Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat Pentingnya Pergantian Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Manfaat pentingnya pergantian oli mesin pada sepeda motor merupakan pembahasan yang harus dijelaskan pada artikel kami. Tentunya, bagi para pemilik kendaraan membutuhkan informasi tersebut.

Perlu diketahui, bahwa memiliki kendaraan ini memang harus dijaga performa mesinnya. Karena, mesin adalah aspek paling penting untuk menjalankan sebuah kendaraan. Maka dari itu, peran oli di sini sangat dibutuhkan.

Sederhananya, oli digunakan untuk memberikan pelumasan terhadap setiap komponen mesin yang mana membutuhkan pelumasan. Tugasnya ialah mencegah terjadinya Gesekan antara suku cadang, seperti piston dan dinding silinder.

Informasi mengenai manfaat pentingnya pergantian oli mesin pada sepeda motor, pastinya sangat dibutuhkan bagi para pemiliki kendaraan roda dua atau roda empat.

Simak terus penjelasan dari kami hingga selesai. Sebaiknya Anda memperhatikan apa saja yang dibutuhkan ketika ingin merawat kendaraan. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

10 Manfaat Pentingnya Pergantian Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Berikut 10 Manfaat Pentingnya Pergantian Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Oli adalah hal yang paling tidak bisa dipisahkan dalam dunia otomotif, lantaran tanpa adanya oli, tentunya akan terjadi kerusakan secara langsung. Bahkan, mesin tidak dapat berjalan dengan normal.

Manfaat pentingnya pergantian oli mesin pada sepeda motor perlu Anda ketahui sebagai rasa sayang pada kendaraan. Berikut beberapa penjelasan yang mana bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi pemilik kendaraan.

1. Suhu Mesin Terjaga

Apakah Anda pernah mogok ditengah jalan, lantaran perjalanan yang ditempuh terlalu jauh. Itu semua dapat terjadi, karena suhu mesin terlalu panas, sehingga mesin tersebut membutuhkan waktu istirahat.

Apabila oli mesin tidak diperhatikan secara khusus sebelum pergi jauh, maka suhu mesin tidak akan stabil. 

2. Komponen Mesin Awet

Seperti diketahui sebelumnya dari penjelasan manfaat pentingnya pergantian oli mesin pada sepeda motor, bahwa oli berfungsi sebagai pelumas. Dari pelumas tersebut, berbagai komponen mesin akan awet.

3. Hemat Bahan Bakar

Salah satu penyebab borosnya suatu bahan bakar pada kendaraan adalah telatnya mengganti oli. Maka dari itu, dari sekarang sebaiknya Anda selalu memperhatikan oli.

4. Performa Mesin Terjaga

Sesuai dengan fungsinya, oli merupakan sebagai bahan pelumas komponen mesin. Sehingga akan selalu terjaga ketika mesin bekerja, lantaran terdapat pelumas yang mana berguna untuk melancarkan piston bergerak.

5. Terhindar dari Kerusakan Mesin

Manfaat pentingnya pergantian oli mesin pada sepeda motor selanjutnya bisa terhindar dari kerusakan mesin. Apabila suatu mesin tidak dilumasi dengan oli, maka, akan terjadi gesekan antara beberapa komponen, seperti piston. 

6. Biaya Perawatan Ringan

Perlu diketahui, bahwa mengganti oli ini hanya mengeluarkan biaya ringan, sekitar 20 ribu hingga 60 ribu saja.

7. Mesin Bersih

Bersihnya suatu mesin akan sangat berpengaruh pada performa mesin kendaraan. Biasanya akan terasa lebih ringan ketika di gas.

8. Umur Mesin Menjadi Panjang

Maksud dari umur mesin menjadi panjang adalah jarang mengalami kerusakan pada mesin yang nantinya berujung pada pengeluaran biaya service.

9. Tarikan Gas Lebih Ringan

Tarikan gas terasa ringan disebabkan oleh beberapa aspek. Salah satunya yaitu penggantian oli secara rutin. Maka dari itu, jika tidak ingin mesin mengalami kerusakan hingga tarikan gas menjadi lebih berat, biasakan untuk mengganti oli secara tepat waktu.

10. Menghindari dari Polusi Udara

Manfaat pentingnya pergantian oli mesin pada sepeda motor yang terakhir adalah menghindari dari polusi udara. Pastinya Anda mengetahui, bahwa suatu mesin rusak akan menimbulkan banyak asap.

Biasanya kejadian tersebut disebabkan oleh kotornya suatu oli yang masuk pada komponen mesin. Sehingga akan menyebabkan banyak asap putih hingga asap hitam.

Jangan sampai Anda telat mengganti oli yang nantinya akan menyebabkan efek negatif. Maka dari itu, kami membahas mengenai manfaat pentingnya pergantian oli mesin pada sepeda motor.

Post a Comment for "10 Manfaat Pentingnya Pergantian Oli Mesin Pada Sepeda Motor"