Ciri-ciri pencuri di minimarket indomaret dan alfamart

Bagi karyawan minimarket tentu geram jika mencyduk orang yang ketahuan mencuri di tokonya, bagaimana tidak, karena si pencuri itulah penyebab barang mines sehingga timbul NBH (nilai barang hilang) ini yang sering terjadi di indomaret dan alfamart, untuk itu saya akan berbagi sedikit pengalaman mengenai ciri-ciri penguntil atau pencuri di indomaret ataupun di alfamart.


Ciri-ciri pencuri di minimarket 
sindikat indomaret, maling di alfamart


1. Laki-laki atau perempuan

Selalu waspada pada setiap orang yang masuk kedalam toko mau itu laki-laki atau perempuan, karena kita tidak tahu niat dia baik atau tidak, biasanya si pencuri menunggu penjaga toko lengah atau dalam keadaan tertentu seperti sedang dalam keadaan ramai. Jangan salah, dalam keadaan toko ramai pengunjung akan lebih mudah untik beraksi karena fokus personil toko lebih kepada melayani konsumen, ditambah antrian di area kasir. Untuk itu jika sedang dalam kondisi demikian suruh satu orang pramuniaga untuk pengawasan terutama di area rawan barang hilang, awasi orang dengan gerak-gerik mencurigakan bila perlu hampiri dan tawarkan bantuan.

2. Pencuri biasanya lebih dari satu orang

Pencuri di indomaret atau alfamart biasanya lebih dari satu orang bisa dua atau tiga orang lebih, mereka berbagi tugas di antaranya ada yang bertugas mengalihkan perhatian kasir dengan cara banyak bertanya atau menjadi konsumen super ribet dan yang satunya bertugas sebagai pengeksekusi. Di saat kasir sedang sibuk pengawasan tidak ada mualailah si penguntil itu mengambil barang yang di targetkannya.

3. Berpakaian agak longgar

 Waspadai jika ada orang masuk dengan pakaian agak longgar, ini adalah real pengalaman pribadi saya saat bekerja di idomaret. Tidak pernah terfikir sebelumnya modus seperti ini, jadi dia si pencuri (wanita) yang berpakaian longgar itu memasukan barang curiannya ke dalam BH seperti facial wash wanita yang ukuran kecil, personil toko tidak akan sadar akan hal itu. Yang lebih ekstrim dari itu juga ada, seorang ibu-ibu memasukan susu box ukuran 800gr ke dalama selangkangannya, ini yang saya tidak habis fikir itu saya lihat jelas di rekaman cctv. 

 4. Bergerombolan

Hati-hati jika ada gerombolan orang tiba-tiba masuk ke dalam toko, ini pernah saya alami waktu itu satu bis penuh tim suporter salah satu klub sepak bola di ibu kota masuk kedalam toko, langsung saya intruksikan pramuniaga untuk stay di kasiran membatu kasir sambil pengawasan di layar monitor cctv dan saya mengawasi mereka yang sedang berkeliaran di dalam toko, jika ada dari mereka yang mencurigakan segera saya hampiri dan tawarkan bantuan, dengan begitu setidaknya saya sudah mencegah mereka untuk berbuat tidak baik.

 5. Jika sedang berada di kasir maunya buru-buru

Si pencuri tidak akan merasa tenang sebelum dia keluar dari dalam toko, karena ada rasa takut dalam dirinya, takut ketahuan bahwa dia seorang pencuri. Jangan tertipu dengan penampilan, pernah ada wanita cantik ketahuan mencuri di indomaret awalnya tersangka tidak mengaku dan mengelak setelah di paksa untuk membuka isi tasnya ternyata ada banyak barang yang dia ambil. Sekali lagi jangan tertipu oleh penampilan. Yang terlihat indah belum tentu baik dan sebaliknya, tetaplah waspada.

6. Terlalu banyak bertanya

Jika ada orang yang seperti ini, banyak bertanya kepada kasir yang tidak jelas besar kemungkinan dia adalah kawanan penguntil yang bertugas mengalihkan perhatian kasir agar tidak fokus, sedangkan temannya bertugas mengambil barang yang di targetkan. Tetaplah waspada awasi setiap titik area rawan barang hilang.



Note: Jangan biarkan kasir sendirian di dalam toko, minimal dua orang personil stay dalam toko. Kasir fokus pada tugasnya, yang satu lagi fokus pengawasan sambil rapihin barang atau kebersihan.


itulah beberapa ciri penguntil atau pencuri di minimarket indomaret maupun alfamart, semoga dengan adanya tulisan ini teman-teman yang bekerja di minimarket bisa lebih waspada agar tokonya terhindar dari NBH, jika ada yang mau menambahkan silahkan di kolom komentar, semoga bermanfaat terima kasih :)

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri pencuri di minimarket indomaret dan alfamart"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel