Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Masalah yang Akan Timbul Akibat Mengabaikan Pergantian Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Masalah yang akan timbul akibat mengabaikan pergantian oli mesin pada sepeda motor merupakan hal paling sering dirasakan oleh para pengendara. Maka dari itu, kami akan membahasnya secara lengkap dan mudah dimengerti.

Menjadi pemilik kendaraan yang bijak, tentu memerlukan perawatan khusus, terutama pada bagian oli. Karena, semua itu akan berdampak pada kondisi mesin. Terus perhatikan kondisi mesin, apabila terjadi masalah, segera bawa ke tempat servis.

Kerusakan pada mesin memang sering terjadi dan sudah wajar. Namun, kejadian tersebut, biasanya mereka yang tidak paham dalam merawat mesin dengan baik dan benar. Kami sarankan Anda untuk membaca penjelasan ini hingga selesai.

Masalah yang akan timbul akibat mengabaikan pergantian oli mesin pada sepeda motor akan terjadi bilamana terdapat beberapa kesalahan pengendara dalam hal merawat kendaraannya.

Untuk mengetahui lebih dalamnya, silahkan simak penjelasan di bawah ini. Ada baiknya juga, jika informasi ini dibagikan pada teman-teman atau pengendara lainnya. Tujuannya supaya bisa merawat kendaraan lebih baik lagi. Berikut ulasan lengkapnya.

5 Masalah yang Akan Timbul Akibat Mengabaikan Pergantian Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Inilah Masalah yang Akan Timbul Akibat Mengabaikan Pergantian Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Seperti yang diketahui, bahwa akan terjadi masalah pada suatu mesin motor yang mana biasanya disebabkan oleh kelalaian pengguna kendaraannya. Misalnya, seperti tidak servis rutin.

Memang, itu semua memerlukan biaya. Tetapi, apabila Anda tidak ingin mengeluarkan biaya banyak, silahkan ganti oli secara rutin. Pada dasarnya, oli akan selalu berkaitan dengan kinerja suatu mesin.

Seperti sudah diketahui sebelumnya, bahwa oli berfungsi sebagai pelumas suatu komponen mesin, seperti piston. Berikut adalah beberapa kejadian atau akibat dari mengabaikan penggantian oli secara rutin.

1. Kinerja Mesin Menurun

Masalah yang akan timbul akibat mengabaikan pergantian oli mesin pada sepeda motor pada poin pertama ini memang sering terjadi pada kendaraan. Apalagi penggunanya orang tidak paham mengenai dunia otomotif.

Pastinya Anda merasakan ketika saat baru membeli motor itu terasa ringan dan lincah. Hal tersebut dapat terjadi, lantaran oli mesin baru saja dimasukan pada mesin. Maka dari itu, alasan utama mesin enak digunakan bergantung pada oli yang dipakai.

2. Mesin Cepat Panas

Masalah yang akan timbul akibat mengabaikan pergantian oli mesin pada sepeda motor berikutnya adalah mesin kendaraan sering mati secara tiba-tiba. Biasanya itu semua karena telatnya mengganti oli mesin. 

Jadi, apabila piston tidak dilumasi dengan oli, maka akan terjadi gesekan yang nantinya timbul panas.

Untuk menghindari masalah tersebut saat berkendara ke tempat jauh, seperti lintas provinsi, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu oli mesin. Sebaiknya ganti dengan yang baru.

Jangan lupa, cocokan oli dengan merek kendaraan. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan antara mesin dan oli.

3. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Masalah yang akan timbul akibat mengabaikan pergantian oli mesin pada sepeda motor selanjutnya konsumsi bahan bakar terasa lebih boros.

Ketika mesin tidak dilumasi oleh oli yang baik. Maka, kinerja mesin akan terasa lebih berat. Sehingga membutuhkan bahan bakar banyak. Sudah dipastikan itu semua menyebabkan isi dompet semakin menguras.

4. Komponen Mesin Rusak

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa oli memiliki peranan penting dalam kinerja suatu mesin. Jika mesin tidak dilumasi oleh oli, maka akan terjadi gesekan secara terus-menerus yang nantinya komponen mesin menjadi rusak. 

5. Kerugian Biaya Servis

Perlu diketahui juga, akibat dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh telatnya ganti oli akan berdampak besar pada keuangan. Apabila, kerusakannya berat, pasti harus membayar biaya servis lebih besar.

Oleh karena itu, sebaiknya periksa keadaan oli paling lambat 2 bulan sekali. Tetapi, tergantung pada penggunaan jarak. 

Dapat disimpulkan, ternyata pembahasan dunia otomotif harus selalu disampaikan pada pemilik kendaraan. Maka dari itu, kami menyediakan informasi penting mengenai masalah yang akan timbul akibat mengabaikan pergantian oli mesin pada sepeda motor.


1 comment for "5 Masalah yang Akan Timbul Akibat Mengabaikan Pergantian Oli Mesin Pada Sepeda Motor"