Cara Mudah Membedakan antara Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

Di pasar banyak sekali tepung yang di jual, dan di indonesia banyak sekali makanan yang di buat berbahan dasar tepung seperti aneka kue, mie, bakso, siomay, kue lapis, pempek, dan masih banyak yang lainnya. Perlu di ketahui bahwa ada banyak jenis tepung dan jangan sampai anda salah beli ketika pergi ke pasar.

cara membedakan aci dan terigu


Macam-macam tepung

- Tepung terigu
- Maizena
- Tepung ketan
- Tepung roti
- Tepung tapioka
- Tepung beras
- Tepung hunkwe

Pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu perbedaan antara tepung tapioka dan tepung terigu. Baiklah yang pertama kita akan membahas tentang tepung terigu, ok langsung saja.


Tepung Terigu   

Tepung terigu adalah salah satu bahan makanan yang di buat dari biji gandum berbentuk serbuk atau butiran halus warna putih. Tepung terigu memiliki sifat daya serap air sangat tinggi, sehingga ketika di campur air maka akan mudah di bentuk menjadi adonan. Tepung terigu memiliki kandungan energi sebesar 365 kilo kalori, protein 8,9 gram, karbohidrat 77,3 gram, lemak 1,3 gram, kalsium 16 miligram, fospor 106 miligram dan zat besi 1 miligram. 

Kegunaan tepung terigu sebagai campuran bahan pembuat kue seperti, martabak, kue lapis, cilok, kue klepon, nastar, donat, bakpau, kue apem dan masih banyak kue lainnya.

Jenis-jenis dan harga tepung terigu

- Cakra kembar tepung terigu  1 kg               = Rp.11.900,.
- Segi tiga biru tepung terigu premium 1 kg  = Rp.12.900,.
- Tepung terigu mila 1 kg                               = Rp.10.900,.
- Boga sari kunci biru tepung terigu 1 kg       = Rp.24.900,.
- Boga sari cakra kembar tepung terigu 1 kg  = Rp.25.900,.
  
Note: (Harga sewaktu-waktu dapat berubah) 

 Tepung Tapioka

Tepung tapioka adalah tepung yang terbuat dari singkong, tepung ini sering di gunakan sebagai campuran dalam pembuatan bakso, siomay atau kue basah. Fungsi dari campuran tepung tapioka adalah untuk menambah kekenyalan pada makanan, perlu di ketahui bahwa tepung tapioka juga memili sebutan lain seperti, tepung kanji, tepung sagu, tepung singkong, aci (sebutan bagi orang sunda)

Aada banyak kandungan yang terdapat dalam tepung tapioka antara lain, energi sebesar 362 kilokalori, protein 0,5 gram, karbohidrat 86,9 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 0 miligram, fospor 0 miligram, zat besi 0 miligram. Makanan yang berbahan dasar tepung tapioka baik untuk orang yang sedang menjalani program diet.

Generasi 90an sering menggunakan tepung tapioka ini sebagai lem ketika membuat layangan.

Jenis-jenis dan harga tepung tapioka

- Pak tani gunung 500g                        = Rp.8.000,.
- Bola keluarga tepung tapioka 500g    = Rp.8.000,.
- Lading lima 500g                                = Rp.27.500,.
- Rose brand tepung tapioka 500g         = Rp.9.000,.
- Tepung tapioka gunung agung 500g    = Rp.6.500,.

Note: (Harga sewaktu-waktu dapat berubah)


Perbedaan antara Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

1. Warna

Tepung terigu memiliki warna putih agak gelap, sedangkan tepung tapioka memiliki warna putih cerah.

2. Tekstur

Tepung terigu memiliki tekstur agak sedikit kasar dan padat, sedangkan tepung tapioka memiliki tekstur halus dan licin sehingga jika kita remas tepung tapioka akan berbunyi "krek". Jadi jika kita bandingkan satu karung tepung terigu dan satu karung tepung tapioka dengan berat yang sama, maka yang terlihat lebih berisi adalah tepung tapioka karena dia lebih ringan tidak seperti tepung terigu yang lebih padat sehingga terlihat lebih sedikit, padahal beratnya sama.

   





 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membedakan antara Tepung Tapioka dan Tepung Terigu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel