Mengenal Sejarah Lengkap dan Asal Usul Apa Itu Ngabuburit

Selama bulan Ramadhan, kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata Ngabuburit.  Kata itu sangat identik dengan bulan puasa.  Namun, tahukah Anda apa itu ngabuburit?  Apa artinya?  Dan dari mana asalnya? Jika belum, mari kita cari tahu apa yang dimaksud dengan Ngabuburit berdasarkan Sejarah Lengkap dan Asal Usul Apa Itu Ngabuburit.

Mengenal Sejarah Lengkap dan Asal Usul Apa Itu Ngabuburit
foto by ig:@otexbontot


Ngabuburit merupakan tradisi yang selalu dilakukan selama bulan Ramadhan untuk menunggu waktu berbuka. Ngabuburit biasanya diisi dengan kegiatan seperti berburu takjil, tadarus alquran atau sekedar kumpul dengan keluarga, kerabat atau teman sebelum berbuka puasa.  Kegiatan ini sering disebut dengan istilah Ngabuburit.

Ngomong-ngomong sebenarnya kalian itu tahu gak sih Ngabuburit itu artinya apa?  Dari mana asalnya?  kenapa orang-orang menyebutnya Ngabuburit? pasti ada alasan dan sejarahnya kenapa bisa disebut demikian.

Ingin tahu lebih banyak apa itu ngabuburit ? ayo kita coba untuk Mengenal Sejarah Lengkap dan Asal Usul Apa Itu Ngabuburit berdasarkan Sejarah dan Asal Usulnya.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, ngabuburit hanyalah sebuah tindakan menunggu waktu berbuka puasa.  Kegiatan ini sangat digemari banyak kalangan, terutama anak muda yang ingin mengisi waktu dengan berbagai kegiatan agar tidak menunggu terlalu lama hingga tiba waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan. 

Sejarah dan asal usul Ngabuburit

Penggunaan kata “Ngabuburit” berasal dari bahasa Sunda.  Berdasarkan arti kata "ngabuburit" adalah "ngadagoan burit" atau dalam bahasa indonesia menunggu sore/magrib. 

Jadi jika kalimat tersebut diartikan berarti istirahat sambil menunggu sore atau magrib.  Padahal aktivitas ini dilakukan pada siang hari untuk menunggu waktu berbuka puasa.  Sejak saat itu, istilah Ngabuburit menjadi populer sebagai istilah yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas menunggu waktu berbuka.

Ngabuburit di Indonesia

Di Indonesia, Ngabuburit sering dilakukan dengan berbagai kegiatan menarik dan ngangenin.  Menjelang sore sehanis ashar selama bulan Ramadhan anak-anak, remaja, orang tua dan sebagainya rutin melakukan Ngabuburit. Misalnya berburu aneka takjil di pasar, tadarus alquran, mengunjungi berbagai destinasi wisata religi dan melakukan hal positif lainnya. 

Tidak hanya itu, tradisi Ngabuburit di Indonesia juga semakin beraneka ragam kegiatannya. ada di antaranya yang menonton konser, bertemu dengan teman atau keluarga di tempat wisata, mengobrol, jalan-jalan di taman, datang ke pasar hanya sekedar untuk berburu kuliner atau melakukan aktivitas seru lainnya.

Di Indonesia, sudah ramai tempat favorit untuk orang-orang Ngabuburit.  Misalnya, jika Anda ke Jakarta, Anda bisa ke monas, kota tua, pasar tanah abang, atau bisa saja berburu kuliner di setiap sudut kota jakarta karena di sana banyak sekali pedagang dadakan menjelang waktu berbuka puasa.

Demikian informasi yang semoga saja bisa membantu anda untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Ngabuburit beserta sejarah dan asal usulnya yang perlu anda ketahui. Ngabuburit bukan sekadar tren, melainkan tradisi yang erat kaitannya dengan bulan Ramadhan, semoga tradisi ngabuburit akan tetap ada sampai kapanpun itu.

Sekarang mari kita pahami apa itu Ngabuburit yang sering dikatakan orang-orang pada saat bulan puasa.  Jadi kita tidak hanya ikut ikutan orang Ngabuburit, tetapi kita juga mesti paham atau sudah mengerti arti dari Ngabuburit.  Istilah ngabuburit berasal dan tetap sama sampai sekarang.


0 Response to "Mengenal Sejarah Lengkap dan Asal Usul Apa Itu Ngabuburit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel