabat anak agar tetapi tetap mempunyai kekuasaan di dalam mengatur kehidupannya akan tetapi jangan juga terlalu ikut campur dan membiarkan anak menjaga dirinya sendiri serta belajar tanggung jawab dan anda hanya memonitoring saja.


3. Selalu memanggil dengan sebutan nama anak

Tips yang selanjutnya ialah dengan selalu memanggil dengan sebutan nama anak ini telah sering dilakukan di mana memanggil anak dengan nama sebutan nama pasalnya saat memanggil anak sebaiknya dengan menyebut nama hal ini dikarenakan hal tersebut akan membuat sang anak merasa dianggap dan dihargai oleh orang tua dan ketika menoleh dan memperhatikan Anda katakanlah dengan baik apa yang diinginkan dari suci dan setelah itu hindari untuk berteriak karena ini bukanlah cara mendidik yang baik dan bila kebiasaan ini dilakukan maka ini dapat membuat sekecil merasa kesal dan takut terhadap anda dan malah tidak ingin mendengarkan perkataan Anda.


4. Mengajarkan untuk menjadi seorang pendengar yang baik

Seringkali anak akan selalu ingin menjadi yang lebih benar dan ketimbang orang tua ataupun orang lain, bahkan ketika orang lain ingin berbicara pun akan disela olehnya dan tidak ingin pembicaranya dimenangkan oleh orang lain. Agar anak tidak seperti itu maka anda perlu untuk mengajarkan anak sejak dini untuk bisa menjadi seorang pendengar yang baik apapun masalahnya dan siapapun yang benar atau salah, ajarkanlah bahwa siapa saja berhak untuk berbicara dan didengarkan. Dan ketika anak mau mendengarkan apa yang orang lain katakan maka anak akan perlahan mengerti tentang manakah yang salah dan yang benar.


5. Memberikan apresiasi dan pujian ketika anak melakukan hal yang baik

Tips yang bisa anda lakukan untuk mendidik anak yang berikutnya ialah dengan memberikan apresiasi dengan pujian ketika anak anda melakukan hal yang baik. Ketika anak anda melakukan sesuatu yang baik maka anda perlu memberikan apresiasi dan pujian yang mana akan membuat anak Anda bangga akan hal tersebut, dan bahkan mengulangi kegiatan baik tersebut dan tidak hanya itu saja anak juga akan menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk melakukan hal yang baik lagi dikarenakan pujian ini sudah cukup untuk membuat anak senang ketimbang memberikan mereka hadiah.


Itulah dia beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mendidik anak sesuai dengan fase pertumbuhannya. Semoga bermanfaat!!


Post a Comment for "5 TIPS DIDIK ANAK YANG BENAR SESUAI DENGAN FASE PERTUMBUHAN"