11 Amalan Selama Bulan Ramadhan dan Keutamaannya

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan didalamnya dimana semua amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya, setan di belenggu, pintu neraka di tutup tidak ada satupun yang terbuka dan pintu surga di buka tidak ada satupun yang tertutup. Ada banyak keistimewaan di bulan suci ramadhan  dimana terdapat malam lailatul qadar di dalamnya, di turunkannya al-qur'an pun pada bulan ramadhan.

amalan sunnah selama bulan puasa


Bulan suci ramadhan merupakan bulan suci dengan banyak keutamaan yang di nanti-nanti oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia, ada banyak amalan wajib dan sunnah yang umat muslim rindukan yang tidak ada di bulan lainnya seperti : melaksanakan ibadah puasa, berbuka puasa, melaksanakan makan sahur, shalat tarawih berjamaah, tadarus al-quran, berburu malam lailatul qadar dan masih banyak lainnya. Berikut amalan wajib dan sunah selama bulan ramadhan.


Amalan Selama Bulan Ramadhan 

1. Menjalankan puasa

Di bulan ramadhan semua umat muslim di wajibkan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh, karena dari itu bulan ramadhan juga disebut bulan puasa. Umat muslim berpuasa menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Di bulan puasa umat muslin di tempa agar menjadi pribadi yang lebih sabar, mengontrol hawa nafsu dan mengerjakan amal kebaikan.

Hukum puasa ramadhan adalah WAJIB bagi setiap muslim yang baligh (dewasa) berakal, dalam keadaan sehat,  dan dalam keadaan mukim (tidak safar/melakukan perjalanan jauh. Berdasarkan firman ALLAH SWT  yang berbunyi "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" (QS. al-baqarah ayat 183)

2. Menyegerakan berbuka

Salah satu amalan wajib pada bulan ramadhan yaitu menyegerakan berbuka puasa, setelah seharian menahan lapar dan haus. Jika sudah tiba waktu berbuka maka berbukalah, jangan ditunda-tunda agar kita mendapat keberkahan, berbuka bisa kita awali dengan memakan makanan yang manis, nabi menganjurkan kita memakan tiga butir kurma saat berbuka jika tidak ada cukup dengan teh manis hangat atau kita orang indonesia biasa dengan memakan kolak.

Tujuannya memakan makanan manis agar mudah di cerna tubuh dan menjadi sumber energi, jangan dulu makan makanan berat karena perut akan kaget karena telah berpuasa selama sehari penuh, jika bisa hindari minuman dingin saat berbuka. Makan besar bisa kita lakukan sesudah menunaikan shalat magrib.

3. Melaksanakan makan sahur

Makan sahur dianjurkan agar kita kuat tidak lemas dan lemah saat menjalankan aktifitas ibadah selama berpuasa, bagaimana hukumnya jika kita berpuasa tanpa melaksanakan sahur ? sahur bertujuan agar kita selama berpuasa memiliki suplay energi dan tidak lemas, maka dari itu tidak sahur tidak menjadi masalah asalkan tidak mendzlimi diri sendiri dan kuat menjalankan ibadah puasa.

4. Shalat tarawih

Shalat tarawih adalah amalan sunnah saat bulan ramadhan satu paket dengan berpuasa, siang hari kita berpuasa malamnya melaksanakan shalat tarawih menjadikan puasa kita lebih sempurna. Umumnya shalat tarawih dilaksanakan sehabis isya secara berjamaah di masjid atau mushola dan ada juga yang melaksanakannya sendiri-sendiri di rumah, sayang sekali jika kita melewatkan shalat tarawih selama ramadhan karena kita tidak akan menemukannya di bulan-bulan lain.

5. Tadarus al-qur'an

Sudah menjadi kebiasaan umum pada saat bulan ramadhan melakukan Tadarus al-qur'an, mengisi waktu yang kosong dengan membaca al-qur'an, dan ini adalah suatu kebaikan yang bernilai pahala yang sangat besar karena bulan ramadhan adalah bulan al-qur'an bulan dimana al-qur'an diturunkan. Untuk itu tinggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat lebih baik mengisinya dengan tadarus al-qur''an.

6. Bersedekah

Salah satu pintu yang di buka oleh Allah untuk meraih pahala yang besar di bulan ramadhan yaitu melalui Sedekah, ada banyak keutamaan bersedekah pada bulan ramadhan diantaranya : pahala yang berlipat ganda, sedekah memberi keberkahan pada harta, orang yang bersedekah mendapatkan naungan dihari akhhir, bersedekah mensucikan orang yang berpuasa dibulan ramadhan, memperkuat keimanan orang yang bersedekah, mampu bersyukur dengan hati bahagis. Semoga kita semua diberikan rizki oleh Allah untuk bersedekah di bulan ramadhan aamiin...

7. I'tikaf

Berdiam diri dalam masjid berniat untuk ibadah kepada Allah dengan berdzikir, berdoa, bershalawat kepada nabi dan membaca al-qur'an, berharap mendapatkan pahala yang besar, meskipun bukan amalan yang diwajibkan saat bulan ramadhan tapi banyak orang yang melakukan i'tikaf  apalagi pada saat 10 hari terakhir bulan ramadhan, dikarenakan inginmendapatkan malam lailatul qadar. Pada saat beritikaf hindari perbuatan yang tidak bermanfaat.

8. Umroh

Menjalankan umroh pada saat bulan ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri, jika seseorang menjalankan umroh pada saat bulan ramadhan maka ganjarannya setara dengan meunaikan ibadah haji bahkan seperti haji bersama Nabi saw.

Rosulullah.saw bersabda "jika ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh saat ramadhan senilai dengan haji"  (HR. Bukhori no. 1782 dan Muslim no. 1256)

Rosulullha.saw bersabda "Sesungguhnya umroh di bulan ramadhan seperti berhaji bersamaKu"  (HR. Bukhori no.1863)

9. Berburu malam lailatul qadar

Di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan terdapat malam lailatul qadar, suatu malam penuh berkah  yang dimuliakan oleh Allah melebihi malam-malam lainnya. Di malam lailatul qadar para malaikat atas izin Allah mengatur segala urusan, menjadikan malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar. Malam lailatul qadar ada di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan pada tiap-tiap malam ganjil.

Diantara tanda-tanda malam lailatul qadar adalah: udara dan angin sekitar terasa tenang, matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan jernih, manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya dan para malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenanagan tersebut dan merasakan kenikmatan beribadah kepada Allah swt. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapati malam lailatul qadar aamiin...

10. Memberi makan orang yang berpuasa

Diantara keutamaan bulan ramadhan adalah memberi makan berbuka, dan jika orang yang memakan makanan tersebut mendoakan orang yang memberinya makan maka doanya terkabulkan, karena doa orang berpuasa mustajab. Hendaknya carilah orang-orang terbaik atau orang soleh yang bisa mendoakan kita ketika berbuka.

11. Menunaikan zakat

Zakat merupakan salah satu dari rukun islam dan zakat hukumnya Wajib bagi seluruh umat muslim, dengan berzakat sama halnya kita mensucikan diri kita sendiri, apabila kita menunaikan zakat maka keislaman kita akan menjadi sempurna. Banyak sekali keutamaan yang kita dapat dari berzakat diantaranya : menyempurnakan keislaman seorang hamba, membuat keimanan seseorang menjadi sempurna, menjadikan masyarakat islam seperti keluarga besar,, memadamkan kemarahan orang miskin, menghalangi berbagai bentuk pencurian, menyelamatkan seseorang dari panasnya hari kiamat, seseorang akan lebih mengenal hukum dan aturan Allah, menjadikan harta semakin bertambah, dosa akan terampuni dan meredam murka Allah.

Belum ada Komentar untuk "11 Amalan Selama Bulan Ramadhan dan Keutamaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel