Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 TIPS MENDIDIK ANAK REMAJA DENGAN BAIK

Memasuki usia sekolah dan menginjak masa remaja tentu terdapat banyak perubahan yang terjadi pada anak-anak dan cara mendidiknya pun ini ikut berubah dan tidak semudah yang dibayangkan di usianya ini anak akan lebih sulit untuk ditaklukan dikarenakan pasang wajah masa peralihan dan membuat mereka akan melakukan pemberontakan, bahkan tidak jarang juga menimbulkan adanya kenakalan remaja dan untuk itu diperlukan pendidikan yang tepat agar kelak mereka akan menjadi pribadi yang hebat dan mempunyai karakter yang kuat serta positif di masa depannya dan lantas bagaimanakah cara untuk mendidik anak remaja yang bisa anda lakukan sebagai orang tua?

TIPS MENDIDIK ANAK REMAJA DENGAN BAIK


Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mendidik remaja.

1. Menjadikan diri sebagai teman anak

Permasalahan di dalam hidup anak usia remaja yang seringkali dialami ketika orang tua mulai merasa anak mereka menjadi jauh dan tidak lagi terbuka pada mereka. anak akan mulai menjauh dari orang tuanya penyebabnya inilah terjadi karena terdapat perbedaan dalam sudut pandang antara orang tua dan anak yang mempunyai rentang usia yang cukup jauh, untuk itu tips yang bisa anda lakukan ialah dengan memasuki dunia remaja Anda bisa mencoba untuk memahami apa saja yang menjadi trend di kalangan mereka serta mempelajari psikologis maka dengan begitu orang tua akan menjadi lebih mudah untuk dekat dengan anak dikarenakan telah menjadikan diri sebagai teman dan bukan orang tua. Sebab teman ialah sosok yang sangat mereka cari di masa ini untuk berpeluh kesah jadi tidak hanya sebagai orang tua akan tetapi bisa menjadi teman bagi anak sehingga akan menjadi lebih mudah untuk dekat dengan mereka tanpa terkesan menggurui.


2. Membuat kesepakatan bersama

Pada usia remaja orang tua bisa juga mendidik mereka dengan membuat kesepakatan terkait aturan apa saja yang bisa diperlakukan bagi anak dan orang tua, tidak seperti usia kanak-kanak ketika anak beranjak remaja waktunya mereka akan lebih banyak dihabiskan dengan teman-teman ketimbang bersama dengan keluarga. Itulah mengapa membuat kesepakatan penting untuk dilakukan di mana orang tua bisa membuat kesepakatan bersama dengan anak yang bisa dijadikan sebagai cara untuk mendidik remaja contohnya seperti mengatur jam malam mereka yaitu tidak boleh merokok dan juga tidak boleh meminum alkohol. Di saat anak dilibatkan di dalam kesepakatan tersebut maka mereka merasa tidak secara langsung tidak terlibat di dalam diskusi yang membuat mempunyai tanggung jawab dan mau tidak mau harus mentaatinya.


3. Membebaskan anak bersosialisasi

Semakin bertambahnya usia makanan tersebut bereksplorasi dengan lingkungan yang ada di sekitar mereka, itulah mengapa anak akan lebih senang menghabiskan waktu dengan teman sekolah ataupun bermain di luar rumah di mana hal ini wajar untuk dialami anak usia remaja jadi sebagai orang tua anda tidak boleh merasa khawatir ya justru orang tua bisa melakukan seperti membiarkan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan barunya. Meski membebaskan akan tetapi sebagai orang tua perlu untuk memastikan bahwa cara anak bersosialisasi ini sudah benar dan bisa berdampak positif dan dari sini orang tua akan banyak belajar hal baru untuk melatih dirinya di dalam mengambil keputusan yang tepat, melatih kepemimpinan dan juga membuatnya menjadi pribadi yang mandiri.


4. Menghormati privasi anak

Memasuki usia remaja, pemikiran orang tua ini perlu diubah pada anak ialah dengan tidak beranggapan sama urusan anak ialah urusan mereka juga pemikiran seperti itu memang berlaku bagi mereka, akan tetapi di masa kanak-kanak terdahulu, Di saat usianya banyak remaja maka orang tua perlu untuk memahami bahwa anak mulai mempunyai privasi yang harus dijaga dan juga dihormati.


Itulah di beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mendidik anak remaja yang bisa diterapkan, meskipun tidak mudah anda bisa dengan perlahan dan juga konsisten agar bisa mendidik anak dengan baik. Semoga bermanfaat!!


Post a Comment for "4 TIPS MENDIDIK ANAK REMAJA DENGAN BAIK"