5 Penyebab Barang Rusak di Minimarket Indomaret dan Alfamart

penyebab barang rusak di minimarket


Agar mendapatkan status toko prima baik itu indomaret ataupun alfamart harus memenuhi syarat diantaranya nilai barang rusak harus berada di bawah budget. Karyawan toko yang mengelola gerai minimarket harus bisa mengendalikan barang rusak, ada banyak hal penyebab terjadinya barang rusak yang akan saya paparkan di bawah ini.

Perlu di ketahui setiap barang rusak yang di retur akan mengurangi budget toko dan tidak semua product barang bisa di retur, ada beberapa barang yang berstatus beli putus. Dalam artian setiap product beli putus yang sudah berada di toko itu menjadi tanggung jawab karyawan toko bagai manapun caranya product itu harus laku terjual, jangan sampai ada barang rusak apalagi expired karena itu tidak bisa di retur dan akan menjadi beban toko.

Barang rusak juga bisa menjadi penyebab terjadinya NBH, diantarra product beli putus tersebut adalah : SilverQueen, all product susu Frisian Flag, all product Cocacola, dan satu lagi product brand sendiri, contohnya setiap minimarket baik indomaret atau alfamart biasanya mempunyai product dengan brand sendiri baik itu food dan non food. dan semua product dengan brand sendiri ini biasanya berstatus beli putus.


5 Penyebab Barang Rusak di Minimarket Indomaret dan Alfamart

1. Rusak Kirim

Dalam beberapa kasus sering terjadi yang namanya rusak kirim, pastikan setiap datang barang dari DC di cek dengan teliti pastikan barang dalam keadaan baik dan layak jual. Jika ditemukan ada barang rusak pada saat datang barang, foto sebagai bukti segera buatkan berita acara yang di tandatangani oleh pihak toko dan driver yang membawa barang tersebut, kemudian konfirmasi pada divisi terkait dan selanjutnya retur barang dengan keterangan rusak kirim.

2. Rusak di Gigit Tikus

Ini pernah saya alami di tempat saya kerja dulu, setiap pagi pada saat buka toko kacang kulit bekas gigitan tikus berserakan di lantai, ternyata tikus menjebol plafon dan memakan makanan yang dia temui. Tips dari saya bersihkan segera makanan bekas tikus yang berceceran sisanya di bungkus jadikan satu, kemudian pel menggunakan pewangi sampai baunya hilang karena tikus mempunyai indra penciuman yang tajam jika masih tercium baunya maka dia akan kembali lagi.

Langkah selanjutnya tutup lobang bekas tikus tersebut jangan lupa lobang pembuangan kamar mandi jangan biarkan terbuka, biasanya tikus masuk lewat saluran pembuangan. Kemudian retur barang tersebut dengan keterangan gigit tikus.

3. Rusak Perishable

Rusak perishable adalah rusak buah-buahan atau sayuran dalam artian buah-buahan atau sayuran yang busuk atau sudah tidak layak jual. Biasanya rusak perishable hanya ada di toko fresh, plus, dan hybrid untuk indomaret. Langkah yang harus di lakukan adalah petama timbang terlebih dahulu buah yang rusak atau busuk tersebut per item/jenis jika sudah kemudian lapor kepada supervisor bahwa buah yang akan di musnahkan sekian jumlahnya, jika supervisor memberikan isyarat untuk di retur maka segera buat berita acara pemusnahan yang di tandatangani oleh pihak toko dan driver yang akan membawa barang returan tersebut.

Biasanya driver tidak akan membawa barang returan berupa buah busuk, dia hanya melihat memastikan saja bahwa memang barangnya benar-benar busuk.

4. Kurangnya Peduli Terhadap Barang

Setiap personil toko harus mempunyai rasa memiliki terhadap tempat dia bekerja, bagaimana cara dia memperlakukan barang dengan baik seperti punya mereka sendiri dan ini akan berpengaruh pada nilai barang rusak jika memperlakukannya dengan baik. Terkadang personil toko bersikap tidak perduli masabodo dengan barang yang ada di toko, ini yang akan membuat nilai barang rusak menjadi tinnggi karena kurangnya rasa perduli.

 5. Tumpukan Barang Melebihi Batas Normal

Jangan sampai menumpuk barang kartonan melebihi batas yang di anjurkan, jika di kardusnya tertulis "tumpukan jangan melebihi 5 karton" kita ikuti, jangan sampai melebihi apalagi sampai menjadi 10 tumpuk bisa hancur barang yang ada di bawah dan jadilah barang rusak. Setiap kali akan pulang di akhir shift biasakan untuk merapikan gudang, jadikan satu tumpuk item yang sama (khusus barang kartonan) agar mempermudah pada saat mengambil barang dan terlihat rapi. Untuk barang eceran display di rak gudang berdasarkan item yang sama.

Belum ada Komentar untuk "5 Penyebab Barang Rusak di Minimarket Indomaret dan Alfamart"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel