Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips belanja murah di minimarket indomaret dan alfamart

Tips belanja murah di indomaret atau alfamart


Keberadaan minimarket seperti alfamart dan indomaret kini sudah masuk sampai ke pelosok kampung, itu adalah sebagian dari strategi pasar yang sudah biasa dalam dunia bisnis. Untuk memanfaatkan itu para kaum ibu harus tahu bagaimana caranya belanja murah dan hemat di indomaret atau alfamart terdekat dari rumah.

Kedua minimarket diatas memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar, indomaret maupun alfamart menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari mulai dari beras, minyak goreng, gula, aneka minuman dingin, aneka snack dan kebutuhan pokok lainnya.

Selain itu mereka juga menyediakan produk body care (perawatan tubuh) mulai dari odol, sabun mandi, shampo, deodorant, facial wash, parfum dengan berbagai jenis dan merk. Berbagai macam perlengkapan rumah juga tersedia di indo dan alfa, serta macam-macam obat juga banyak tersedia.

Dan ini yang paling penting, kedua minimarket ini bisa melayani pembayaran non fisik seperti angsuran berbagai macam leasing, pembayaran berbagai macam marketplaca seperti tokped bukalapak dsb, pembayaran tiket kreta api dan pesawat, pembayaran listrik, pam, internet, dan masih banyak lainnya.

Inilah yang dirasa sangat membantu masyarakat sekitar karena tidak perlu lagi pergi ke loket resmi, belum lagi ngantri panas-panasan. Itu yang bikin orang lebih memilih alfamart dan indomaret untuk bertransaksi, karena orang sekarang inginnya cepat dan simpel.

Tak mau ketinggalan indomaret dan alfamart sendiri kini menyediakan layanan pesan antar, jadi kita pesan nanti orang toko yang akan mengantar belanjaan ke rumah konsumen. Di indomaret sendiri ada yang namanya APKA (Anda Pesan Kami Antar) jadi kita berbelanja lewat aplikasi khusus seperti belanja online pada umumnya nanti kurir toko yang akan mengantarnya kerumah konsumen, di alfa juga ada layanan pesan antar seperti indomaret.

Perihal perbandingan harga diantara alfamart dan indomaret itu relatif, perbedaan harga kisaran antara 200-500 rupiah saja tidak sampai berbeda terlalu jauh. Kadang ada barang yang kalau di alfamart lebih mahal di indomaret lebih murah atau sebaliknya di alfamart murah di indomaret mahal. Management tidak asal dalam menaikan dan meurunkan harga suatu barang, pasti ada penyebab tertentu.

Penyebab harga berbeda diantara kedua minimarket ini disebabkan beberapa hal seperti, lokasi toko. Lokasi toko perkampungan dan area perumahan sudah pasti berbeda meskipun tidak semuanya. Lokasi toko seperti digedung, ruko perkantoran, apartemet, stasiun sudah pasti barang yang di jual disini lebih mahal dari pada toko yang berlokasi di kampung. Itu karena biaya sewa tempatnya yang mahal dan belum lagi pajak dan lain sebagainya. Untuk hal-hal seperti ini sudah ada yang menangani divisi khusus jadi wajar kalau barang yang di jual di toko yang seperti itu relatif lebih mahal.

Pilih alfamart atau indomaret ? pada dasarnya kedua minimarket ini bagus, terserah teman-teman mau pilih yang mana. Tapi utamakan yang bisa memenuhi kebutuhan kita, karena tidak semua gerai toko bisa memenuhi kebutuhan yang kita inginkan misal, toko di daerah perkantoran atau apartemen biasanya toko yang berada diarea tersebut tidak begitu lengkap seperti toko kebanyakan. Maka carilah toko yang menjual kebutuhan yang kita perlukan.

Kelebiahan dan kekurangan alfamart dan indomaret. Untuk indomaret sendiri punya kelebihan banyaknya pilihan toko seperti toko regular/standar, hybbrid, plus, point dan yang terbaru ada point cafe sejenis kopi shop gitu. jadi jika ttidak ada di toko ini bisa cari ditoko jenis lain.

Kelebihan untuk alfamarat kadang bisa melayani transaksi yang tidak bisa dilakukan di indomaret seperti pengisian gopay dan transfer uang, ini juga jadi poin plus bagi alfa. Ok  langsung saja kita ke topik utama bagaimana cara mudah belanja murah di minimarket indomaret dan alfamart.

Tips belanja murah di alfamart dan indomaret

1. Sebelum mulai berbelanja tanyakan terlebih dahulu pada kasir, promo apa saja yang saat ini sedang berjalan.

2. mintalah katalog pada kasir karena dalam katalog inilah semua jenis promosi sedang berlangsung, jadi kita bisa leluasa memilih barang yang kita cari.

3. Carilah barang yang berpricetag/label harga berwarna kuning, karena setiap barang yang berlabel harga warna kuning itu tandanya sedang ada promosi potongan harga.

4. Cobalah berbelanja pada hari jumat sabtu minggu, karena pada hari tersebut ada jenis promosi JSM namanya (jumat sabtu minggu) dalam tiga hari tersebut ada banyak promo menarik.

5. Jika teman-teman pernah melihat ada gerai toko yang baru buka, biasanya disitu ada banyak promo menarik dan hadiah disetiap pembeliannya, ada juga door price untuk menarik warga sekitar untuk berbelanja ke toko tersebut.

6. Lihatlah keadaan barang pada saat belanja apakah dalam keadaan baik atau tidak.

7. Cek tanggal kadaluarsa, jika tidak tahu minta bantuan pramuniaga yang bertugas.

8. tanyakan lokasi barang yang kita cari jika kita tidak mengetahuinya. (jangan malu bertanya, sejatinya anak toko senang ditanya)

9. Pada saat pembayaran di meja kasir, biasanya kasir akan menawarkan suatu promo misal jika berbelanja minimal 50 rb ibu bisa tebus murah minyak goreng dengan harga lebih murah. Terkadang bukan hanya tebus murah minyak goreng, tergantung promo yang sedang berjalan.

10. Gunakanlah metode pembayaran non tunai, karena biasanya dengan metode ini ada promo khusus berupa potongan harga atau hadiah menarik lainnya.

11. Gunakan member card untuk pembayarannya, selain dapat potongan harga kita juga bisa mendapatkan poin di setiap transaksinya yang dimana poin tersebut bisa kita tukar dengan product tertentu nantinya. 

12. Samakan antara struk belanjaan dengan harga yang tertera pada label harga, jika terjadi kesalahan konfirmasi pada pihak toko.

13. Tanyakan pada pramuniaga atau kasir jika ada promosi yang kita tidak pahami.


Jenis-jenis metode pembayaran

1. Tunai atau Cash

2. Non tunai, untuk nontunai sendiri ada banyak pilihan diantaranya :

- Voucher fisik dan non fisik
- Kartu kredit
- Kartu ATM
- Rekening ponsel
- Go-pay
- Flazz
- E-money
- Brizzi
- Member card (indomaret card untuk indomaret dan ponta untuk alfamart)
- i.Saku

Kini kita bisa berbelanja nyaman dengan banyak fasilitas dan metode pembayaran yang beragam, karena alfamart dan indomaret ada di dekat kita.

Itulah beberapa Tips cara berbelanja murah di alfamart atau indomaret, semoga bermanfaat buat temen-teman semua.  :)


Post a Comment for "Tips belanja murah di minimarket indomaret dan alfamart"