13 Cara menghilangkan kantuk saat bekerja di pagi hari

Rasa kantuk datang pada waktu yang tidak tepat memang sangat menyebalkan, apalagi di saat deadline sudah dekat. Kita semua pasti sudah pernah merasakan rasa kantuk yang sangat berat saat belajar, saat dipagi hari atupun saat bekerja.

Hal memalukan pernah saya alami di sekolah, karena rasa ngantuk yang tiada tertahan. Di saat pelajaran berlangsung dipagi hari pelajaran pertama waktu itu, pelajaran belum lama berlangsung rasa ngantukpun sudah tak tertahan, saya mencoba untuk terus fokus pada pelajaran, tapi mata ini sulit diajak kompromi beberapa kali kepala kejedot meja, dan sampai akhirnya saya terbangun dalam keadaan ruang kelas sudah kosong, pipi basah karena iler.

Betapa memalukannya saya waktu itu, setelah kejadian itu saya sering dikatain si tukang mollor. Karena dari itu  saya akan memnuliskan beberapa tips menghilangkan rasa kantuk.
Waktu ideal yang di butuhkan orang dewasa untuk beristirahat adalah 8 jam per hari diwaktu malam, karena pada saat tidur semua anggota tubuh yang kita gunakan pada siang hari beristirahat, merefresh agar ke esokan harinya bugar kembali.

Beberapa hal yang menyebabkan kita mengantuk saat belajar atau bekerja:

- Jam biologis tubuh terganggu, kenapa kita mengantuk saat bekerja ? mungkin semalam kita begadanng sampai larut dan waktu tidur kita berkurang, menyebabkan fungsi organ tubuh lainnya tidak bekerja secara optimal, karena di malam hari waktunya tubuh beristirahat dan siang hari waktunya tubuh kita bekekrja dan beraktifitas.

- Meminum obat juga bisa menyebabkan ngantuk, ada beberapa jenis obat yang memang memiliki efek samping mengantuk, misalnya obat darh tinggi.

- Minuman beralkohol, hindari meminum minuman beralkohol pada saat jam kerja atau sekolah, karena bisa meyebabkan ngantuk.

-Diabetes, rasa ngantuk yang kita rasakan di waktu pagi saat bekerja atau belajar bisa disebabkan juga oleh diabetes, karena kadar gula yang tinggi dalam tubuh.


Dan inilah beberapa tips mengatasi rasa ngantuk saat bekerja atau belajar:

1. Cobalah lakukan gerakan yang bisa mengeluarkan keringat, seperti lari-lari kecil atau push up, karena trik ini sudah pernah saya lakukan sendiri ditempat saya bekerja dulu, dan memang terbukti berhasail mengusir ngantuk. (usahakan tidak mengganggu orsng di sekitar kita)

2. Minum kopi, bukan hanya ada kenikmatan dalam setiap tegukannya, juga kandungan kafein dalam kopi menyebabkan kita akan tetap terjaga. (untuk penderita diabetes disanrakan untuk minum kopi pahit saja atau menggunakan gula khusus penderita diabetes)

3. Olah raga teratur, cobalah kita untuk olah raga setiap hari, misalnya lari mengelilingi komplek pada waktu sore, selain baik untuk kesehatan juga berpengaruh di ke esokan harinya saat kita bekerja.

4. Nyemil makanan yang rendah gula ternyata juga bisa menycegah ngantuk, seperti buah segar, kacang, biskuit, yogurt dll.

5. Perbanyak minum air putih, karena ngantuk juga bisa sisebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

6. Sehabis Isya jika tidak ada lagi kegiatan di sarankan untuk segera tidur, karena pada saat kita bangun nanti tubuh akan terasa segar, dikarenakan jam istirahat kita yang cukup.

7. Mengunyah permen yang rasanya asam, dijamin mata kita akan seketika mllek.

8. Cobalah meminta izin kepada atasan atau guru, untuk sekedar mencuci muka atau pergi keluar gedung sebentar agar tubuh tersinari matahari.

9. Cobalah untuk tertawa, atau lakukan sesuatu yang bisa membuat kamu tertawa, cara ini terbukti ampuh menghilangkan rasa ngantuk.

10. Jangan sarapan dengan makanan berat, seperti nasi uduk dkk. Karena ngantuk bisa saja menghampiri kita meskipun tidur malam kita sudah cukup.

11. Dengarkan musik yang bisa mendongkrak semangat teman-teman.

12. mengunyah permen karet, karena dengan mengunyah permen karet mulut kita selalu aktif dan ngantuk pun hilang.

13. Cobalah nobrol santai dengan teman, jika kita sedang belajar atau di kantor cobalah ngobrol ringan masalah pekerjaan atau pelajaran, agar ngantuk hilang.


Itulah dia 13 cara menghilangkan ngantuk yang yang bisa kita lakukan dengan mudah, semoga bermanfaat buat temen-temen semua. Terima kasih :)

Belum ada Komentar untuk "13 Cara menghilangkan kantuk saat bekerja di pagi hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel