Wisata pantai caringin jadi tempat nyorenya warga labuan pandeglang

Pantai caringin adalah objek wisata favoritnya warga kecamatan labuan, pandeglang dan sekitarnya. meskipun pantai caringin tak seindah tanjung lesung dan carita namun pantai caringin selalu ramai pengunjung terutama diakhir pekan. Pantai caringin hanyalah pantai biasa yang tak terurus, bukan seperti tanjung lesung dan carita yang memenag pantai tersebut dikelola sehingga benar-benar menjadi obejek wisata.

Kalau boleh saya bilang pantai caringin itu objek wisatanya ala-ala orang labuan yang murah meriah. Bagaimana tidak, untuk masuk ke pantai dihari biasa cukup bayar 2rb rupiah(kadang ga bayar soalnya gada yang jaga) dan weekand paling 5rb sudah bisa main dipantai sepuasnya. Kenapa bisa murah ? karena yang mengelola bukan pemerintah melainkan warga sekitar yang melakukannya secara sukarela.

potret pantai caringin terbaru dimana sekarang bibir pantai di dam
potret pantai caringin terbaru dimana sekarang bibir pantai di dam


Tidak ada yang spesial di objek wisata pantai caringin ini, tidak ada banana boat, tidak ada jetsky, tidak ada rumah makan, lantas apa yang menjadikan pantai caringin di sebut sebagai objek wisata ? Entah lah, mungkin itu hanyalah sebutan orang labuan bahwa pantai caringin tempat mereka biasa  berwisata.

Alamat lengkap pantai caringin adalah : kp.caringin desa.caringin kec.labuan kab.pandeglang Banten.
Titik lokasi berdasarkan google maps klik disini

Tapi ada beberapa point penting yang menjadikan pantai caringin dikecamatan labuan pandeglang ini menjadi spesial, berikut 2 point penting yang menjadikan wisata pantai caringin ini ramai pengunjung.

1. Gorengan

Loh.. kok gorengan, kenapa emang ? ini menjadi salah satu fakta unik tentang pantai caringin, karena sejak dulu sampai sekaang disepanjang pantai caringin ada banyak sekali warung yang menjual aneka gorengan, maka dari itu pantai caringin disebut juga pantai gorengan.

Gorengan panas serta kopi menjadi menu andalan orang-orang sembari menikmati tenggelamnya matahari keperaduan membuat hari-hari orang labuan menjadi lebih indah hehe...

Puncak ramainya pantai caringin ini yaitu diakhir pekan terutama hari minggu, disaat orang labuan yang bekerja dikota pulang dan sudah pasti menyempatkan diri untuk berwisata ke pantai caringin walau hanya sekedar ngopi. Patai caringin bukan hanya menjadi tempat nyorenya orang labuan, melainkan di minggu pagi juga banyak orang datang dari berbagai kampung sengaja datang ke pantai caringin untuk menikmati ombak dan segarnya udara pagi ditepi pantai.

Di hari minggu pagi orang-orang sekitaran labuan banyak yang joging dengan tujuan akhir yaitu pantai caringin, sesampainya di pantai akan terlihat suasana pantai yang rami. Ada yang main bola dipinggir pantai, ada yang berenang, ada yang asik berswafoto atau sekedar nongkrong  sambil makan gorengan panas dengan teh hangat. waaah mantap.

Wisata pantai caringin jadi tempat nyorenya warga labuan pandeglang

Wisata pantai caringin jadi tempat nyorenya warga labuan pandeglang
potret pantai caringin yang saya ambil dua tahun lalu


2. Wisata ziarah

Di pesisir pantai caringin ada sebuah makam wali Allah yang sangat terkenal di banten bahkan sampai kejawa. Beliau adalah Syaikh Asnawi caringin, salah seorang ulama besar banten yang kharismatik. Beliau membangun sebuah masjid dan sekolah yang sampai saat ini masih berdiri kokoh dan menjadi legacy bagi masyarakat caringin dan sekitarnya.

Pantai caringin disetiap harinya tidak pernah sepi pengunjung apalagi dibulan-bulan tertentu seperti bulan mulud. Banyak peziarah datang dari berbagai daerah sampai-sampai parkiran tidak bisa lagi menampung mobil peziarah yang datang. Di hari minggu apalagi, akan terlihat pemandangan disepanjang jalan caringin itu bus-bus besar berjajar dibahu jalan karena didalam sudah tidak ada lagi lahan untuk parkir.

Ini juga menjadi moment penting yang dimanfaatkan warga sekitar untuk berjualan makanan serta oleh-oleh khas labuan seperti, ikan asin, dodol, emping, otak-otak, peyek udang (jumbo) dan masih banyak lainnya sehingga ekonomi warga caringin berputar dengan baik.

Itulah dua fakta unik mengenai pantai caringin yang menjadi tempat nyorenya orang labuan paling asik hehe..








0 Response to "Wisata pantai caringin jadi tempat nyorenya warga labuan pandeglang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel