Tips dan cara Mencuci Motor Matic Injeksi dengan Baik dan Benar (gampang dan mudah)

Motor saat ini sudah menjadi alat tranportasi yang paling banyak digunakan, terlebih di ibu kota.
mobilitas yang tinggi di ibu kota menjadikan macet dimana-mana, karena itulah sepeda motor pilihannnya.
Disamping mudah digunakan, bodynya yang mungil menjadikan motor bisa menembus kemacetan ibu kota atau dimana saja. Terkadang kita tidak perduli kondisi motor yang kita gunakan setiap hari, apalagi pada musim hujan banyaknya genangan air dan jalanan yang berlumpur membuat motor menjadi tidak elok dipandang.

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips mencuci motor matic terkhusus matic injeksi, pada dasarnya mencuci motor itu sama saja, tapi untuk beberapa spek motor ada beberapa perlakuan khusus, misalnya pada motor injeksi karena komponen motor injeksi berbeda dengan komponen motor tipe karbu.

Dimana motor injeksii mempunyai bagian-bagian yang jika terkena air akan menyebabkan konslet dan akibatnya motor tidak bisa menyala. maka dari itu kita harus berhati-hati pada bagian-bagian tertentu.

Kita akan mulai dari peralatan yang harus dipersiapkan:

1. Kain yang lembut atau bisa juga menggunakan spon.
2. Ember kecil untuk larutan air sabun nanti.
3. Kuas kecil atau sikat gigi bekas, untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau.
4. Shampo khusus untuk mencuci motor atau bisa juga menggunakan cairan pencuci piring yang            harganya 2 ribuan.
5. Air mengalir dari selang, jika tidak ada bisa juga air yang ditampung diember yang besar.


Selanjutnya kita menuju langkah-langkah mencucinya seperti apa:

- Yang pertama basahi seluruh body motor, terkhusus bagian seperti spakbor depan dan belakang.
-  Ambil setengha ember air lalu campur dengan setengah cairan pencuci piring, kenapa cairan pencuci piring, dikarenakan busanya yang melimpah, harganya yang murah dan tidak merusak body motor.
- Yang pertama harus kita bersihkan adalah bagian bawah motor, biasanya bagian inilah yang paling kotor, sekalian kita mengecek komponen bagian bawah motor apakah masih dalam keadaan baik atau ada yang perlu diperbaiki.
- Jika bagian bawah sudah kita bersihkan, pindah kebagian sepakbor belakang bersihkan dengan merata, gunakan kuas pada bagian yang sulit dijangkau, begitupun dengan sepakbor depan.
- Untuk bagian mesinnya kita bisa menggunakan sikat gigi bekas, kita sikat perlahan pada bagian yang kotor, jangan terlalu keras ditakutkan merusak bagian dalam mesin.
- Untik bagian shockbreaker kita gunakan kain halus, caranya lingkarkan kain pada sela-sela shockbreaker, buat geraakan mengikuti bentuk lingkaran shoockbreaker dari atas sampai bawah, pastikan semua bagian shockbreaker tersapu oleh kain pembersih.
-Untuk bagian velg cara membersihkannya cukup mudah, cukup kita putar dan letakan spon dibagian pinggir  velg, dengan sendirinya akan tersapu bersih.
- Bersihkan juga bagian dashbor belakang spakbor depan sampai bagian bawahnya.

Jika bagian bawah sudah dibersikan  semua, bilas dengan air bersih, kemudian langkah selanjutnya kita bersihkan bagian body keseluruhan.

- Buang bekas air cucian pertama, kemudian ambil lagi yang bersih campur dengan cairan pencuci piring, kucek sampai berbusa.
- Kita bersihkan mulai dari atas, mulai dari bagian kepala, spion, jok, sampai body depan.
kita lap bagian tersebut menggunakan spon sampai berbusa.
- Kemudian pindah pada body bagian kiri dan kanan sampai lampu belakang, lap secara perlahan pastikan tersapu sampai pada lekukan-lekukan bodynya.
- Pindah ke bagian spakbor belakang, bersihkan sampai pada plat nomor.
-  Juga spakbor depan sampai spakbor belakangnya yang kecil.


Jika dirasa semua sudah dibersihkan, bilas dengan air mengalir seluruh body yang berbusa sambil kita lihat-lihat apakah masih ada bagian yang kotor.
Setelah dirasa cukup, pindahkan motor ke tempat kering, diamkan  dalam keadaan motor miring (standar satu) dengan begitu sisa air bekaas bilasan akan cepat turun.
Bersihkan sisa-sisa air yang masih menempel pada body menggunakan kanebo yang berdaya serap tinggi, mulai dari bagian atas sampai bagian bawah.

Naaah....sekarang motor kita akan nampak bersih dan enak dipandang, kitapun tambah percaya diri saat mengendarainya, apalagi mau dipake malam mingguan ngajak gebetan jalan hehe..
Sekian tips cara mencuci motor matic injeksi, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Terima kasih. :)


NOTE: disarankan mencuci motor pada waktu pagi atau sore, dikarenakan jika kita mencuci dalam keadaan terik busa sabun akan cepat mengering, jangan sampai air masuk kedalam kenalpot karena bisa membahayakan mesin. Tetaplah berhati-hati saat mencuci motor.



Belum ada Komentar untuk "Tips dan cara Mencuci Motor Matic Injeksi dengan Baik dan Benar (gampang dan mudah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel