Contoh kumpulan cerpen singkat bahasa sunda dan artinya

Bahasa sunda adalah bahasa dengan jumlah penutur terbanyak kedua di indonesia setelah bahasa jawa, lebih dari 40 juta penutur yang tersebar di daerah jawa barat dan banten. Di awal tahun 2000an bahasa sunda adalah mata pelajaran wajib sewaktu saya duduk di sekolah dasar, jika teman-teman mengalami juga difase itu berarti kita satu angkatan.

Bahasa sunda sudah menjadi bahasa ibu masyarakat jawa barat dan banten, dimana keseharian warganya berkomunikasi menggunakan bahasa sunda yang sudah dimuali sejak zaman nenek moyang hingga saat ini. Berbicara mengenai bahasa sunda, seketika saya mengingat dulu waktu masih SD guru menyuruh kita membuat semacam karangan atau cerpen menggunakan bahasa sunda lengkap dengan artinya. Cerpen dalam bahasa sunda disebut CARPON (carita pondok) yang artinya sama dengan cerpen.

Sebagus bagusnya cerpen yang kita tulis waktu sd jika masih ada arsipnya sampai sekarang, coba dibaca kembali pasti ketawa-ketawa sendiri "kok bisa yah saya nulis cerpen kayak gini"  acak acakan sudah pasti, ditambah gak nyambung alias amburadul. Maklumlah kala itu kita masih belum mengerti apa-apa.

Dan kini saya ingin sekali mengulang masa itu kembali, akan tetapi dengan kualitas tulisan yang pastinya lebih baik dari tempo dulu. Saya akan menuliskan contoh cerpen bahasa sunda dan artinya yang lebih relevan dengan kehidupan dimasa sekarang.

Contoh kumpulan cerpen singkat bahasa sunda dan artinya

Contoh kumpulan cerpen singkat bahasa sunda dan artinya

Contoh cerpen bahasa sunda tentang moral kebaikan dan artinya

Di hiji mangsa kadua babaturan berangkat sakola dina cuaca keur hujan maribis
Disuatu hari dua orang sahabat berangkat ke sekolah disaat cuaca sedang hujan gerimis

Jarak ti imah ka sakola kira-kira 1km bari jeung ngaliwatan leweung jeung sawah
jarak dari rumah ke sekolah sekitar 1km dengan melewati hutan dan sawah

Di tungtung jalan eta barudak nempo aki-aki kokoseran katindih sapedah anu mawa beas
diujung jalan dua orang sahabat itu melihat seorang kakek tertimpa sepeda yang membawa beras

"weuy din tempo itu aya jalema kunaon nyah karunya amat" ngomong si asep bari nunjuk eta jalema
eh din lihat itu orang kenapa yah kasian amat" bilang si asep sambil nunjuk orang tersebut

"Geus sep ulah mikiran nukitu, iyeu urang sakola geus kaberangan" nyaletuk si udin bari nyekel lengen si asep.
"udah sep jangan mikirin itu, kita ini sekolah udah kesiangan" bales si udin sambil menarik tangan si asep.

Teu loba omong dei si asep langsung ngejat nulungan eta aki-aki
tanpa basa-basi si asep langsung lari menonglong kakek itu

"Abah teu nanaon, kumaha biena iyeu bah bisa katindih sapedah kie" sabari ngangkat eta sapedah
"kakek gak apa-apa, gimana ini kok bisa ketimpa sepedah gini" sambil megankat itu sepedah

Diatas adalah contoh cerpen singkat bahasa sunda yang mengandung nilai kebaikan yang sudah semestinya kita contoh. Dari cerpen diatas mengajarkan kita untuk saling peduli terhadap sesama dan tolong menolong kepada yang sedang kesusahan. Tak lupa disetiap satu kalimat saya sertakan terjemahan bahasa indonesia dibawahnya agar orang yang tidak paham bahasa sunda bisa mengerti.

Contoh cerpen tentang liburan sekolah dan artinya

Harita kahirupan di kampung eta kacida adem ayem , wargana alakur harade katatangga jeung semangat gotong royongna perlu diconto ku generasi ayeuna.
Dulu kehidupan di kampung itu adem tentram, warganya baik akur dengan tetangga dan semangat gotong royongnya patut dicontoh oleh generasi sekarang.

Aya dua babaturan anu kacida pisan hobina kana ngeseup, nyaeta si asep jeung udin.
Ada dua sahabat yang sangat hobi sekali mancing, yaitu si asep dan udin.

Lamun tos dongkap waktosna libur sakola, teu aya dei pagawean iwal tina ngusep ti isuk mantare nepi ka burit.
Apabila sudah tiba waktunya libur sekolah, tak ada kerjaan kecuali mancing dari pagi sampai sore.

Hiji mangsa asep jeng udin ngusep di cigede ditempat anu sakumaha biasa barudak ngusep, sanarien dina poe etamah barudak ngusepna siringan jadi menang loba laukna.
Suatu hari asep dan udin mancing di kali ditempat biasa mereka mancing, tidak seperti biasanya dihari itu mereka sedang mujur sehingga dapat ikan banyak.

Ekeur kelar-kelarna ngusep si udin nyaletuk "sep, parangsa iyeu cai lila-lila naek jeng bari kiruh nyah"
Sedang asik-asiknya mancing si udin ngomong "sep, perasaan ini air lama-lama naikditambah keruh lagi"

"Geus ulah loba omong dia din nu pentingmah urang menang lauk loba" nembal si asep sabari narik lauk"
"Udahlah din jangan banyak ngomong yang penting kita dapat ikan banyak" jawab si asep sambil strike narik ikan"

Lila-kalila cai ngadean bae bari jeung rungkang awi kadebong cau palid kabawa arus, iyeu ngarana ca,ah maling. Dimana hujan gede di hulu sahengga nyebabkeun arus cai ka hilir gede.
Lama-kelamaan air arus tambah besar membawa sampah ranting bambu dan kdebong pisang hanyut terbawa arus, ini dinamakan (ca,ah maling) Dimana hujan besar turun dihulu sehingga menyebabkan arus air kehilir besar.

Si asep teu ereun-ereun titadi narikan lauk bae, tapi si duin katempona gelisah ningali cai ngagedean bae.
Si asep tidak henti-hentinya strike terus, tapi si udin terlihat gelisah melihat air makin makin membesar.

"Sep balik yu, moal endah iyeu diterusken mah bisi cilaka" ngabejaan si udin kasi asep
"Sep balik yuk, ga bener nih kalu diterusin takutnya bahaya nanti" ngasih tau si udin kepada si asep.

 Teu make aba-aba dei si udin ngadurusut ngejat kulantaran nempo cai ti jauh jiga ombak laut.
Tanpa aba-aba lagi si udin lari terbirit-birit melihat air dari jauh seperti ombak laut.

"Din..din.. kumaha geus menang loba sia?" nanya si asep bari ngalieuk kaburi eweuh sasaha.
"din..din..gimana udah dapat banyak belum kamu?" tanya si asep sambil melihat kebelakang.

Pas nempo kaburi si duin geus aya di tonggoh "sep gera naek itu cai gede" gorowok si udin di tonggoh.
Pas melihat kebelakang si udin sudah ada diatas "sep cepetan naik itu air tambah gede" teriak si udin dari atas.

"Anjir eta sieta aing kuat ditinggalkeun" teu loba omong dei si asep langsung ambarasat ngejat, sampe lauk jeung usepgeh poho teu kabawa.
"Anjir itu si udin gua  sampe ditinggalin" tanpa banyak bicara lagi si asep langsung lari dengan kecepatan penuh, sampai ikan dan joran ketinggalan.

Itulah contoh cerpen dalam bahasa sunda beseta artinya, supaya lebih mudah dibaca sengaja terjemahannya saya garis miring. Segitu dulu untuk contoh cerpennya, lain kali akan terus saya update kumpulan cerita dalam bahasa sunda lainnya yang lebih menarik dilain waktu.

Semoga bermanfaat, hatur nuhun.


0 Response to "Contoh kumpulan cerpen singkat bahasa sunda dan artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel