Tips Memilih Hewan Kurban 2019 Dengan Baik Menurut Syariat Agama

Tidak lama lagi hari raya idul adha akan tiba, dimana tempat penjualan hewan kurban akan ramai di kunjungi orang-orang yang hendak mencari hewan kurban. Sebelum anda membeli hewan untuk berkurban alangkah baiknya mengetahui tips memilih hewan kurban dengan baik menurut syariat agama, agar kurban anda di tahun 2019 ini berjalan sesuai dengan syariat agama.

Hukum kurban adalah sunnah muakkad, tidak wajib tapi di anjurkan bagi siapa saja yang mampu dan bagi yang mempunyai harta lebih sangat di anjurkan berkurban sebagai bentuk  ketaatan kepada Allah swt.  Ada 3 jenis hewan ternak yang bisa di jadikan hewan kurban yaitu, unta, sapi/kerbau, kambing/domba.

Tips Memilih Hewan Kurban 2019 Dengan Baik Menurut Syariat Agama




Tips Memilih Hewan Kurban 2019 Dengan Baik Menurut Syariat Agama

1. Hewan kurban harus dalam kondisi sehat

Hewan yang akan di kurban kan harus benar-benar dalam kondisi sehat tidak boleh kurus, mempunyai nafsu makan yang stabil dan tidak berpenyakit seperti penyakit koreng, tidak nafsu makan, bulu-bulunya yang rontok, terkena diare dan tidak bergairah di karenakan sakit.

2. Umur hewan kurban sudah memenuhi syarat 

Hewan yang hendak di kurbankan harus sudah memenuhi syarat umur, jika kambing atau domba harus yang sudah berumur satu tahun, untuk sapi atau kerbau dua tahun dan untuk unta umur lima tahun. Atau hewan yang hendak di kurbankan sudah pernah mengalami pergantian gigi atas dan bawah.

3. Hewan kurban tidak boleh cacat

Hewan kurban harus dalam keadaan baik tidak cacat seperti, tanduknya patah, ekornya yang tidak sempurna atau telinganya putus, matanya buta, kakinya pincang. Cari lah tempat penjualan hewan kurban yang amanah kemudian pilih hewan kurban yang sehat dan tidak cacat pada saat membelinya.



Sunnah ketika pelaksanaan kurban

- Hadapkan hewan yang hendak di sembelih ke arah kiblat

- Di sembelih oleh orang yang berkurban

-  Tujukan hewan kurban ini untuk siapa

Bisa untuk perorangan atau satu keluarga sekaligus, bisa di tujukan bagi orang yang sudah meninggal dan bisa di tujukan bagi ummat nabi muhammad saw.

- Sembelih dengan mengucapkan BISMILLAHI ALLAHU AKBAR

- Sembelih menggunakan pisau yang tajam

Apabila hendak menyembelih hewan kurban gunakan lah pisau yang tajam, ini bertujuan agar hewan kurban tidak tersiksa pada saat di seembelih di karenakan pisau yang di gunakan tumpul. Hendaklah mengasah pisau tersebut sampai tajam agar hewan smbelihan mati dalam seketika saat di sembelih.

- Larangan memotong kuku dan rambut yang menempel di tubuh

Larangan ini berlaku khusus bagi orang yang hendak berkurban saja, bagi yang tidak maka tidak perlu. Larangan ini berlaku dari tagl 1 dzulhijah sampai dengan hendak di sembelihnya hewan kurban.



Waktu pelaksanaan kurban

Penyembelihan hewan kurban di laksanakan tepat pada hari raya idul adha 10 dzulhijah setelah shalat idul adha sampai terbenam matahari, dan boleh di lakukan tiga hari setelah hari raya idul adha yaitu tanggal 11, 12, dan 13 dzulhijah.

Apabila kita sudah mengetahui cara memilih hewan kurban dengan baik menurut syariat agama, maka di 2019 ini bagi siapa saja yang mampu berkurban maka berkurbanlah. Pilihlah hewan kurban dengan kriteria yang sudah di jelaskan di atas.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Hewan Kurban 2019 Dengan Baik Menurut Syariat Agama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel