Tips Agar Terhindar Dari Suspend

SUSPEND adalah keadaan dimana akun gojek driver dalam kondisi di bekukan sementara, hal ini terjadi karena si driver telah melakukan kesalahan atau melanggar peraturan sehingga berdampak akun drivernya terkena suspend.

Suspend adalah momok menakutkan bagi para driver ojol apalagi sampai terkena putus mitra tamat sudah riwayat. Maka dari itu hindarilah hal-hal yang bisa menyebabkan akun driver kita terkena suspend.

Ada beberapa jenis suspend yang sering terjadi pada driver gojek diantaranya :

1. Suspend bonus selama 3 hari

Pada saat menerima sanksi ini akun driver masih bisa menerima order seperti biasa hanya saja tidak akan mendapatkan bonus harian meskipun sudah tupo. Suspend ini termasuk jenis suspend tingkat rendah, biasanya terjadi pada para driver yang menggunakan tuyul (manipulasi titik koordinat) atau mendapatkan order gofood dengan customer yang sama secara berturut-turut.

Tips Agar Terhindar Dari Suspend
Di atas adalah contoh notif apabila driver terkena sanksi di nonaktifkan nya bonus harian selama 3 hari.

2. Suspend selama 7 hari

Akun gojek driver akan di nonaktifkan selama 7 hari dan akan otomatis aktif kembali setelah masa suspend berakhir, biasanya suspend 7 hari ini terjadi karena terindikasi order fiktif gofood atau mendapatkan order gofood tiga hari berturut-turut dengan customer yang sama.

Tips Agar Terhindar Dari Suspend
Contoh notif apabila driver terkena suspend selama 7 hari.

3. Putus Mitra (PM)

Putus mitra terjadi apabila driver melakukan pelanggaran berat seperti, pelecehan sexual, mengambil barang customer, menyelesaikan orderan tanpa melakukan pick up terlebih dahulu. Jika sudah terkena putus mitra maka hubungan kemitraan kita dengan gojek berakhir.

Tips Agar Terhindar Dari Suspend
Apabila driver terkena putus mitra maka akan muncul notif seperti di atas.


Driver bisa melakukan banding atas ketiga jenis saknsi diatas jika merasa tidak melakukan kesalahan, apabila nanti bandingnya di terima maka akun driver akan aktif kembali dan bisa menerima order seperti biasa, dan apabila banding di tolak maka tunggu masa suspend berakhir maka akun driver akan aktif kembali dengan sendirinya. 

Ada juga jenis suspend tanpa adanya notif seperti pada contoh di atas, akun driver aktis seperti biasa hanya saja order tidak ada yang masuk. Ini terjadi kemarin pada rekan saya, orderan tidak kunjung masuk kemudian di coba untuk menarik saldo (withdraw) namun ketika penarikan muncul keterangan yang tidak biasa. Seperti gambar di bawah.

Tips Agar Terhindar Dari Suspend



Jika sudah seperti ini maka solusinya segera hubungi customer service gojek dan tanyakan perihal masalah yang di hadapi.



Tips Agar Terhindar Dari Suspend

1. Hindari penggunaan tuyul

Gojek kian hari bertambah canggih salah satunya, kini bagi para driver yang menggunakan tuyul (sistem manipulasi titik koordinat menggunakan aplikasi bantuan) akan segera terdeteksi dan gojek secara otomatis akan mengirim notif yang menyuruh segera menghapus aplikasi tuyulnya. Apabila driver ngeyel maka tinggal menunggu waktu akun drivernya akan di bekukan bahkan bisa berujung putus mitra.

2. Jangan pernah melakukan ombak (order tembak)

Ini yang sering terjadi di kalangan driver ojol melakukan order tembak sesama driver, hal seperti di lakukan pada saat hendak tupo (tutup poin) namun poin kurang maka terjadilah persekongkolan antara driver untuk saling tembak orderan agar mencapai tupo pada hari itu juga.

Saran saya sebaiknya tidak usah melakukan ini, sayangi akun kita karena bagai manapun akun kita adalah ladang dimana kita bisa menghasilkan uang masih ada hari esok yang lebih berharga ketimbang tupo terus kena PM.

3. On bid di area ramai orderan

Kenapa harus on bid di area ramai ? saya akan bercerita sedikit tentang gojek di daerah saya. Pada bulan desember 2018 ojek masuk ke daerah pandeglang selatan tepatnya di labuan kota kecil pesisir pantai. Di awal keberadaan gojek di labuan di sambut antusias warga sekitar sehingga di awal-awal orderan sangat ramai, tanpa saya sadari saking asyiknya menerima banyak orderan setiap hari tiba-tiba akun saya di nonaktifkan selama 7 hari dengan alasan terindikasi order fiktif gofood padahal saya tahu itu semua order real.


Selang beberapa hari di adakanlah kopdar dan di bahas lah perihal suspend 7 hari tersebut, karena yang kena suspen bukan hanya satu orang tapi ada beberapa rekan saya juga. Kemudian di terangkanlah oleh salah satu senior driver perihal sanksi tersebut bahwa tidak boleh mengambil order 3 hari berturut-turut dengan customer yang sama.

Saya fikir kalau tahu begitu ga bakalan saya ambil orderan itu, tapi kan yang ngasih server jadi saya jalanin aja.

Itulah sedikit cerita dari saya, mungkin karena di labuan tempat saya tinggal customernya kurang begitu banyak dan itu-itu saja orang yang order tiap harinya sehingga tidak terasa masuk berturut-turut dan terjadilah suspend. 

Untuk yang on bid di daerah kota yang ramai order akan sulit terkena suspend seperti cerita di atas di karenakan jumlah customer dan jumlah driver sama banyaknya sehingga order tidak akan masuk ke driver yang sama secara berturut-turut.

4. Berikan pelayanan prima kepada customer

Ada sebuah ungkapan "customer is the king" pembeli adalah raja maka dari itu perlakukan lah dia sebaik mungkin, karena bagai manapun juga mereka adalah pemegang penuh kekuasaan. Seperti contoh kita selaku driver melakukan hal yang tidak mengenakan terhadap customer seperti pelecehan sexual dan dia tidak terima maka siap-siap saja akan menerima suspend atau bahkan putus mitra. Itu semua terjadi pastinya atas laporan customer yang sudah di lecehkan oleh si driver, maka dari itu bersikaplah ramah dan sopan pada semua customer maka mereka akan segan kepada kita.







Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Terhindar Dari Suspend"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel