Tips agar tidak nombok kerja di indomaret atau alfamart

tips agar tidak nombok saat kerja di indomaret atau alfamart
Stres karena kerja di indomaret atau alfamart nombok terus tiap bulan akibat NBH meledak, jangan dulu sesumbar menyalahkan orang lain, introspeksi cara kerja kita terlebih dahulu. Evaluasi diri lebih baik ketimbang menyalahkan orang lain. Ada banyak hal penyebab barang toko mines yang berakibat NBH meledak.

Saya akan berbagi pengalaman berdasarkan studycase selama saya bekerja di minimarket, semoga teman-teman yang menerapkan beberapa tips ini terhindar dari yang namanya nombok ketika kerja di indomaret atau alfamart, ini yang saya terapkan ketika bekerja di indomaret dan alhamdulillah hasilnya NBH toko aman terkendali. Tidak usah berlama-lama lagi langsung saja kebagian inti permasalahannya saja.

Tips agar tidak nombok saat kerja di indomaret dan alfamart

1. Cek bodi pada saat datang dan pulang

Pada saat personil toko datang wajib dilakukan cek bodi, lihat juga isi tasnya  barang apa saja yang personil bawa pada saat kerja. Ini bertujuan agar kita tahu barang apa saja yang personil bawa pada saat kerja, begitupun pada saat hendak pulang lakukan kembali cek bodi dan lihat barang bawaannya apakah masih sama pada saat masuk toko. Jika personil toko membawa barang dari toko wajib ada struknya, ini bertanda bahwa barang itu sudah di belinya dan hal seperti itu tidak masalah.

2.  Catat barang bawaan dan uang yang di bawa personil toko pada saat datang dan pulang

Setiap toko wajib menyediakan satu buku yang khusus untuk mencatat barang bawaan personil toko pada saat datang dan pulang, ini adalah salah satu upaya agar NBH tidak meledak, karena NBH meledak sama dengan NOMBOK. 

Misalkan saya barudatang ke toko, jangan dulu masuk ke dalam tunggu di depan kemudian minta pemegang shift atau personil toko yang lain untuk melakukan cek bodi dan menulis barang bawaan dan jumlah uang  yang di bawa, jika sudah selesai barulah masuk kedalam. Lakukan hal yang sama pada saat hendak pulang.

3. Makanan dan minuman milik personil toko wajib tertempel struk

Kenapa makanan dan minuman wajib tertempel struk, ini menandakan bahwa barang itu sudah di bayar, jika barang milik personil toko itu tidak tertempel struk perlu dipertanyakan status barang tersebut. Lebih baik kita lakukan hal ini daripada personil toko yang lain berfikriran buruk tentang kita, karena yang ada akan timbul fitnnah.

4. Pastikan jumlah dan item barang  sama dengan surat jalan ketika datang barang dari DC

Personil toko harus memastikan betul jenis item dan quantity barang yang datang harus sama dengan surat jalan yang di bawa oleh driver, di surat jalan akan tertera nama item dan jumlah barangnya, misalkan kita nurunin air mineral 600ml sebanyak 5 karton,kemudian kita lihat di surat jalan apakah sama atau tidak. (jumlah atau quantiti barang biasanya di hitung satuan, misalkan air mineral 600ml 5 karton yang tertulis di surat jalan quantitinya adalah 120pcs, karena satu karton isinya 24pcs) lakukan hal yang sama terus-menerus sampai selesai, jika ada barang yg kurang atau lebih kirim, segera buatkan berita acara yang di tandatangani oleh driver selaku pembawa barang dan laporkan kepada supervisor dan departemen terkait.

5. Lakukan SO (stock opname) harian maupun mingguan

Lakukan SO pada item barang rawan hilang, hal ini di lakukan untuk memonitor barang rawan hilang. Buat file SO item barang hilang per shift, khusus untuk kasir, pramuniaga, dan pemegang shift. SO ini wajib di kerjakan setiap harinya di awal shift, jika SO sudah selesai samakan hasil SO kita dengan hasil SO shift sebelumnya apakah sama atau tiidak, jika hasilnya sama berarti tidak ada masalah, jika hasilnya ada selisih berarti barang ada yang keluar, cek dulu di Query penjualan apakah benar barang ini keluar atau tidak, jika di Queri tidak keluar berarti barang ini di curi sindikat. 

Maka tindakan yang harus di lakukan adalah cek rekaman cctv di bagian area barang hilang tadi, amati jika ada orang mencurigakan apalagi terlihat jelas sindikat mengambil barang tersebut, ambil rekaman cctv tersebut sebagai alat bukti, jika suatu hari nanti orang tersebut belanja lagi ke toko panggil ajak ke gudang dan perlihatkan rekaman cctv tersebut, jika tersangka mengelak bialng saja akan membawa kasus ini ke pihak yang berwajib. Itu yang saya lakukan dulu pada saat menangkap sindikat dan akhirrnya dia mau mengakui kesalahannya.

6. Fokus pada saat transaksi di meja kasir

Kasir harus fokus pada saat transaksi jangan sampai terjadi kurang input, misalkan ada konsumen beli susu kaleng 5 buah sedangkan yang di input 3 buah, jadi mines 2 kaleng susu. Ini yang rawan terjadi dan menyebabkan barang mines kemudian akan timbul NBH. Fokus kita pada saat transaksi adalah input barang jangan sampai lebih ataupun kurang, harus sesuai dengan fisik. 

7.  Awasi jika ada konsumen dengan gerak gerik mencurigakan

Kita harus waspada setiap saat apabila ada konsumen mencurigakan, biasanya sindikat ini tidak sendirian minimal dua orang, satu orang bertugas memecah konsentrasi kasir dengan cara banyak bertanya sehingga fokus kasir jadi kabur, yang satu lagi bertugas mengeksekusi mengambil barang yang di incar, biasanya susu box, obat-obatan, kosmetik dan barang yang berharga tinggi yang mudah di sembunyikan.

 Waspadai jika ada orang masuk toko membawa tas besar atau berpakaian longgar seperti baju daster, karena ini pengalaman pribadi saya ada sindikat ibu-ibu memasukan susu box kedalam selangkangannya, dan keluar begitu saja. Itu saya lihat dari rekaman cctv, awalnya saya tidak percaya, tapi setelah saya lihat sendiri memang benar, karena saya tidak terfikir akan di sembunyikan di situ.

 Itulah beberapa tips agar kita yang bekerja di indomaret atau alfamart tidak nombok di karenakan NBH. Ini semua saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi pada saat saya bekerja di indomaret. Semoga bermanfat, dan jika ada teman-teman yang mau menambahkan tipsnya silahkan di kolom komentar atau ada yang mau bertanya seputar dunia retail Insha Allah saya jawab sebisa saya.

Terima kasih :) sampai jumpa di tulisan berikutnya

Belum ada Komentar untuk "Tips agar tidak nombok kerja di indomaret atau alfamart"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel