Destinasi Wisata Alam di Pandeglang

Pandeglang adalah sebuah kabupaten yang terletak di ujung pulau jawa, yang mana di kabupaten pandeglang ini terdapat banyak sekali destinasi wisata alam yang belum di ketahui banyak orang. Destinasi wisata alam ini di dominasi oleh pantai karena pandenglang sendiri mempunyai pesisir pantai yang terbentang luas mulai dari pantai carita sampai ujung kulon, kawasan pantai carita sudah sering kita dengar , namun ternyata masih ada banyak destinasi alam yang belum kita ketahui.

Berikut ini saya akan memberikan informasi tentang beberapa destinasi wisata alam yang ada di pandeglang yang belum banyak orang ketahui, berikut ulasannya.


1. Pantai tanjung lesung

pantai tanjung lesung pandeglang
                                                   sumber : fb explorepandeglang


Pantai tanjung lesung kini menjelma menjadi pantai yang sangat indah dengan banyaknya berdiri hotel-hotel, penginapan dan fasilitas lainnya, dulunya pantai tanjung lesung tidak begitu terkenal seperti sekarang ini, namun seiring berjalannya waktu tersebarnya informasi tenteng keindahan pantai tanjung lesung melalui media sosial sehingga kini banyak di kunjungi wisatawan.

Keindahan pantainya menjadikan daya tarik bagi siapa saja yang mengunjunginya, alam yang masih asri dan jauh dari pemukiman warga menjadikan pantai tanjung lesung sebagai salah satu destinasi wisata alam terfavorit di pandeglang.

Rute yang bisa kita tempuh jika kita beranjak dari jakarta di mulai dari terminal kalideres naik bus jurusan labuan, kemudian turun di terminal labuan dan di lanjut naik mobil elep jurusan cibaling sumur, tapi nanti turunnya di pertigaan citereup. Jika sudah sampai di pertigaan citereup pas di area pasar tepatnya, untuk menuju lokasi pantai tanjung lesung kita bisa menggunakan jasa ojek yang banyak tersebar di sepanjang pinggir pasar, bilang saja mau ke pantai tanjung lesung nanti tukang ojek akan mengantarkan sampai ke tempat tujuan.


2. Batu hideung tanjung lesung

Destinasi Wisata Alam di Pandeglang
                                                   sumber : fb explorepandeglang



Seperti yang sudah saya katakan bahwa destinasi wisata alam di pandeglang di dominasi oleh pantai, kali ini pantai batu hideung yang masih berada di kawasan yang sama yaitu di kawasan pantai tanjung lesung karena pantai tanjung lesung sangatlah luas maka ada banyak tempat yang indah di sepanjang pantai itu dengan nama yang berbeda-beda. Rute yang di tempuh juga sama seperti point nomor 1 kita tinggal bilang saja ke tukang ojek ingin ke batu hideung dan ojek akan mengantarkan sampai ke tempat tujuan.


3. Kolam pemandian citaman

Destinasi Wisata Alam di Pandeglang
                                                   sumber : fb explorepandeglang


Wisata alam yang satu ini tepat berada di kaki gunung pulosari, tempatnya yang masih asri, kolam airnya terdiri dari bebatuan alam serta airnya yang jernih dan dingin karena langsung dari pegunungan. Di kolam pemandian citaman ini juga terdapat situs bersejarah seperti batu goong dan situs purbakala lainnya. Tak hanya itu di atas bukit dekat dengan kolam pemandian terdapat sebuah tempat yang di keramatkan warga sekitar dengan adanya 7 batu berderet, yang di percayai batu tersebut adalah petilasan para walisongo di saat sedang mengadakan pertemuan penting.

Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi destinasi wisata alam yang satu ini bisa di tempuh menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat lainnya. Jika dari arah jakarta bisa naik bus jurusan labuan atau kendaraan pribadi lainnya, di mulai dari jakarta terus menuju arah pandeglang melewati alun-alun terus sampai ke pertigaan mengger, dari situ ambil jalan lurus ke arah mandalawangi jangan belok ke kiri. Kemudian jalan terus melewati pasar pari dan turunan bangangah yang sangat terkenal, jalan terus (kalau bisa sambil lihat maps agar mempermudah perjalanan) di maps kita akan di suruh belok kiri ikuti saja sebentar lagi sampai, apabila kurang jelas bisa tanya warga sekitar dimana lokasi citaman lama (kenapa citaman lama, karena sekarang ada citaman baru yang lebih modern) setelah kita sampai di parkiran, kita akan berjalan kaki sekitar 25 menit untuk mencapai lokasi menyusuri area pesawahan dengan air yang jernih.

Lelah kita akan terbayar lunas  ketika sampai di lokasi pemandian, langsung saja di nikmati keindahan wisata alam yang ada di pandeglang yang satu ini.


4. Pulau oar ujung kulon

Destinasi Wisata Alam di Pandeglang
                                                   sumber : fb explorepandeglang



Pulau oar adalah salah satu pulau kecil berada dekat dengan kawasan taman nasional ujung kulon dimana badak bercula satu berkembang biak disana, secara administratif pulau oar masuk dalam  kecamatan sumur pandeglang. Rute yang di tempuh jika di mulai dari jakarta bisa naik bus jurusan labuan kemudian turun di terminal labuan, di lanjut dengan naik mobil elep jurusan yang ke sumur.

Atau bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil lebih leluasa, sesampainya di sumur perjalan menuju pulau oar dilanjutkan dengan melintasi laut menggunakan perahu yang banyak di sewakan warga sebagai alat transportasi antar jemput wisatawan yang akan ke pulau oar.

Di pulau oar tidak terdapat penginapan atau hotel seperti pulau yang lainnya, tapi jangan khawatir pulau oar dekat dengan pulau umang yang sudah terkenal, jadi para wisatawan bisa menginap di pulau umang dan jika ingin berkunjung ke pulau oar tinggal sewa perahu yang sudah tersedia di sana.

Kebanyakan para wisatawan yang datang ke pulau oar, mereka bersama beberapa temannya mendirikan kemah-kemah kecil sebagai tempat peristirahatan, hidup menyatu dengan alam terasa lebih menenangkan itulah yang di cari mereka para wisatawan yang kebanyakan berasal dari kota.

Keindahan pulau oar tidak perlu di ragukan lagi, pulau yang masih asri dengan pasir putih dan air laut berwarna kebiruan menjadikan daya tarik tersendiri. Pulau oar menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak di kunjungi di pandeglang akhir-akhir ini.


5. Batu qur'an pandeglang

Destinasi Wisata Alam di Pandeglang

                                          sumber : fb explorepandeglang





Batu qur'a, ini adalah wisata alam sekaligus wisata religi, batu qur'an banyak di datangi orang dari berbagai daerah terutama di bulan mulud. Batu qur'an banyak di datangi para peziarah dari banyak kota di luar banten untuk ngalap barokah, air kolam batu qur'an di yakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Air kolam yang terlihat seperti di gambar di kabarkan tidak pernah kering sejak pertama kolam itu terbentuk, airnya yang jernih dan dingin serta pohon beringin yang tumbuh besar di samping kolam menambah kesan angker tempat tersebut. Destinasi wisata batu qur'an ini berada di kampung cikoromoy cimanuk, pandeglang. Sekitar 1 jam dari alun-alun kota pandeglang menuju lokasi.


Ada cerita menarik tentang asal mula terbentuknya batu qur'an pandeglang ini, menurut cerita turun temurun yang sudah masyhur di kalangan masyarakat pandeglang adalah, ketika syeikh mansyurudin seorang ulama besar baru saja usai melaksanakan ibadah haji di tanah suci mekkah, dengan karomahnya beliau pulang dari mekkah ke banten tenggelam lewat sumur zam-zam mekkah menerobos jalan dasar bumi, kemudian muncul pertama kali di puncak gunung karang atau yang sekarang di sebut sumur tujuh, kemudian beliau menerobos kembali ke dasar bumi dan terakhir muncul di cikoroomoy yang sekarang jadi batu qur'an. Kemudian lubang bekas keluarnya beliau mengelauarkan air yang sangat deras sehingga beliau bermunajat kepada Allah  meminta petunjuk, akhirnya al-qur'an oleh-oleh dari mekah beliau jadikan alat untuk menutup lubang air tersebut sehingga menjadi batu, hingga sampai saat ini di sebut batu qur'an.

Destinasi wisata alam dan religi yang satu ini menjadi andalan di pandeglang karena membawa berkah bagi warga sekitar cikoromoy ini. Sebenarnya masih banyak destinasi wisata alam dan wisata religi yang ada di pandeglang yang insha Allah akan saya tulis di lain waktu.

Belum ada Komentar untuk "Destinasi Wisata Alam di Pandeglang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel