Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat ketapel super dari kayu

Cara membuat ketapel super dari kayu


Siapa yang tidak tahu dengan alat permainan yang satu ini, selain bisa kita gunakan untuk senjata, alat ini juga bisa kita gunakan sebagai alat berburu  anak anak zaman dulu. Ya benar, namanya KETAPEL.
Kami biasa menyebutnya BANDIL (bandil dalam bahasa sunda Banten)

Betapa indahnya masa kecil kita dulu, hidup tanpa gadget bermain dimana saja sawah, ladang dan hutan adalah tempat bermain yang indah. Pada saat memasuki musim buah-buahan tiba, ketapel adalah senjata wajib bagi kami kala itu.

Sehabis pulang sekolah kami sudah janjian bahwa kami akan main ke kebun, karena banyak pohon yang sudah berbuah dan matang seperti buah dukuh, kecapi, menteng, manggis dan juga buah durian. Inilah kenapa ketapel sangat penting bagi kami di saat musim buah-buahan seperti sekarang ini, ketapel juga kami gunakan untuk berburu menembak burung atau bajing, ketapel saat itu adalah alat penembak paling canggih ala kami anak-anak jadul zaman dulu hehe...

untuk mengobati kerinduan kita pada kenangan masa lalu, kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat ketapel yang baik dan bagus.

Ketapel umumnya terbuat buat dari kayu dan ada juga yang membuatnya dai bambu, misalnya dari kayu jambu, kayu sawo, atau kayu menteng. Pada dasarnya semua kayu bisa digunakan untuk membuat ketapel asalkan kayu tersebut berbentuk huruf Y, tapi saya rekomendasikan jenis kayu yang saya sebutkan di atas.

Baiklah tanpa berlama-lama langsung kita kepada proses pembuatannya:

Alat-alat: 1. gergaji
                 2. Pisau
                 3. Ampelas
                 4. karet ban dalem bekas speda
                 5. kain kalep (kalu tidak ada, bisa gunakan kain yang agak tebal)

Langkah-langkahnya:

1. potong kayu yang berbentuk hurup Y untuk bagian pegangannya kira-kira 1 jengkal.

2. kemudian potong ujung bagian huruf Y kira-kira sepanjang jari telunjuk.

3. bersihkan kulit kayu ketapel menggunakan pisau sampai bersih.

4. haluskan menggunakan ampelas seluruh permukan ketapel hingga halus, agar nyaman saat digunakan (jika tahap di atas sudah dilakukan semua, lanjut ketahap akhir yaitu pemasangan karet dan kain penyangga peluru)

5.kita ambil karet ban dalem bekas speda dengan panjang kira-kira 2 jengkal dan lebar 2cm.

6. selanjutnya ikatkan melingkar kedua ujung karet pada ketapel dengan erat.

7. tahap akhir ikatkan kedua ujung karetnya lagi dengan kain kalep (kain kalep bisa disesuaikan, jangan terlalu panjang dan jangan juga terlalu pendek)


Nahh.. sekarang ketapenya sudah jadi, saatnya beraksi hehe...
teman-teman bisa mencoba membuatnya di rumah, mudah bukan !!



Post a Comment for "Cara membuat ketapel super dari kayu "